Peringatan Hari Mangkok Ayam Jago (Rooster Bowl) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringatan Hari Mangkok Ayam Jago (Rooster Bowl)

 

Hari ini google di berandanya terpampang gambar bergerak (gif) yang sangat menarik. Ternyata google ikut merayakan  design awal terciptanya mangkok ayam jago (Rooster Bowl). Selain dalam bentuk gambar berekstensi gif, google juga menampilkan gambar berbentuk doodle mangkok ayam jago.




Jika pembaca perhatikan gambar mangkok ayam jago tersebut, tentu ingat karena banyak ditemukan pada warung, restoran, atau tempat makan yang menyediakan menu mie atau bakso. Bukankah begitu?

https://g.co/doodle/82c4vxy


Mangkok ayam jago yang asli pada sisi luarnya terdapat gambar ayam jago berekor hitam, bunga peony, dan daun pisang. Mangkok ayam jago (Rooster Bowl) ini pertama kali didaftarkan hak patennya oleh pemerintah Thailand sebagai produk daerah Lampang. Namun, menurut beberapa sumber sebenarnya design awal mangkok ayam jago (Rooster Bowl) ini dicipta oleh negara Tiongkok.

Filosofi mangkok ayam jago (Rooster Bowl) melambangkan sifat kerja keras yang diwakili dengan bentuk ayam jago, sedangkan daun pisang dan bunga peony merah melambangkan mimpi untuk keberuntungan.

Mangkok ayam jago (Rooster Bowl) muncul pada tahun 1957 dan dengan sangat cepat menyebar ke seluruh negara di Asia raya. Mengapa memilih lambang ayam jago kok tidak betina? Menurut keyakinan masyarakat Tiongkok bahwa ayam jago adalah lambang dari keturunan laki-laki. Keturunan laki-laki bagi bangsa Cina dianggap membawa berkah bagi keluarga. Sedangkan makna dari lambang bunga peony dan daun pisang bermakna kekayaan dan kemakmuran.

Dengan  kepopuleran Mangkok ayam jago (Rooster Bowl) kemudian banyak perusahaan-perusahaan lain yang ikut memproduksi Mangkok ayam jago ini. Salah satunya negara kita, telah mengklaim hak paten produksi Mangkok ayam jago (Rooster Bowl) pada tahun 2017. Namun, secara otentik Mangkok ayam jago (Rooster Bowl) ini resmi dan tetap dibuat di Lampang, Thailand. Oleh karena itulah kemudian ada peringatan berupa aturan pemerintah bahwa siapa saja yang memproduksi Mangkok ayam jago (Rooster Bowl) akan dijerat pidana penjara selama 5 tahun atau denda sebesar 2 milyar.

Posting Komentar untuk "Peringatan Hari Mangkok Ayam Jago (Rooster Bowl)"