Bincang Dukun Bersama Yusuf Mars - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bincang Dukun Bersama Yusuf Mars

Pada sebuah channel youtube bernama Padasuka, Yusuf Mars memandu diskusi tentang praktik palsu di dunia perdukunan. Hal itu diprakarsa karena maraknya perdebatan antara Marcel Radhiva (Pesulap Merah) versus Gus Samsudin yang viral beberapa waktu lalu.

Dalam diskusi tersebut, Yusuf Mars mendatangkan Gus Ali Rahman, Ketua Pemburu Hantu. Tertera pada teks pada video youtube yang diunggah pada 3 Agustus yang menyatakan bahwa Gus Ali Rahman adalah santri dari Madura. Pemandu diskusi juga menghadirkan Ki Jenar, praktisi supranatural, yang katanya pasien Ki Jenar adalah anggota kerajaan Malaysia. Peserta diskusi terakhir adalah Mas Kusnadi, praktisi perdukunan.

Sumber Padasuka TV


Pada deskripsi youtube tersebut terdapat tagar #dukun #supranatural #gussyamsudin #padasukatv. Menurut Gus Ali Rahman bahwa kesaktian itu ada dua yakni asli dan palsu. Yang asli adalah bentuk kesaktian yang benar-benar ada seperti penarikan pusaka, penyembuhan santet dan sebagainya sedangkan yang palsu pertunjukan kesaktian yang biasa digunakan dukun tapi menggunakan trik atau alat tertentu seperti zat kimia, remote control, dan sebagainya.

Menurut Mas Kusnadi yang terjadi adalah banyak fenomena unjuk kesaktian yang palsu. Pertunjukan tersebut banyak contohnya seperti mengeluarkan api dan asap, membuat keris bergetar, bergerak, dan bercahaya; penarikan pusaka, benda meledak, dengan menggunakan bahan dan alat tertentu. Hal itu digunakan untuk meningkatkan keyakinan (hipnotis) para pasiennya. Ia mengaku dengan sadar bahwa dirinya adalah dukun palsu.

Dulu Kusnadi bahan yang sering digunakan adalah bahan-bahan murah seperti bahan kimia (karbit) dan remote control. Sementara saat ini banyak peralatan canggih yang mahal yang menambah keyakinan para pasien. Seperti yang digunakan para ahli sulap (pesulap) sebagaimana yang dibongkar oleh Marcel Radhiva (Pesulap Merah) pada banyak video youtubenya.

Sementara menurut Gus Ali Rahman, ilmu atau kesaktian memang ada yang asli. Walaupun langka, tapi memang ada. Hanya saja tidak mudah dipertontonkan kepada publik. Karena ilmu tersebut tidak digunakan untuk menghibur melainkan digunakan untuk hal khusus atau darurat. Setiap yang asli pasti juga ada tiruannya.

Berikut secara lengkap diskusi antara ketiga undangan dalam video youtube padasuka TV. 

Posting Komentar untuk "Bincang Dukun Bersama Yusuf Mars"