Apa Lomba Agustusan Sudah Move On? - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Lomba Agustusan Sudah Move On?

Apa Lomba Agustusan Sudah Move On? Nah, inilah pertanyaan pertama untuk merefleksi kegiatan lomba menyambut Hari Kemerdekaan RI selama berpuluh-puluh tahun hingga saat ini. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, jenis lomba yang diadakan dan meriah pada peringatan hari Kemerdekaan antara lain: lomba panjat pinang, makan krupuk, balap karung, adu guling atau bantal, memasukkan bendera atau paku ke dalam botol, dan sebagainya.

Semua jenis dan bentuk lomba menyambut hari kemerdekaan adalah hiburan. Apakah bangsa ini karena terlalu lama menderita dalam masa penjajahan pada akhirnya selalu butuh hiburan? Tidak adakah cara atau bentuk kegiatan lain yang lebih bermakna dari sekedar menghibur dan mungkin sangat membosankan?


Sumber Suara.com


Ternyata hingga peringatan hari kemerdekaan RI yang ke tujuh puluh tujuh tahun belum juga move on. Tetap saja citarasa hiburan. Kemudian ada yang bertanya. Mengapa kalau tidak move on dan tetap lomba itu-itu saja? Ya, tidak apa-apa. Sah-sah saja. Cuma apa tidak ada hal lain yang tampak kelihatan pandai?

Pernah ada yang bertanya, apa yang dilakukan saat mengheningkan cipta pada upacara bendera atau upacara peringatan hari besar nasional seperti hari kemerdekaan? Apa yang dipikirkan? Hutang? Anak isteri? Selingkuhan?

Apa yang para murid hening ciptakan? Game? Temannya? Pacarnya? Atau dirinya sendiri yang tidak seperti orang lain? Bukankah banyak anak didik kita yang sudah tidak kenal dengan para pahlawan bangsa?

Sebenarnya tidak masalah, yang penting tetap teguh memegang tali persatuan NKRI. Seperti yang sedang viral di Aceh. Sejumlah ex JI berikrar akan setia kepada NKRI. Beneran tuh? Apa karena menjelang Pemilu kemudian semudah itu berikrar setia? Setia sih setia saja, tak perlu berikrar, tapi perlu dibuktikan secara nyata dalam bentuk perilaku persatuan. It's right?

 

Posting Komentar untuk "Apa Lomba Agustusan Sudah Move On?"