Unta Angkat Bicara tentang Mekka (Bakka) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unta Angkat Bicara tentang Mekka (Bakka)

Awalnya saya menonton channel youtube YtCrash Claims yang berjudul Wah Kacau! Mana yang Benar ini Kiblat Mekkah? Video youtube tersebut memberikan hipotesis bahwa Mekkah (yang sekarang) bukan Mekkah yang digambarkan di dalam al Quran.

Hipotesis tersebut dikuatkan oleh berbagai sumber seperti pernyataan ahli sejarah dan buku-buku referensi yang ia cantumkan dalam deskripsi video youtube. Dalam deskripsinya, ia menyatakan dengan kalimat gantung: Jika Petra adalah Mekkah.



Salah satu rujukan dalam video tersebut adalah satu website yang berjudul Unta Angkat Bicara dengan artikel: “Nabi Muhammad tidak lahir di kota suci Mekka!” Professor geologi menyatakan. Dalam artikel tersebut menyatakan bahwa Nabi Muhammad, lahir tahun 570 AD. Pada tahun 622 AD pindah ke Medinah. Jika Mekka (Mekkah) belum ada di tahun 800 AD, di kota manakah sesungguhnya Nabi Muhammad lahir? Kata “Mekka” pada Surah 48:24 dan “Bakka” pada surah 3:96 adalah dua kota yang berbeda, berlokasi pada dua negara berlainan tempat. 


Prof Dan Gibson di Petra


Pernyataan tersebut dikuatkan oleh referensi buku (book) karya Professor Dan Gibson yang berjudul Qur’anic Geografy (Geografi Kuran) dan juga Early Islamic Qiblas (Kiblat Islam Permulaan). Salah satu pernyataan Gibson bahwa pada tahun sebelum 800 AD, tidak ada benda jejak arkeolog yang ditemukan di Mekkah (yang sekarang); menurut al Quran, Mekkah diapit oleh dua bukit (kota lembah); memiliki sungai, kebun anggur, rumput, dan sebagainya.

Para peneliti mencari letak lokasi Bakka


Narator dalam video youtube tersebut menyatakan bahwa jika hipotesis tersebut membuat seseorang auto murtad, mual silakan cari sumber lain yang mampu menguatkan keyakinan anda selama ini atau sumber yang dapat membantahnya. Artinya, itu hanya sekedar hipotesis dengan fakta sejarah yang tercata. Jadi boleh dipercaya, juga boleh tidak. 

Sumber video: https://youtu.be/f2uo2jLJ8Cs


Berikut akhir dari simpulan Gibson, dikutip dari Unta Angkat Bicara. Kesimpulannya ada beberapa hal penting. Selengkapnya sebagai berikut.

  1. Nabi Muhammad dengan dasar fakta sejarah tidaklah lahir di kota Mekka (sekarang). 
  2. Kota Bakka atau Petra adalah kemungkinan kota yang paling cocok dengan gambaran Imam Bukhari (salah satu dari beberapa penulis hadis ternama).
  3. Bukit-bukti geologi menyatakan 100 (seratus) tahun sejak Islam berdiri, semua  Mesjid berkiblat menghadap ke kota Petra (Yordan selatan). Baru setelahnya mengarah ke kota Mekka setelah Kaaba kuno di Bakka dihancurkan oleh Ibn Zubayr karena bertentangan paham dengan Kesultanan Ummayad (Damaskus). Tepat seperti yang ditulis oleh Al Tabari (Al-Tabari 20:537).
  4. Muslim di Kufa (kesultanan Abbasid, di Irak) berpihak dengan Ibn Zubayr memindahkan kiblat dari Bakka ke Mekka. Mesjid Banbhore, Pakistan adalah mesjid pertama berkiblat ke Mekka, dibangun sekitar 100 tahun setelah Nabi Muhammad wafat.
  5. Di Kufa al Quran lengkap ditulis dan terbentuk.
  6. Semua mesjid di awal masa berdirinya Islam arah kiblat mereka jika disatukan bertemu di satu titik geografis di Petra. 
  7.  

Inilah video asli tentang paparan dan hipotesis bahwa Petra adalah Bakka (Mekka).


Sumber video: https://youtu.be/JOWFPTzK7D4

Sumber gambar dan video: youtube channel 

Timeline - World History Documentaries


Catatan:

AD adalah singkatan dari Anno Domini, memiliki arti: tahun dari Tuhan kita atau tahun Masehi (disingkat M). Sebaliknya, tahun-tahun sebelum Masehi dihitung mundur, disebut Sebelum Masehi (SM) atau dalam bahasa Inggris: "Before Christ (BC)".

Posting Komentar untuk "Unta Angkat Bicara tentang Mekka (Bakka)"