Ucapan Lebaran Tempo Dulu (Kartu Lebaran Berperangko) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Lebaran Tempo Dulu (Kartu Lebaran Berperangko)

Lebaran tempo dulu, setidaknya hingga tahun 1999, untuk menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri masih menggunakan kartu lebaran dan jasa pos untuk keluarga dan handai taulan yang jauh dari jangkauan.

Ketika masuk tahun 2000an, dari kartu lebaran beralih ke pesan singkat (SMS) dengan menggunakan hape jadul. Bagi yang punya hape lebih canggih sudah dapat mengirim ucapan dalam bentuk gambar bergerak sederhana berformat GIF.

Lebaran tempo dulu,kartu lebaran,gif,video call,perangko,pos,pesan singkat,sms,twibbon,twibbonizes,copy and paste,Copy paste,selamat hari raya,idul fitri,


Makin ke sini, di tengah persaingan makin lengkapnya fitur hape, untuk mengucapkan selamat lebaran, kita sudah banyak dimudahkan. Kita bisa mengirim kartu lebaran digital. Ada yang berbentuk GIF menarik, gambar, ataupun video. Bisa juga langsung melakukan panggilan video (video call).

Namun makin ke sini juga terasa seperti sekedar formalitas. Pesan atau ucapan lebaran dalam berbagai bentuk seperti sekedar copy and paste kemudian ditambahkan nama pengirim dan sekeluarga. Kemudian dikirim secara serentak atau lebih mudah menjangkau banyak orang langsung dikirim ke grup social media.

Berikut salah satu contoh pesan yang sering beredar yang diduga copy and paste.

*بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ   الرَّحِيْـــــم*  

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

*Saya dan keluarga*

Dengan segala kerendahan dan keihklasan hati  yang paling dalam kami menyampaikan

*"Selamat Hari Raya Idul Fitri"*

*1 Syawal 1443 H / 2022 M*

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنِْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ,

 كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ. اَللّهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاكُمْ مِنَ العَاءِدِيْنَ وَالفَاءِزِيْنَ  وَالمَقْبُوْلِيْنَ.

*Mohon maaf lahir dan bathin* atas segala kehilafan dan kesalahan, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, umur yang barokah dan dapat bertemu lagi di bulan Ramadhan yang akan datang Aamiin Yaa Robbal 'Alamiin...

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Nama Pengirim (sekelurga)

              🙏🙏🙏

Ada pula yang menggunakan twibbonize (twibbon). Tinggal memasukkan foto pengirim atau bersama keluarga kemudian unduh hasil jadinya, dan kirim.

Makin ke sini makin memudahkan dan praktis.

Untuk keluarga atau handai taulan yang dekat jarak tempuh bisa dapat bersua langsung, saling jabat tangan, saling maaf memaafkan dan menikmati berbagai bentuk dan citarasa lebaran.

Bagaimana pun bentuk komunikasi yang dibangun tentu semua bermuara pada terus menyambung silaturrahim. 

Untuk bentuk komunikasi jarak jauh, cocokpedia lebih suka dengan saling kirim kartu ucapan lebaran dalam berbagai variasi dan jalinan tulisan ketulusan hati dan tangan serta ada perangko sebagai bea kirim. Sangat berkesan bahkan ada yang masih menyimpannya sebagai koleksi hingga saat ini. Tentu anda pembaca juga punya bentuk terkesan yang berbeda. 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah semoga lebih banyak diberi kesempatan bertaubat dan berjumpa Ramadan ke Ramadan berikutnya. Aamiin.


Posting Komentar untuk "Ucapan Lebaran Tempo Dulu (Kartu Lebaran Berperangko)"