Neale S. Godfrey: Uang Adalah Alat - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Neale S. Godfrey: Uang Adalah Alat

Saya menyimpan buku-buku lama (old books) bisa jadi rare books. Mengapa saya simpan? Selain buku tersebu kuno (lawas), buku tersebut juga salah satu buku The Nasional Bestseller.

Buku tersebut saya dapatkan di toko loak buku di Naga City, Phillipine. Karena buku bekas, harganya waktu itu cuma 40 Peso atau sekitar Rp11.234. Saat ini buku tersebut masih dijual di e-commerce Amazon.

buku,book,Neale S. Godfrey,uang,finasiial,penny,rockefeller,dolar,unicef,rare books,old books,copyright,buku komik,permen,masalah sosial,bestseller,best seller,amazon,e-commerce,
Amazon




Pada sampul buku tersebut tertulis "Teaching Your Children the Values and Life Skills They will Need to Live in the Real World." Buku tersebut berjudul A Penny Saved.

Di bawah ini adalah cuplikan dari buku yang berjudul A Penny Saved (Satu Sen Dihemat) karya Neale S. Godfrey.Copyright buku tersebut tahun 1995. Edisi pertama pada tahun 1996. Diterbitkan oleh Fireside: Rockefeller Center, New York, Amerika.

Pada bagian penbuka (prakata penulis) ada beberapa kalimat bijak yang dapat dikantongi seperti: uang adalah alat; mengajarkan anak tentang uang bukan tentang keserakahan tapi tentang tanggung jawab finasial; pertukaran finansial dapat diterapkan pada pertukaran sosial; dan sebagainya. Silakan diambil hikmahnya sendiri dari kalimat-kalimat yang Neale S. Godfrey buat.

buku,book,Neale S. Godfrey,uang,finasiial,penny,rockefeller,dolar,unicef,rare books,old books,copyright,buku komik,permen,masalah sosial,bestseller,best seller,amazon,e-commerce,
Neale S. Godfrey



Berikut adalah prakata dari buku A Penny Saved.

Setelah bertahun-tahun bekerja dengan anak-anak, bekerja dengan uang, membesarkan anak saya sendiri untuk bertanggung jawab secara finansial, satu wawasan menjadi lebih jelas dan lebih jelas bagi saya: Pelajaran bahwa pertukaran finansial dapat diterapkan pada pertukaran sosial.

Mengajar anak-anak tentang uang bukanlah mengajarkan tentang keserakahan atau mengajari mereka untuk menjadi tidak berjiwa. Uang adalah tentang nilai, tentang hubungan, tentang pilihan, tentang harga diri. Dolar yang sama yang digunakan untuk membeli obat-obatan dapat digunakan untuk amal. Permen batangan atau buku komik yang direngek, baik diberikan atau ditahan dari sumur misterius tanpa dasar di saku Mommy atau Daddy, dapat menghasilkan uang, dialokasikan untuk sepeda atau untuk kuliah, dan anak manja (tetapi pada akhirnya tidak berdaya) menjadi diberdayakan pasangan dalam pilihannya sendiri. Uang selalu menjadi masalah sosial, tidak pernah ada dalam isolasi.

Kamu bisa mengambilnya. Menyimpannya. menghabiskannya. Atau membagikannya.

Anda tidak bisa mendapatkannya sendiri: Anda harus membuat kontrak sosial dengan orang lain dan kemudian memenuhi akhir kontrak itu. Anda tidak dapat membelanjakannya sendiri, Anda harus kembali ke masyarakat dan membuat keputusan—dan jika Anda memiliki jumlah uang yang terbatas, dan Anda memahaminya, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk membuat keputusan tersebut berdasarkan penilaian yang matang terhadap nilai barang. Anda dapat menyimpannya sendiri, tetapi itu adalah langkah perantara—periode perenungan dan pemeriksaan diri yang merupakan bagian penting dari setiap pertukaran sosial. Memberi berarti memahami seberapa banyak Anda mampu untuk berbagi dan kemudian membagikannya dengan tujuan sosial yang berharga. Anda dapat memilih untuk menyelamatkan paus, memberikan kepada UNICEF, atau memberikan persepuluhan ke gereja Anda. Apa pun tujuan Anda, amal " memberikan pengembalian rasa harga diri dan rasa terhubung dengan komunitas Anda.

Anda bisa mendapatkan uang dengan cara yang buruk—Anda bisa mencurinya, Anda bisa meminta bantuan (dan terkadang mendapatkannya). Anda dapat membelanjakan uang dengan cara yang buruk, yaitu membelanjakannya untuk sampah dan membelanjakan lebih banyak dari yang Anda miliki. Anda dapat menyimpannya dengan cara yang buruk, dengan menimbunnya. Anda bahkan dapat memberikannya dengan cara yang buruk, jika Anda mencoba untuk membeli popularitas.

Baik atau buruk, uang adalah jaringan ikat yang menyatukan masyarakat.

Demikian cuplikan singkat dari buku A Penny Saved karya  Neale S. Godfrey. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Neale S. Godfrey: Uang Adalah Alat"