Materai atau Meterai Tempel Pengucapan dan Penulisannya? - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materai atau Meterai Tempel Pengucapan dan Penulisannya?

Masih sering salah menyebut sebagai materai? 

Yang benar adalah meterai, bukan materai. Kebanyakan awam mengucapkan meterai sebagai materai. Ayo, benarkan penyebutannya dulu. Meterai. Ingat meter+ai (biar mudah). Meterai.

e-meterai,meterai elektronik,digital,artikel,meterai,materai,peruri,meterai tempel,document,sanksi,perdata,hukum,percetakan uang,perum,


Apa itu meterai tempel?

Meterai tempel adalah meterai berupa kertas yang ditempel pada dokumen resmi seperti yang disebut pada Pasal 1 angka 3 PP 86/2021, Pasal 1 angka 3 PMK 133/2021, dan Pasal 1 angka 5 PMK 134/2021. Meterai tempel dicetak oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) sebagai benda resmi untuk kegiatan traksaksional yang sah.

Meterai tempel juga disebut sebagai meterai fisik. Hal itu untuk membedakan dengan meterai elektronik. 

Apa meterai elektronik?

Menurut Kompas, meterai elektronik adalah materai berupa digital atau E-meterai. Sesuai dengan namanya, meterai digital digunakan untuk dokumen (document) yang juga elektronik (digital). Mana yang sah? Keduanya sah.

Apakah boleh menggunakan materai yang sama? Apakah boleh menggunakan meterai bekas?

Jawabnya: kertas meterai yang sudah digunakan tidak boleh digunakan kembali atau berulang. Ada banyak kesalahan, meterai dilepas dari dokumen kemudian digunakan lagi. Itu tidak sah secara hukum, tapi kalau hanya buat tempe menempel yang tidak penting, tidak masalah. Menggunakan materai bekas termasuk kejahatan dan bisa disanksi 200 persen dari nilai materai yang terutang.

Apakah fungsi materai sesungguhnya?

Fungsi meterai menurut Undang-undang No 13 Tahun, meterai berfungsi sebagai pajak atas dokumen resmi. Dokumen yang digunakan masyarakat yang berkaitan dengan hukum untuk membuktikan suatu keadaan, kenyataan, dan perbuatan yang bersifat perdata.

Demikian sekilah tentang meterai (bukan materai). Semoga bermanfaat walau singkat dan sekilas.


Posting Komentar untuk "Materai atau Meterai Tempel Pengucapan dan Penulisannya?"