Google Saja Tidak Butuh Gelarmu - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Saja Tidak Butuh Gelarmu

Gelar di depan nama dan atau di belakang nama, menjadi citra sosial. Banyak orang menganggap bahwa gelar akademik menunjukkan strata sosial seseorang.

Lazimnya gelar akademik hanya digunakan pada acara, kegiatan, atau forum akademik (ilmiah) seperti seminar dan sebagainya. Namun, faktanya gelar tersebut ternyata secara membabi buta dan liar juga digunakan pada acara pernikahan dan bahkan tertera di surat Yasin. Yang paling menyedihkan ada banyak oknum manusia yang tidak hadir diundang tetangganya karena pada namanya tidak tercantum gelar akademik. Wow.

Perhatikan, bukankah banyak bahkan sangat banyak di masyarakat tercetak pada surat undangan pernikahan antara mempelai pria dan wanita lengkap dengan gelarnya? Apakah acara pernikahan menurut anda sebagai acara ilmiah? Ya bisa sih kalau dipaksakan. 🤭

Surat Undangan untuk rapat RT/RT pun tak luput untuk menyertakan gelar pada undangan. Pengumuman meninggalnya seseorang juga disebut lengkap dengan gelar akademiknya (lagi-lagi, termasuk tercantuk di buku Yasin untuk tahlilan) bahkan gelar itu pun menempel di batu nisan seseorang.

Sumber Batu Nisan bergelar


Apakah ada peran pemerintah terhadap pembudayaan penggunaan gelar akademik? Ya iyalah. Dalam surat menyurat dan administrasi kedinasan seorang ASN nama seseorang pasti harus mencantumkan gelar akademik. Bahkan penggunaannya secara resmi harus mendapatkan legalitas dari pemerintah daerah setempat. Walaupun bukan untuk kepentingan ilmiah, sekedar undangan kongkow, tetap harus menuliskan gelar pada undangan. Sebegitunya. Iya paham, perolehan gelar tersebut memang menggunakan uang (perjuangan panjang), tapi tetap harus pada kepantasannya di mana menggunakannya. Bukankah begitu?

Penggunaan gelar di masyarakat seperti dua mata jarum. Jika penggunaan gelar tersebut tidak sesuai dengan kompetensi, sumbangsih atau peran anda di dalam masyarakat, bukankah itu sebuah aib yang harus ditanggung? Andai pun gelar tersebut sesuai dengan tingkat kemahiran seseorang dan harus dicantumkan pada nama, bukankah itu bentuk kesombongan? 

Bagaimana seharusnya bersikap? Tanyakanlah pada hati anda bukan pada logika anda.

Posting Komentar untuk "Google Saja Tidak Butuh Gelarmu"