Apakah Perlu Memasang Antivirus? Menurut Cocokpedia, Tidak Perlu! - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Perlu Memasang Antivirus? Menurut Cocokpedia, Tidak Perlu!

Apa itu antivirus?

Menurut wikipedia antivirus adalah aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus perangkat perusak. Antivirus disebut juga software (perangkat lunak) sebagai pelindung dari gangguan virus. Program ini menjadi penentu apakah sebuah sistem komputer sehat atau sedang dalam keadaan sakit atau tidak baik-baik saja. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) antivirus adalah program (komputer) untuk melindungi komputer dari serangan virus komputer. Kalau menurut cocokpedia antivirus adalah injeksi vaksin (pemberian imun kekebalan) terhadap penyakit.

norton antivirus,antivirus mcafee,mcafee antivirus,antivirus free,artkel,antivirus norton,malwarebytes,free antivirus trial version,windows,linux,reinstall,blue screen,tuyul,click,



Apa fungsi antivirus?

Dari pengertian di atas, dapat digagas bahwa fungsi antivirus adalah suatu perangkat (software) pencegah (pelindung), pendeteksi, dan penghapus perangkat atau aplikasi perusak sistem komputer. Ia berfungsi mengamankan sistem sekaligus file yang ada di dalam komputer.

Apa saja macam-macam antivirus?

Secara umum ada tiga kategori antivirus. Pertama, antivirus full gratis (antivirus free) atau antivirus for free. Kedua, ada antivirus yang trial (free antivirus trial version). Ketiga, antivirus berbayar. Mengenai merk antivirus dari ketiga kategori tersebut ada berbagai macam. Ada mcafee antivirus (mcafee anti-virus), antivirus mcafee, norton antivirus, spectrum antivirus, antivirus norton atau norton's antivirus, avast antivirus, dan sebagainya.

Selain di atas, ada pula yang tidak bernama antivirus, tapi berupa software malwarebytes free, free antivirus spyware, dan malwarebytes.

Apa antivirus itu penting?

Nah, ini bahasan yang kontroversial. Pendapat pertama, ada yang menyarankan untuk tidak menggunakan antivirus apapun. Pendapat kedua, ada yang sangat menyarankan untuk menggunakan antivirus setidaknya yang gratis.

Pendapat yang pertama mempunyai hipotesis bahwa penggunaan antivirus justeru dapat mengundang antivirus dan merusak sistem komputer. Bagian orang yang pertama ini biasanya menyarankan untuk mengaktifkan antimalware system yang sudah ada dalam bawaan windows atau linux. Justru dengan menggunakan antivirus berdasarkan pengalaman pendukung pendapat ini banyak file yang hilang atau terhapus atau dianggap terinfeksi virus sehingga mereka sangat merasa dirugikan. Selain itu, orang pada pendapat pertama ini mengaku bahwa banyak aplikasi yang akhirnya corrupt dan tidak bisa dijalankan.

Pendapat kedua, adalah mereka yang sangat menyarankan menggunakan antivirus (setidaknya yang gratis). Menurut pengalaman mereka, ketika perangkat komputer atau laptop terinfeksi virus ganas dan tak mampu bertahan, maka komputer dan laptop akan mengalami kerusakan fatal, bluescreen, mati mendadak, slow respon, low loading, dan sebagainya. Di beberapa kejadian, laptop harus di-install ulang (reinstall) program windows atau linuxnya.

Apa tanda-tanda (indikator) terinfeksi virus?

Banyak ditemukan testimoni mengenai komputer atau laptop yang terinfeksi virus. Beberapa di antaranya adalah kinerja komputer atau laptop melambat, hang, lack, muncul pop up iklan, ruang penyimpanan mendadak penuh, banyak file yang tidak bisa dibuka atau rusak bahkan hilang, restart atau mati mendadak, blue screen, ransomware, malware, dan sebagainya.

Apa saja macam virus yang dapat menyerang secara brutal?

Menurut Foxietech berikut adalah macam-macam virus yang dapat menyerang komputer atau laptop antara lain adalah sebagai berikut.

1. Worm (cacing)

Virus Worm iini merupakan jenis virus lemah. Biasanya menginfeksi perangkat komputer melalui email yang terkoneksi pada internet.

kemampuan virus Worm ini salah satunya ia dapat menduplikasi file hingga menjadi banyak yang membuat penyimpanan memori pada komputer menjadi penuh dan melambat kinerjanya.

2. Trojan

Jenis virus selanjutnya adalah trojan. Jenis virus ini yang sangat sering menyerang komputer. Virus ini mampu menghilangkan file atau data di komputer.

Virus ini juga biasanya yakni melalui koneksi internet dan email yang diterima. Virus ini juga seperti tuyul yang dapat mencuri data dan informasi penting yang kita punya. Ia dapat mendapatkan data password, PIN, dan sistem log pada komputer atau laptop kita.

3. Backdoor

Backdoor mirip dengan trojan.  Virus ini menyerupai program-program yang berekstensi exe, tapi ketika kita klik (click) tidak bisa dijalankan. Ia hanya menduplikasi tampilan file berupa program. 

Sama dengan trojan virus ini mampu meretas sebuah sistem tanpa harus melakukan autentikasi. Tentu sangat bermanfaat bagi orang yang memanfaatkan virus ini sebagai tuyul.

4. Rogue

Virus rogue cukup berbahaya karena ia ibarat aktor penipu. Ia dapat meniru perilaku antivirus dan memberikan peringatan-peringatan bahwa komputer kita terkena virus padahal peringatan tersebut palsu.

Tujuan dari virus rouge agar korban mau membeli antivirus dan yang mendapat keuntungan finansial adalah si pembuat virus tersebut.

5. Rootkit

Rootkit bisa disebut juga virus penyusup atau peretas. Ia dapat menyembunyikan proses, data, dan sistem operasi (operating system) yang sedang berjalan.

Dengan aksi menyusupnya yang senyap, rootkit dapat merusak sistem dan tidak terlacak sama sekali, tahu-tahu komputer kita sudah sakit sekarat.

6. Companion Virus

Companion virus sangat sulit dideteksi karena sembunyi di disk penyampanan salah satunya flash disk. Ia dapat merusak data-data yang kita punya.

Salah satu cirinya, ia dapat mengubah file-file penting kita dengan ekstensi yang kacau. Biasanya berubah ekstensinya menjadi exe. Antivirus gratis tidak dapat melawan virus ini.

7. Directory

Virus directory punya kemampuan mengubah dan menginfeksi semua file berekstensi exe. Terserah dia mau diubah ke jpg atau video extension. Atau mengubah semua file di komputer kita menjadi exe.

Virus directory ibarat tukang sulap atau tukang sihir yang berbahaya. Ketika terserang virus ini, maka yang dapat dilakukan hanya menginstall ulang windows.

8. FAT


File allocation table (FAT) ini adalah jenis virus tersembunyi biasanya di dalam penyimpanan data pribadi seperti hard disk ext atau flash disk. Virus ini juga penipu ulung. Ia dapat menyembunyikan data-data penting seolah-olah hilang padahal ada.

Untuk melihat file yang seolah-olah hilang tersebut,  bisa menggunakan aplikasi pencari file. Tapi, dengan kejadian tersebut, berarti komputer atau laptop anda sudah terinfeksi FAT.

9. Memory Resident Virus

Virus super khusus hanya menyerang penyimpanan RAM perangkat komputer Anda yang berakibat kinerja kecepatan komputer menurun drastis. Berarti keberadaan antivirus buat anda penting jika itu yang terjadi.

10. Multipartite Virus

Virus yang bernama Multipartite virus dapat menginfeksi RAM sama dengan virus nomor 9 di atas. Hal itu sangat berpengaruh pada kesehatan RAM. Kembali ke ciri-ciri komputer atau laptop yang terinfeksi virus, maka virus ini menyerang kinerja kecepatan virus.

Antisipasi

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah masuknya virus ke dalam perangkat komputer atau laptop? Yang terpenting jangan salome, satu lubang rame-rame. Jangan sembarang mencolokkan flash disk orang lain ke laptop atau komputer kita, jika kita tidak menggunakan antivirus berbayar atau mengaktifkan malware system bawaan windows. Itu saja.

Simpulan

Mengapa antivirus dibutuhkan? Apa benar antivirus benar-benar dibutuhkan? Bagaimana dengan Smadav? Apakah Smadav penting? Apakah perlu memasang antivirus di komputer? Apakah perlu juga antivirus untuk Android?

Rekomendasi Pencarian tentang antivirus antara lain dengan kata kunci: top antivirus software 2022, best free antivirus for windows 11, install antivirus software, dan allow chrome to access the network in your firewall or antivirus settings. Juga dapat menggunakan keywords: apakah windows 10 perlu antivirus
apakah windows 11 perlu antivirus, kegunaan dari antivirus, efek mematikan windows defender, jelaskan antivirus, perlukah smadav.

Kata kunci lain: most effective antivirus software, best free antivirus reddit, best antivirus for windows 10, norton antivirus download, dan best antivirus software.

Nah, pada akhirnya, keputusan bergantung pada anda pengguna komputer dan laptop, apakah akan menggunakan antivirus atau tidak. Cocokpedia selama ini tidak menggunakan antivirus tapi mengaktifkan fitur bawaan dari windows seperti mengaktifkan antimalware dan sebagainya. Dengan catatan, hati-hati mencolokkan hard disk ext atau flash disk orang lain ke laptop atau komputer kita. 

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda di cocokpedia. Sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Apakah Perlu Memasang Antivirus? Menurut Cocokpedia, Tidak Perlu!"