1305 Perayaan Hardiknas 2022 - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1305 Perayaan Hardiknas 2022

Inilah berita hari pendidikan nasional terbaru. Berita terbaru terkini. Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas (bukan hari menghardik nasional lo ya) seyogyanya dirayakan dan diperingati tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Tahun ini berbeda. Perayaan Hardiknas tidak lagi tanggal 2 Mei, tahun ini dirayakan 13 Mei 2022 via youtube. Tepatnya di youtube channel Kemendikbud RI.

Mungkin karena tanggal 2 Mei 2022 kemarin ditempati peringatan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Yah, cukup beralasan. Cukup bisa dimaklumi walaupun tetap di luar kebiasaan.

berita hari pendidikan nasional,berita terbaru,berita terkini,hardiknas,13 mei,youtube channel,channel youtube,Kemendikbudristek,live channel,webinar,


Dalam beberapa momen dalam tayangan live channel youtube tersebut, Mas Menteri (Nadiem Makarim) menyampaikan beberapa kali kata 'luar biasa'. Merdeka belajar luar biasa, sekolah dan guru penggerak luar biasa, raport pendidikan luar biasa dan sebagainya. Menurut pembaca cocokpedia, berlebihan tidak? Bukankah pembelajaran menyenangkan sudah ada pada judul kurikulum-kurikulum sebelumnya? Bukankah Bos majemuk adalah perubahan judul dari bos sebelumnya? Bukankah raport pendidikan juga perubahan judul dari raport mutu sebelumnya? Luar biasa?

Mengenai akselerasi pendidikan apakah benar terjadi? Bukankah para guru dan kepala sekolahnya pada ikut webinar sekolah penggerak dari pagi hingga sore selama 6 bulan? Bukankah proses pembelajaran tersita? Luar biasa?

Bukankah kurikulum 2013 (K13) belum tuntas penilaiannya? Proses pembelajaran tematik, tapi ijazahnya masih mapel? Mengapa tidak memperbaiki kekurangan daripada membuat kurikulum baru? Bukankah membuat baru lebih mahal daripada memperbaiki? Apakah bila Mas Menteri yang sekarang tidak menjabat lagi di 2024 atau lebih cepat dari masa itu, kurikulumnya baru lagi? Bukankah Mas Menteri baru tahu kalau tidak semua wilayah NKRI menikmati aliran listrik dan akses internet?

Pada K13 sudah terjadi pengurangan porsi sejarah, akankah terkurangi lagi dengan disatukannya IPA dan IPS menjadi IPAS? Cocokpedia kok merasa kuatir ya. Cek kembali kapan hari pendidikan nasional wikipedia? Periksa kembali tujuan dasar pendidikan berdasar gagasan Ki Hajar Dewantara!

Berikut kutipan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi 13 Mei (bukan 2 Mei) 2022.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Om swastiastu,
Namo buddhaya,
Salam kebajikan,
Rahayu.

Saudara-saudariku sebangsa dan setanah air,
Selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya.

Hari ini, saudara-saudariku, adalah bukti. Bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan.

Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.

Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk "menghukum" guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar; supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Semangat yang sama juga sudah kita dengar dari para seniman dan pelaku budaya, yang sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka. Itu semua berkat kegigihan kita untuk melahirkan terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia. Dampaknya, sekarang tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi, untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan.

Semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia.

Para penggerak Merdeka Belajar di seluruh Indonesia yang saya banggakan.

Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar.
Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Om shanti, shanti, shanti, om, 
Namo buddhaya.


Jakarta, 2 Mei 2022
Menteri Pendidikan, Kebudayaan. Riset, dan Teknologi
Nadiem Anwar Makarim

 

 Sumber Pidato: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/


Dalam teks pidato tersebut tidak ada kata luar biasa. Untuk menghitung kata luar biasa dapat dilakukan dengan menonton siaran tunda di channel youtube Kemendikbud RI yang berjudul: Perayaan Hari Pendidikan Nasional 2022 berikut ini.

Sumber video: Kemendikbud RI

Posting Komentar untuk "1305 Perayaan Hardiknas 2022"