Tagar: BI Bahasa Asean - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tagar: BI Bahasa Asean


Wacana usulan Malaysia melalui Perdana Menteri Malaysia, Dato' Sri Ismail Sabri Yaakob, tentang penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi Asean, ditanggapi serius oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Mas Menteri menegaskan bahwa perlu dibicarakan lebih lanjut di tingkat regional.


bela bahasa indonesia


Baca juga:


Bahasa Indonesia Bahasa Asean menjadi tagline atau tagar status, artikel, dan berita nasional. Bangsa Indonesia harus menyikapinya dengan bijak. Dasar-dasar mengapa harus Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa kedua di Asean antara lain adalah:

Pengguna di Tingkat Asia dan Pasifik

Pertama, Bahasa Indonesia mempunyai penutur asing yang banyak (Asia Pasifik, 2.4 juta dan Asean 5,2 juta). Bahasa Melayu jauh di bawah angka data tersebut.

Bahasa Indonesia adalah Bahasa Negara

Kedua, Bahasa Indonesia adalah bahasa negara sedangkan bahasa Melayu adalah bahasa daerah.

Bahasa Indonesia adalah Iptek

Ketiga, Bahasa Indonesia sudah berkembang menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahasa Indonesia adalah Bahasa Internasional

Keempat, Bahasa Indonesia sudah disiapkan menjadi bahasa Internasional sejak tahun 2009. Yakni dengan UU Nomor 24 tahun 2009.

Penutur di Dunia

Kelima, penutur Bahasa Indonesia seluruh dunia sejumlah 269 juta jiwa. Bahasa Melayu (yang bahasa Daerah) lewat.

Bahasa Indonesia Mudah dan Praktis

Keenam, Bahasa Indonesia pelafalan dan penulisannya sama. Tidak ada kendala dan mudah dipelajari dan digunakan. Tidak ada kesulitan pelafalan bahkan tidak berbeda pelafalan dan tulisannya.

Bahasa Indonesia Diujikan

Sebagai bahasa resmi negara dan pengantar pendidikan, Bahasa Indonesia diujikan pada asesmen pendidikan. Bahkan secara khusus ada uji kompetensi (mirip Toefl) untuk persyaratan profesi tertentu di Indonesia terutama bagi penutur asing.

Layaknya Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Asean sudah lama digemakan. Semisal pada artikel berjudul Bahasa Indonesia Dinilai Layak Jadi Bahasa Asean, Antara, 17 Desember 2015. Bahkan lebih jauh bangsa Indonesia telah menyiapkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk negara-negara Asean yang disusun oleh Pusat Pengembangan Bahasa, Mendikbudristek. Bangsa Indonesia juga punya BIPA yakni buku Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing dengan penyusun yang sama.

Gaung Bahasa Indonesia sebagai bahasa Asean bahkan internasional bergema kembali setelah pernyataan PM Malaysia yang menghendaki bahasa Melayu (bahasa daerah; bukan bahasa negara) jadi bahasa resmi Asean. Salah satu dukungan aksi dukung Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Asean adalah dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBPJT) melalui twibbon pada 6 April 2022. Twibbonnya sebagai berikut. Klik (click) pada gambar di bawah ini.


saya dukung bahasa indonesia sebagai bahasa asean

 

Mari kita dukung, bantu gemakan, ramaikan social media dengan berbagai bentuk dukungan baik berupa gambar, teks, yang isinya mendukung Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Asean. Isi juga dengan tagar dan tagline bela bahasa Indonesia #belabahasaindonesia atau Bahasa Indonesia Bahasa Asean #bahasaindonesiabahasaasean.

Jika bukan kita yang mendukung siapa hayo? Ayo para buzzer positif bangsa Indonesia, ratakan tanah social media dengan dukungan tagar dan tagline bela bahasa Indonesia #belabahasaindonesia atau Bahasa Indonesia Bahasa Asean #bahasaindonesiabahasaasean. 

Demikian dan terima kasih atas dukungan anda. Bravo BI. Ayo pasang twibbon nya dan pasang tagar dan tagline bela bahasa Indonesia #belabahasaindonesia atau Bahasa Indonesia Bahasa Asean #bahasaindonesiabahasaasea . Setidaknya itulah dukungan kecil kita. Kalau bukan kita siapa lagi?

 

Tagar dan tagline #belabahasaindonesia #bahasaindonesiabahasaasea


 

Posting Komentar untuk "Tagar: BI Bahasa Asean"