Stuck Menulis, Lakukan Hal Ini - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stuck Menulis, Lakukan Hal Ini

Syarat utama menjadi penulis adalah sering dan suka membaca buku (books). Buku apa saja. Medianya apa saja. Logikanya orang yang jarang baca (book) bagaimana mungkin lancar merangkai kata dan kosakata menjadi tulisan kalau pengalaman membacanya nol? Bukankah orang yang tidak pernah membaca minim kosakata? Bukankah orang yang jauh dari kegiatan membaca tidak akan terangsang ide untuk menulis? Satu kalimat saja akan berat bagi yang tidak suka membaca, tapi ingin menulis. Kecuali ia mendapatkan curahan ilham setiap saat sehingga tanpa membaca buku pun, ia mampu menulis. Kasus ini 1 dibanding 1 juta orang. Hehehe.

travelling,halaman,Buku,camping,netfix,box office,book,android,langkah-langkah,aplikasi,recommended,youtube channel,books,stuck,challenge,travell,playstore,Artikel,


Bagaimana kalau seseorang yang rajin membaca, tapi mengalami stuck dalam proses kreatifnya? Apa yang akan dilakukannya agar kembali lancar proses kreatifnya? Berikut langkah-langkah atau cara atau solusi bagi penulis pemula yang mengalami stuck (ngadat  atau macet ide).

Jika mengalami stuck, lakukan hal ini!

1. Pergi cari makanan kesukaan

Saran ini berlaku jika anda memang lapr sehingga otak lamban. Ada baiknya cari tempat kesukaan dan pesen menu kesukaan pula. Buat senyaman mungkin, jangan pikirkan lagi soal stuck menulis. Makan saja yang enak. Ikuti dampaknya, kalau memang ngantuk selepas makan, pergi tidur. Biarkan semua mengendap dulu sampai pada saatnya muncul lagi.

2. Nongkrong ngopi 

Kalau masih kenyang, pergi ngafe (ke cafe) aja. Kalau tidak suka sendirian, ajak teman. Ajak ngobrol teman, bahas di mana letak stucknya.

3. Cari-cari item barang di online shop

Mungkin anda jarang belanja. Ada baiknya anda sesekali belanja offline atau online. Belanja apa saja yang anda inginkan. Syarat harus ada uang untuk membayarnya. Siapa tahu ada endapan keinginan atas barang tertentu yang tidak tercapai. Penuhilah!

4. Nonton film

Jika anda jarang nonton bioskop atau film box office seperti di netfix dan sebagainya. Ada baiknya lampiaskan ke kegiatan menonton film. Pasti ada sesuatu yang akan diperoleh untuk mengisi stuck yang anda alami dalam menulis.

5. Dengerin musik

Dengerin musik juga membantu merefresh ingatan dan kerja otak. Perlu penyegaran. Otak perlu kipas angin. Laptop aja perlu kipas kan? Kalau sudah dingin mesin akan lancar kerjanya.

6. Ngajak tengkar teman

Gagasan ini hanya pada tingkat ide dan eksperimen. Jangan dicoba dulu kalau tak ingin menambah musuh. Tapi, kalau ngotot, silakan dicoba. Mungkin hasilla akan menjadi referensi atau bahkan mungkin menjadi judul baru dalam tulisan anda. Tapi ingat, jangan sampai merelakan nyawa ya. Cukup lebam-lebam saja. Atau tengkar mulut jangan adu otot.

7. Diskusi

Ini cara yang dilakukan seorang yang intelek. Ajak beberapa teman ngumpul. Ajak diskusi mengenai hal yang anda tulis. Jangan dibuka semua, sedikit-sedikit saja. Takut ide kita mereka curi. Oya, kalau ngajak teman diskusi, jangan lupa dijamu. Jangan cuma angin. Kasihan lapar dan haus nanti.

8. Ngeprank orang

Ngeprank orang atau teman bisa juga jadi gagasan menarik. Mirip ide di atas yang ngajak tengkar, ini masih tahap eksperimen. Cocokpedia belum mencobanya. Jadi kalau ada apa-apa, cocokpedia tidak bertanggung jawab. Risiko ada pada anda karena atas pilihan anda.

9. Cari selingkuhan berjangka

Ini juga gagasan menarik, tapi tidak direkomendasikan untuk dicoba apalagi jadi hobi. Berbahaya Dulur! Cari cara lain saja. Bukankah banyak?

10. Baca buku lain topik

Baca buku fisik mungkin sudah jenuh. Coba saja beralih ke membaca koran atau majalah atau kliping masa lalu yang dapat diakses di internet. Kalau tidak bisa gratis, tidak masalah jika kita mengeluarkan sedikit rupiah. Yang jelas ada manfaatnya.

11. Ngomong sendiri

Ngomong-ngomong sendiri bagi sebagian orang dianggap aneh. Mirip sekali dengan orang yang tidak waras atau gila. Tidak masalah. Bukankah kita tidak diberi makan orang yang komen? Toh kita cari makan sendiri? Tak perlu malu. Banyak aplikasi android di playstore atau perangkat (software) bawaan hape yang mampu menjadi alat perekam suara. Setelah merekam omong-omong sendiri yang isinya apa saja itu, dengarkan berkali-kali. Kalau anda masih bisa tertawa berarti anda masih sehat.

12. Baca puisi sambil rekam

Carilah puisi lama yang pernah dibuat atau cari di internet. Kemudian rekam menggunakan video hape. Rekam pembacaan satu atau dua puisi. Kemudian tonton berkali-kali. Jangan dipikirkan urusan stug menulis. Bebaskan saja pikiran anda. Kalau sudah direkam dan ditonton berkali-kali dan ingin menghapusnya, hapus saja. Nah, anda bertanya kan apa gunanya ini? Gunanya mencari sisi stug yang tidak disadari. Okey? Atau kalau eman untuk menghapusnya, setor saja ke  youtube channel biar banyak yang nonton dan menertawakannya.


13. Jalan kaki 1-5 km

Mengapa ini disarankan? Takutnya anda sudah lama duduk. Takutnya kegiatan harian anda hanya duduk untuk menulis, maka sangat perlu sekali jalan kaki 1-5 kilometer untuk melancarkan peredaran darah ke otak. Kalau asupan oksigen ke otak tersendat bahaya kan.

14. Pergi travell-ing

Orang dulu menyebutnya mengubah udara di tempat lain cari udara di negeri lain. Mungkin kamar anda atau kota anda sudah pengap. Perlu kiranya jalan-jalan ke luar kota, luar provinsi, atau ke luar negeri. Ganti udara yang kita hirup. Kita tahu, tingkat oksigen tiap tempat berbeda. Oksigen itu sangat dibutuhkan otak. Iya kan?

15. Camping

Camping atau berkemah juga rekomendasi menarik. Paling jauh ke gunung. Paling dekat di halaman rumah kita. Intinya berganti suasana, berganti latar, berganti aktivitas siapa tahu memicu membantu menghilangkan stuck secara tak disadari.

16. Ke rumah mantan

Walaupun ide ini tidak direkomendasikan, tidak apa kalau mau dicoba. Syaratnya mantan anda belum menikah. Dengan menemui mantan siapa tahu dia dapat mengembalikan sosok jatidiri anda yang sebenarnya sehingga anda tahu apa yang benar-benar anda inginkan di dalam hidup ini.

17. Beli jajanan di pinggir jalan

Jarang-jarang kan beli jajan di pinggir jalan? Anda bisa beli cilok, tahu goreng, dan minumannya sambil duduk di trotoar memakannya dengan bebas tanpa rasa gengsi.

Perhatikan bagaimana seseorang, penjual cilok betapa gigihnya berjuang hidup mengumpulkan seribu dua ribu rupiah setiap hari. Anda masih beruntung hanya bekerja sebagai penulis. Tidak kotor dan tidak kedinginan atau kepanasan seperti tukang cilok itu. 

18. Beli mercon

Ini juga recommended dilakukan. Beli mercon ajak anak-anak kecil, tetangga untuk membakarnya rame-rame. Mungkin akan mengembalikan jiwa anak-anak anda dan menbantu melenyapkan kondisi stuck anda dalam menulis 

19. Hutang ke bank dalam jumlah besar

Nah, ini yang mengerikan. Ide yang tidak populer. Ini semacam challenge. Anda yang tidak tahu untuk apa pinjam uang banyak ke bank. Tantangannya dengan uang banyak sebanyak itu bagaimana cara mengelola dan menghabiskannya tentu juga cara membayarnya. Kebingungan dan beban tingkat tinggi. Yah, berani? Andai berani juga untuk apa? Serahkan saja semua ke orangtua atau buat sedekah seluruhnya. Bingung bayarnya tanggung sendiri. Apa manfaatnya dengan cara ini? Anda berada pada puncak beban hidup. Mungkin selama ini beban hidup anda ringan dan biasa-biasa saja. Perlu dicoba untuk menambah kekuatan mental. Hehehe.

20. Selfi bareng mantan dan mempostingnya

Nah, ini juga tantangan. Yang diperlukan hanya efek kejut dari masalah yang akan terjadi. Dengan efek kejut tersebut sumbatan-sumbatan ide akan lancar karena terkejut beneran.

21. Pura-pura gila

Bertelanjang dada hanya dengan mengenakan celana dalam, berkelilinglah di jalan atau pasar atau di pusat+pusat keramaian. Rekam reaksi yang muncul dari mereka publik atau netizen. Anggap saja sebagai uji nyali. Berani? Cocokpedia belum berani. Hehehe.

23. Beli mainan bongkar pasang

Mungkin dengan membeli mainan bongkar pasang dapat mengembalikan jiwa anak-anak yang imajinatif. Perlu dicoba semua hal. Intinya yang dapat membantu daya imajinasi anda.

24. Main scrable

Main scable juga bagus dan rekomended. Mengapa? Karena ada banyak huruf yang harus kita susun menjadi kata dan harus connect dengan kata dalam lajur dan baris yang sudah ada. Siapa tahu dengan satu kata saja, stug anda terjawab.

25. Menggambar atau melukis

Kegiatan ini selain melatih cita rasa seni juga melatih saraf motorik di wilayah tangan lengan dan bahu. Semua saraf motorik tersebut mengarah ke otak. Mungkin dapat memicu lebih lancarnya darah ke otak melalui tangan lengan dan bahu.

26. Hunting foto

Tidak perlu kamera dslr. Cukup gunakan hape saja cukup kok. Foto apa saja tanpa tema. Siapa tahu dengan hasil jepretan anda menginspirasi stug menulis anda dan melancarkannya.

27. Naik ke bangunan tertinggi

Perlu juga menguji adrenalin dengan berada di puncak gedung tertinggi. Memandangi menyapu sekitarnya dan melongo ke bawah, tapi jangan lompat ya. Eman-eman satu nyawa itu penting. Ini hanya melatih pacuan adrenalin anda jadi meningkat drastis.

28. Terjun bebas dari tebing

Sebelum memutuskan mengambil ide ini, perlu diperhatikan sasaran jatuh anda adalah laut atau sungai. Jangan jatuh di atas batu atau aspal karena pasti kepala anda pecah terburai. Anda akan mengalami picu adrenalin sekian detik dari kegiatan ini. Penting untuk memboostee aliran darah ke otak.

29. Bakar bakar

Gagasan menarik juga. Bisa bakar ikan, singkong, kelinci, kambing, dan sebagainya. Jangan sesekali punya niat bakar rumah anda, pasar atau pom karena itu ranah kriminal. Apa manfaat yang diperoleh dari bakar-bakar? Ada kehangatan yang dapat diinduksi dari ini. Siapa tahu, tubuh anda yang dingin, hati anda yang dingin, otak anda yang dingin bisa menghangat dan menghasilkan ide kreatif.

30. Tidur ngetol

Kalau selama bulan Ramadan tidur ngetol bisa jadi ibadah. Di luar bulan Ramadan tidak apa dilakukan. Mingkin tubuh, hati, dan pikiran anda perlu diistirahatkan sejenak agar fresh kembali. Ketika sudah fresh kemungkinan besar akan membantu adrenalin menulis lebih lancar dan bersemangat.

31. Teriak sekeras-kerasnya

Teriak sekeras-kerasnya adalah salah satu cara meluapkan tekanan bawah sadar yang tidak bisa dibuang dengan cara biasa. Dengan plongnya kondisi dan ruang hati pikiran, ibarat restart mesin komputasi kita dalam menulis.

32. Makan pedes level max

Ini juga rekomended dilakukan. Dengan pedes yang tak terkira, anda akan mengalami kondisi darurat. Telinga berdenging, lidah terbakar, mata berair, ingus mengalir, perut sakit dan sebagainya. Ingat, jangan minum yang dingin dan manis. Minumlah yang hangat dan tawar. Sensasi ini akan mengembalikan anda menjadi manusia normal.

33. Lempar pesan dalam botol

Tulislah pesan yang banyak. Isinya apa saja. Bisa juga mencantumkan nomor hape atau Wa. Setelah pesan ditulis, masukkan ke dalam botol-botol kecil kemudian larungkan ke sungai atau laut. Kalau posisi anda jauh dari sungai atau laut, larungkan saja ke bak mandi anda di rumah. Setidaknya beban pikiran dan hati anda sudah tertulis dan terlarungkan.

34. Wa teman baru

Carilah nomor baru dari grup apa saja atau hasil browsing di internet. Wa lah dan ajak berbincang. Kenalkan diei anda dengan sopan. 

35. Duduk di tengah area kuburan

Kalau anda memilih ini, berarti hidup anda terlalu bising selama ini. Tepat jika anda memilih ini. Sesekali memang diperlukan kondisi hening. Jauh dari kebisingan. Kalau perlu bermalamlah di kuburan semalam. Sampai anda benar-benar bebas dari bising yang mengiang.

36. Masuk gua

Ini sama dengan di atas nomor 35. Jika memilih ini, setidak memang harus menginap. Seriuskan sekalian untuk melakukan kontemplasi atau meditasi. Siapa tahu sekeluarnya anda dari gua, ada sayap di bahu anda yang bisa anda gunakan untuk terbang.

Beberapa ide di atas dapat dikombinasi atau dilakukan berurutan bisa juga random. Setidaknya pilihlah yang belum pernah dilakukan.

Bagaimana kalau setelah melakukannya masih stuck? Sebaiknya periksakan ke dokter. Hahahaa.

Selanjutnya baca juga

Menulis itu gampang semudah buang hajat



Posting Komentar untuk "Stuck Menulis, Lakukan Hal Ini"