Selamat Hari Buku Sedunia 230422 - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Hari Buku Sedunia 230422

Selamat Hari Buku Sedunia 2022. Ucapan selamat ini kalau dibaca seolah-olah mengucapkan selamat kepada buku ya. Tak masalah mumpung masih tepat momennya, cocokpedia ucapkan selamat Hari Buku Sedunia (bukan kepada buku) kepada seluruh insan perbukuan seperti penulis, editor, perancang sampul (cover designer), layouter, pusat perbukuan, penerbit ISBN, penerbit, percetakan, penjual buku di perempatan dan semua yang terlibat dalam penciptaan buku hingga sampai ke pembaca buku.

Hari Buku Sedunia, atau dengan sebutan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia atau dengan sebutan lain adalah Hari Buku Internasional (National World Book Day) adalah perayaan tahunan setiap 23 April yang digagas oleh UNESCO. Peringatan tersebut untuk memotivasi dan mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan pemberi lisensi (lisence) atau hak cipta.


lisence,lisensi,hak cipta,buku,book,books,hari buku sedunia,hari buku internasional,unesco,curhat,mental pengemis,buku adalah,national,world,


Selamat pula bagi para pembaca buku, pecinta buku, pengoleksi buku, pustakawan, penjual buku bekas, pencuri buku di perpustakaan dan toko buku, peminta-minta buku, dan sebagainya. Semoga di Hari Buku tahun ini industri buku (digital atau manual) makin jaya dan sukses sehingga dapat meningkatkan daya hidup pelaku perbukuan di Indonesia.

Di momen hari buku ini, cocokpedia ingin curhat. Cocokpedia kan penulis ya. Penulis buku juga. Ketika buku telah rampung dicetak dan dipublikasikan kelahirannya, ada beberapa oknum manusia yang hanya bisa meminta buku karya kita. 

Apa mereka kira buku itu dicetak menggunakan daun? Apa dikira nyetak buku itu bukan perjuangan? Dan yang lebih aneh lagi yang minta buku ini adalah oknum manusia yang justru tidak suka membaca. Terus kalau jadi dikasih buku mau dibuat apa coba?

Hargailah penulis dengan jerih payahnya melahirkan buku. Buku bagi penulis adalah anak yang ia lahirkan ke dunia. Buku adalah penting bagi penulis. Buku adalah martabat atau marwah bagi si penulisnya. Buku adalah harga diri. Masak mau gratis? Anda ke toilet saja kena cas, 2000 rupiah. Paham?

Maaf, bukan apa-apa. Bukan juga marah. Hanya curhat saja. Buku dicetak dengan duit bukan daun. Ingat itu! Duit bukan daun! Titik.


lisence,lisensi,hak cipta,buku,book,books,hari buku sedunia,hari buku internasional,unesco,curhat,mental pengemis,buku adalah,national,world,


Jangan pelihara mental ngemis seperti itu. Walaupun kita pernah dijajah bangsa asing sekian ratus tahun, mindset harus bagus. Jangan bermental pengemis. Berikan yang penghargaan terbaik bagi penulis. Kalau peduli, jika harga buku 100 ribu, bayar dengan 200 ribu. Itu gunanya tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Berani? Hahaha. Yang berani hanya pecinta buku dan tidak bermental tangan di bawah. Catat!

Posting Komentar untuk "Selamat Hari Buku Sedunia 230422"