Pasukan Penjaga Hutan Indonesia (Kinipan) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasukan Penjaga Hutan Indonesia (Kinipan)

 

Watchdoc Documentary, sebuah channel youtube telah merilis (launching) film dokumenter berjudul Kinipan. Apa itu Kinipan? Kinipan adalah nama desa di Kecamatan Batang Kawa, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Desa Kinipan ini diketahui memiliki 198 KK, dengan daerah adat seluas 16.175 HA. Faktanya Kinipan telah mengalami pembabatan hutan seluas 2.300 hektare.

Film dokumenter Kinipan membuka mata dan wawasan betapa sungguh terjadi kehausan dan keserakahan dunia yang disalurkan melalui kekuasaan dengan mengorbankan dapur-dapur kecil masyarakat yang hidupnya dari pengelolaan hutan.

kebakaran hutan,kinipan,Watchdoc Documentary,chanel youtube,restorasi,film,film dokumenter,ulin,oksigen,investor,industri,pandemi,omnibus law,dandhy laksono,


Melalui film dokumenter tersebut, banyak orang banyak bangsa akhirnya tahu apa yang terjadi sesungguhnya pada hutan-hutan di Indonesia. Hutan yang sesungguhnya memberikan sumbangsih oksigen kepada umat manusia sedunia.

Melalui film dokumenter tersebut juga betapa mirisnya pembakaran hutan yang menimpa warga sekitarnya dan bahkan mereka menjadi tertuduh atas ribuan hektar hutan yang terbakar. Mereka kehilangan oksigen melimpah, hutan, makanan, bahkan air bersih. Bahkan mereka menerima getah berupa banjir akibat dari gundulnya hutan mereka.

Diceritakan juga mengenai pencurian kayu Ulin dengan diameter lebih dari 50 cm. Untuk menjadi kayu Ulin yang menjulang dan berdiameter seperti itu ternyata butuh ratusan tahun. Sementara pihak yang mencuri tidak panjang akal dan tak bertanggung jawab atas perbuatannya.

Seorang pemrakarsa restorasi hutan bersama warga, yang bertekad mengembalikan hutan mereka, saat ini telah 17 tahun. Hutan-hutan mereka mulai kembali dengan perjuangan mereka sendiri. Adakah yang peduli? Padahal bangsa ini (Indonesia), oksigen yang kalian hirup salah satunya disumbang oleh Kinipan, oleh hutan-hutan yang ada di Kalimantan.

Beberapa investor atas nama kekuasaan yang mereka kantongi dari pemerintah dapat seenaknya menguasai hutan dan menjadikannya area industri.

Film dokumenter Kinipan seharusnya ditonton oleh semua orang Indonesia agar tahu diri bahwa oksigen yang kita hirup sumbangan dari hutan-hutan di Kalimantan. Semua orang harus tahu, bahwa ada penjarah-penjarah dapur-dapur kehidupan warga Kalimantan untuk kekayaan pihak-pihak tertentu yang dilegalkan oleh pemerintah. Tontonlah, jangan menutup mata demi lestarinya hutan di Indonesia.

Berikut daftar isi dari film dokumenter Kinipan.

4:24 — BAB 1 Pohon, harimau, babi

27:58 — BAB 2 Kinipan

44:24 — BAB 3 Pandemi

57:53 — BAB 4 Omnibus Law

1:10:19 — BAB 5 Food Estate

1:30:41— BAB 6 Perusahaan dan restorasi

Selamat menonton, selamat membuka wawasan dengan bijak. Viralkan film dokumenter karya Dandhy Laksono dan team Watchdoc Documentary. Film dokumenter ini trending kan agar lebih banyak lagi yang terbuka matanya agar lebih banyak yang peduli terhadap kelestarian hutan di Indonesia.



Tonton juga film serupa:

Posting Komentar untuk "Pasukan Penjaga Hutan Indonesia (Kinipan)"