Keberadaan Grup WA Bayangan - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keberadaan Grup WA Bayangan

Setiap ada satu grup (group) whatsapp (WA) resmi baik komunitas, organisasi, atau instansi, pasti ada juga grup Wa  bayangan yang dibuat. Apa itu grup Wa  bayangan? Grup wa bayangan adalah grup tambahan dari grup Wa resmi. Grup Wa bayangan berfungsi mengkritisi topik atau hal yang dibahas di dalam grup resmi. Bisa juga grup bayangan ini digunakan untuk membicarakan karakter dari person yang ada di dalam grup. Bisa ghaibah, bisa menghina, bisa memuji, dan sebagainya. Bahkan bisa digunakan untuk persiapan melakukan demontrasi atau kudeta atau setidaknya mosi tidak percaya terhadap instansi, organisasi, atau komunitas yang ia di dalamnya.


Grup,group,wa,whatsapp,tni,komunitas,instansi,artikel,esai,foto,komunikasi,membuat,oposisi,kontrol,grup wa,logika,


Jika ada grup Wa, misal grup Wa TNI 001, maka akan dibuat grup bayangannya TNI-X. anggotanya hanya beberapa orang yang berasal dari grup TNI 001.

Dengan adanya grup Wa bayangan seperti TNI-X di atas, maka dengan bebas siapa saja dapat membicarakan apa dan siapa membahas apa tanpa merasa tidak nyaman. Dalam grup bayangan tersebut anggota bebas berpendapat, menghujat, menghina, menghakimi, memprovokasi, membakar, dan sebagainya. Jarang sekali grup bayangan ini mengarah kepada kebaikan. Pasti fokusnya membicarakan perilaku pimpinan, siapa yang dekat dengan pimpinan, berbagi foto hasil curian, pembahasan miring tentang program, dan sebagainya. Mungkin 90 persen isinya menjelek-jelekkan person atau program. Hayo ngaku! Benar apa tidak?

Dan ketika grup utama atau grup wa resminya sepi, maka dapat dipastikan grup wa bayangan sedang ramai. Mereka melakukan gerilya di grup wa bayangan. Melalukan keseruan atau kalau tidak mempersiapkan kudeta. Hahaha.

Dari statusnya juga sudah bayangan. Artinya sudah mengabaikan keterbukaan dalam komunikasi di dalam suatu komunitas. Dan biasanya anggota grup Wa bayangan ini sejenis sekufu atau sefrekuensi. Tak mungkin berbeda misi atau visi. Jika berbeda, pasti keluar atau dikeluarkan. Cocok?

Apakah anda pengamal atau anggota atau pembuat grup bayangan? Apa yang anda bincangkan dalam grup? Apakah anda memata-matai pimpinan? Atau anda memakan daging rekan sekerja? Atau apakah anda suka menggoreng isu hingga gosong?

Bagaimanapun Grup  Wa bayangan ini keberadaannya tentu ada sisi baiknya jika berfungsi sebagai kontrol bukan oposisi. Tinggal pilih berniat membuat grup wa bayangan sebagai oposan atau kontroler. Mari bersikap bijak dan hati-hati dalam berkomunikasi. Gunakan simpati dan empati, logika waras, agar selamat dan menyelamatkan.

1 komentar untuk "Keberadaan Grup WA Bayangan"