13 Perilaku Penumpang Bus Super Ganggu - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Perilaku Penumpang Bus Super Ganggu

Transportasi darat yang bernama bus memiliki banyak peristiwa di dalamnya. Peristiwa tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori yakni internal dan eksternal.

Peristiwa eksternal antara lain adalah perilaku yang asalnya dari orang-orang di luar bus yang masuk ke dalam bus. Peristiwanya antara lain masuknya pengamen dan pengasong camilan, minuman, barang-barang dagangan lain, copet, dan sebagainya.


Artikel,Esai,bus,penumpang,armada,awak,internal,eksternal,pengguna,jasa,transportasi,tarif,tiket,kursi,masker,bau badan,ayam,toilet,gambar,online,


Peristiwa dari internalnya adalah berasal dari orang-orang di dalam bus itu sendiri. Ada banyak peristiwa dan kejadian yang berasal dari orang-orang yang resmi jadi penumpang bus. Peristiwa atau kejadian yang dimaksud adalah perilaku para penumpang bus.

Sebagai pelaku dan pengguna jasa angkutan darat, Bus, cocokpedia banyak merekam kejadian atau peristiwa unik, menarik, menjenggelkan, dan sebagainya. Beberapa peristiwa yang datang dari perilaku penumpang antara lain sebagaik berikut.

Peristiwa dari perilaku penumpang bus

1. Membuang sampah sembarangan

Pihak armada bus, rata-rata tidak menyediakan tempat sampah di dalam bus. Hanya ada satu atau dua tempat sampah di depan atau belakang penumpang. Ada pula bus yang peka yang menyediakan tempat sampah sementara di bagian belakang kursi duduk penumpang. Selebihnya penumpang membuang sampah di bawah kursi.

Dengan fenomena tersebut, biasanya awak bus akan membersihkannya di terminal transit. Awak akan menyapu semua sampah di dalam bus dan dibuang di terminal dengan sembarangan pula. Hanya ada beberapa awak bus yang peduli dan membuang sampahnya ke tempat sampah yang tersedia di terminal.

2. Tidur seenaknya

Perilaku umum penumpang adalah tidur waktu bus berjalan atau melaju. Ada penumpang yang tidur seenaknya. Mestinya tidur bersandar di kursi jatahnya, malah tidur ke teman penumpang di sebelahnya dan menyandarkan kepala dan sebagian badannya di bahu penumpang lain. Ini yang membuat jengkel. Beberapa kali penumpang yang jadi korban berontakkan badannya kadang menggunakan tangannya untuk menyingkirkan kepala penumpang yang tidur di bahunya. 

Mending cewek, kalau yang tidur di bahunya adalah cewek cantik, bersih, harum lumayan. Mesikupun jurusan Banyuwangi-Jakarta atau yang lebih jauh lagi akan betah disandari cewek cantik tidur. Apes jika yang tidur lelaki atau perempuan, gendut lagi plus bau badan tidak sedap. Ditambah iler, wow mengerikan.

3. Duduk seenaknya

Perilaku selanjutnya adalah duduk seenaknya. Ada penumpang biasanya di bus tarif biasa (bukan patas) yang duduk di tengah-tengah. Jadi pantatnya menduduki dua kursi sekaligus. Ia tidak akan bergeser ke satu kursi jika tidak ada penumpang lain yang butuh kursi duduk.

Bahkan ada pula penumpang yang memilih lebih satu kursi dan mengisi kursi lain dengan tas atau barang miliknya padahal ia hanya bayar untuk satu kursi. Dengan kondisi seperti itu, penumpang yang mencari duduk harus tegas: "Kosong Pak?" 

4. Kentut seenaknya

Paling enak dan tersembunyi (tidak akan ketahuan) adalah kentut di tempat umum (bus) apalagi bus yang ber-AC. Aman sekali kentut asal tidak bersuara. Semua akan kebagian aromanya secara tak sadar karena tercampur dengan aroma AC.

5. Bersin dan batuk seenaknya

Bagi sebagian penumpang bus, batuk dan bersih ada yang tidak menutup mulut. Ia menganggap di dalam bus sama dengan alam bebas seperti di pegunungan. Jadi bebas bersin dan batuk dengan droplet ke mana-mana. Ditambah lagi ada penumpang, sudah batuk dan bersin tanpa menggunakan masker. Kecipratanlah penumpang di sebelahnya dan di depannya secara gratis.

6. Badan besar muat 2 kursi

Ini jarang terjadi, tapi kejadian. Ada seorang penumpang dengan perawakan sangat gemuk dan tinggi besar. Brewok dan berkeringat. Ia duduk di sebelahnya penumpang lain dengan menghempaskan badannya ke kursi. Penumpang sebelahnya seperti kejatuhan gunung.

Hanya saran, bagi anda yang mempunyai bobot lebih dari dua kwintal beras sebaiknya membayar tarif untuk dua kursi agar tidak mengganggu kehidupan orang lain ya.

7. Penumpang Pindah rumah

Cocokpedia sebut penumpang pindah rumah. Mengapa? Karena penumpang jenis ini membawa koper, tas ransel, tas cangklong, tas kreset penuh barang, dan dua kardus oleh-oleh. Semua barang itu ia pangku, sebagian ia taruh di bawah kursi. Sebagian lagi ia taruh di tengah (tempat lalu lalang jalan) di bus. Betapa crowded nya keadaan itu bagi penumpang lain terutama yang duduk dengannya.

8. Penumpang bawa ayam dan hewan lain

Kejadian ini biasanya berlaku di kota kecamatan atau kabupaten, bukan kota besar. Ada banyak pemandangan penumpang bawa hewan-hewan piaraan seperti ayam, burung, bebek, kucing, dan sebagainya. Para hewan ini kadang berisik, mengganggu kuping penumpang lain. Kejadian ini berlaku biasanya pada bus bertarif ekonomi.

Kadang si ayam mematoki kaki penumpang lain di bawah kursi. Juga buang air di mana-mana. Berkokok juga tak tahu waktu. Sungguh indah suasana ini.

9. Penumpang minta bus berhenti

Ada kejadian penumpang memberhentikan bus. Alasannya ingin ke toilet. Bus pun berhenti. Penumpang tersebut pun ke kamar kecil. Ternyata lama sekali hingga si supir bus menglaksonnya berkali-kali. Penumpang lain juga jadi gelisah dan resah.

Setelah beberapa lama si penumpang yang ke toilet pun kembali masuk ke bus. Netizen di bus pun riuh mengomentari perilaku penumpang ini.

10. Penumpang mengganggu tetangga

Ada macam-macam kejadian yang berasal dari penumpang lain terhadap penumpang yang duduk di depannya. Ada penumpang yang kakinya berkali-kali disandarkan ke bagian kursi depannya yang juga ada penumpang duduk. Penumpang di depannya pasti tergangggu karena kursi berkali-kali terasa tertendang dari belakang. Tidurnya pun terganggu. Jadi jangan heran kalau ada penumpang marah dengan perilaku jenis ini.

11. Bau badan

Sebelum pergi bertransportasi darat menggunakan bus atau lainya, jangan lupa cek bau badan di kamar mandi. Banyak toilet di terminal untuk tempat mengecek bau badan. Kalau terjadi bau badan, basahi kemudian lap dengan tisyu atau kain pusat bau badan anda. Jangan berbagi bau badan dengan orang lain. Itu dosa.

12. Mencuri gambar

Beberapa penumpang ada yang iseng. Memotret orang tidur yang menganga mulutnya bahkan ngiler. Kemudian ia unggah ke mana-mana secara online. Itu kejahatan ya. Jangan dipiara.

13. Suka ngobrol

Ada jenis penumpang yang suka mengobrol. Sementara rata-rata penumpang se tahu saya jarang ada yang suka ngobrol. Biasanya duduk diam hingga tiba di tujuan. Bagi yang suka omong, perhatikan lawan ngomongnya ya. Kalau lawannya suka juga tidak masalah, tapi kalau lawannya tidak suka itu merupakan penderitaan baginya.

Sebagai tambahan ada juga perilkau yang kurang etis yang terjadi di dalam transportasi umum misal meludah di dalam bus; nyopet; menguap tanpa ditutup; mengamen dengan memaksa; membuka ketiak lebar-lebar saat berjalan di tengah bus; dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa peristwa atau kejadian yang banyak terjadi di dalam bus. Terutama bus tarif ekonomi. Jika anda korban atau malah pelakunya, mari kurangi atau hentikan. Yang jadi korban, jangan cuma sabar, tapi berilah pemahaman agar tidak terjadi ke orang lain. Yang merasa pelaku, tolonglah, tingkatkan kepekaan peduli sosialnya ya.


Posting Komentar untuk "13 Perilaku Penumpang Bus Super Ganggu"