1 Maret 1949-2022 Tonggak Hari Penegakan Kedaulatan Negara - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 Maret 1949-2022 Tonggak Hari Penegakan Kedaulatan Negara

1 Maret 2022 ditetapkan sebagai Hari Kedaulatan Negara. Ketetapan tersebut dikuatkan dengan Keputusan Presiden RI (Kepres RI) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Ketetapan ini sangat penting mengingat beberapa tahun terakhir makin marak aksi demo yang menolak sistem negara, dasar negara, dan pilar kebangsaan.

Selain hal utama di atas ada tiga pertimabangan khusus, yaitu:

Pertama, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diproklamirkan, 17 Agustus 1945, merupakan negara yang merdeka dan berdaulat. NKRI bercita-cita mewujudkan tujuan nasional sebagaimana dimuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 2945) yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.




Kedua, bahwa tindak lanut dari Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 adalah adanya upaya bangsa Indonesia untuk memperoleh pengakuan kedaulatan internasional, tapi mendapat perlawanan dari Belanda dengan agresi militer II dan propaganda politik di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ketiga, bahwa peristiwa Serangan Umum pada 1 Maret 1949 yang digagas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX atas perintah Panglima Besar Jenderal Soedirman, disetujui Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, didukung oleh Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, laskar-laskar perjuangan rakyat, dan segenap komponen bangsa Indonesia lainnya. Hal demikian merupakan bagian penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan Negara Indonesia di dunia internasional dan telah berhasil menyatukan kembali kesadaran dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Peringatan 1 Maret sebagai Hari Kedaulatan Negara memaknai peristiwa serangan umum 1 Maret 1949 sekaligus menanamkan kesadaran bangsa terhadap sejarah dan nilai-nilainya sehingga tidak menjadi manusia yang lupa akan sejarah bangsanya sendiri. Dengan demikian setidaknya mampu memperkuat keperibadian dan harga diri bangsa serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. NKRI harga mati.

Posting Komentar untuk "1 Maret 1949-2022 Tonggak Hari Penegakan Kedaulatan Negara"