Tagar SaferInternetDay Hari Internet Aman Sedunia - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tagar SaferInternetDay Hari Internet Aman Sedunia

  

#SaferInternetDay Hari internet aman sedunia (Safer Internet Day/SID) diperingati setiap tahun tepatnya pada 10 Februari atau Safer internet day 2022. Sebagaimana kita tahu pengguna atau user internet di Indonesia telah mencapai lebih dari seperempat jumlah penduduk Indonesia.

Hari Internet Aman Sedunia atau Safer Internet Day/SID telah menjadi tagar di berbagai beranda media sosial seperti facebook, twitter, dan sebagainya.  Safer internet day 2022, online safety, connect safely. Internet adalah kependekan dari Interconnected-Networking. Artinya akses di dalam jaringan sehingga dengan demikian perlu keamanan tingkat tinggi agar nyaman.


 

Apakah menurut anda internet aman?

Menurut cocokpedia, tidak ada internet yang benar-benar aman. Saluran atau akses internet justru merupakan saluran terbuka dan global. Jaringan berbasis 0.1 atau 1.0 menyalurkan akses informasinya melalui fiber optik. Jadi siapa yang akan bilang aman?

Buktinya, pihak tertentu dapat mengakses kontak dan galeri. Mengakses nomor hp dan email. Bahkan keberadaan chace (jejak digital) sangat mendukung ketidakamanan internet. Data apa saja yang perlu diamankan saat menggunakan internet? Tentu data pribadi seperti identitas, kartu identitas, nomor rekening, nomor kartu atm atau kartu kredit, kartu jaminan sosial dan sebagainya. Termasuk juga PIN atau password.

 

Bagaimana cara mengamankannya?

Peringatan Hari Internet Aman Sedunia atau Safer Internet Day/SID telah dikampanyekan sejak 19 tahun lalu. Dengan tema tetapnya:  "Bersama untuk internet yang lebih baik.”

Imbauan pada Peringatan Hari Internet Aman Sedunia atau Safer Internet Day/SID tahun ini adalah mengajak semua masyarakat global (pemerintah dan umum) untuk bersama-sama membuat internet menjadi tempat yang lebih aman, lebih baik bagi anak-anak dan remaja serta bagi semua.

Kampanye global Hari Internet Aman atau Safer Internet Day/SID, didukung oleh Pusat Internet Aman Eropa, Komite Hari Internet Aman global dan termasuk juga INSAN (di Indonesia) serta berbagai pendukung organisasi dan industri lainnya. Bagaimana cara berinternet aman?

Berikut beberapa tips agar dapat menggunakan internet dengan aman/Safer Internet.

1. Jangan membagikan Informasi Pribadi yang sensitif.
2. Non-aktifkan Bluetooth jika Tak memerlukannya.
3. Hindari Tautan yang Mencurigakan.
4. Hindari terhubung ke WiFi yang terbuka.
5. Pastikan masuk ke situs yang berawalan HTTPS.
6. aktifkan Antivirus dan Anti Malware pada PC, laptop atau download jika menggunakan HP.
7. Backup Data Perangkat Secara Berkala.
8. Jangan pernah menyimpan pin atau password akun atau rekening di hp atau pc/laptop.
9. Amankan akun dengan menggunakan verifikasi 2 langkah.
10. Gunakan sidik jari untuk buka perangkat HP.
11. Terakhir, hapus chace secara berkala. 

Google beberapa kali meminta untuk luangkan waktu 2 menit untuk memperkuat keamanan google akun. Ada 5 point keamanan yang harus sangat diperhatikan yaitu, Login dan Pemulihan, Perangkat Anda (ada dalam pengaturan), notifikasi Keamanan, Akses yang boleh bagi Pihak Ketiga, Setelan Gmail, dan Sandi yang tersimpan. Jika terjadi indikasi masalah keamanan, Google akan memberi tanda seru berwarna kuning di sebelah kiri dan mengajak kamu untuk segera memperbaiki tentu di setting atau pengaturan akun google.

 

Apa itu INSAN?

INSAN adalah singkatan dari Internet Sehat dan Aman. INSAN adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Program ini dikomandani oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemkominfo) Republik Indonesia. INSAN merupakan dukungan terhadap internet aman dunia Safer Internet Day/SID. 

Beberapa kasus bobolnya keamanan internet. Seperti berkurangnya saldo di rekening. Tercurinya foto dan pesan whatsapp, tergunakannya kartu pribadi seperti KTP, kartu kredit, KK, dan sebagainya. Bahkan beberapa informasi juga bocor kepihak ketiga seperti video pribadi. Nah, langkah-langkah pengaman perlu ditingkatkan agar dapat berinternet, berselancar, dan bertransaksi dengan aman di era digital.

Untuk bergabung dalam kampanye internet aman dapat join ke link tautan di bawah ini.

Safer Internet Day

Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya di cocokpedia.net.

#SaferInternetDay 

 

Posting Komentar untuk "Tagar SaferInternetDay Hari Internet Aman Sedunia"