Template CV Pelamar Kerja untuk Fresh Graduate Docx (Word) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Template CV Pelamar Kerja untuk Fresh Graduate Docx (Word)

Membuat curriculum vitae (cv) dengan format ringkas dan menarik serta mencakup keseluruhan kompetensi menjadi salah satu bahan pertimbangan penting pemberi kerja. Curriculum vitae artinya adalah ringkasan portofolio seseorang yang dibuat ringkas dilengkapi dengan bukti yang diperlukan.

Selain persyaratan lain melamar pekerjaan seperti surat permohonan, foto, copy ijazah, sertifikat, dan sebagainya curriculum vitae (cv) menduduki peringkat utama dari proses melamar pekerjaan.

Dari curriculum vitae (cv) bagi pihak pemberi kerja menjadi bahan dasar pelaksanaan penilaian ketika interview atau wawancara. Juga menjadi pertimbangan diterima tidaknya seorang pelamar kerja.




Mengapa demikian? Karena dalam curriculum vitae (cv) tercantum hal penting yang berkaitan dengan rekam jejak kompetensi yang dimiliki pelamar kerja seperti: tingkat pendidikan, kemampuan atau kompetensi, dan pengalaman menerapkan kompetensi tersebut di dalam dunia kerja sebelumnya. Bagaimana dengan pelamar kerja yang justru fresh graduate atau baru lulus kuliah dan belum mempunyai pengalaman kerja? Tentu pihak penerima kerja atau perusahaan mempunyai teknis bagaimana mengujinya secara khusus misal diberi waktu magang atau dengan cara lain.

Bagaimana cara buat curriculum vitae (cv) curriculum vitae yang baik dan benar dan yang menarik dan meyakinkan? Apa yang harus tercantum dalam curriculum vitae (cv)? Adapun hal yang harus tercantum dalam curriculum vitae (cv) adalah sebagai berikut. 

Pertama, identitas lengkap. Seperti  nama, tanggal lahir atau umur, kota tempat tinggal, agama, jenis kelamin, alamat rumah, dan nomor yang bisa dihubungi. Ada pula perusahaan atau pemberi kerja yang mempersyaratkan identitas fisik seperti tinggi dan berat badan.  Ada juga yang mempersyaratkan tidak boleh menikah dalam jangka waktu tertentu.

Kedua, riwayat pendidikan. Pada bagian ini lengkap lebih baik dan diurut misal diurut dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Dilengkapi dengan tahun lulus dan sebagainya.

Ketiga, riwayat kursur atau pelatihan teknis. Cantumkan sebanyak-banyak sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Jika tercantuk di curriculum vitae (cv) berarti harus dilampirkan bukti fisiknya berupa fotocopynya. Termasuk dengan riwayat pendidikan di atas harus pula dilengkapi dengan bukti fisiknya.

Keempat, kemampuan atau kompetensi yang dimiliki perlu dicantumkan secara singkat misal kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kemampuan mengetik misal, kemampuan editing, kemampuan audit, dan sebagainya. Kemampuan ini tentu harus berkaitan dengan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja.

Terakhir, kelima, yakni riwayat pekerjaan sebelumnya atau pengalaman kerja. Ini juga harus dicantumkan secara ringkas kronologinya berdasarkan urutan waktu (tahun).

Baiklah langsung saja pada contoh curriculum vitae fresh graduate ya. Contoh curriculum vitae pdf tidak disediakan, biar mudah disunting atau diedit saya sediakan contoh curriculum vitae word atau curriculum vitae doc.  Ini adalah contoh curriculum vitae yang menarik.

Pada artikel ini juga tidak disediakan contoh curriculum vitae dalam bahasa Inggris, hanya dalam bahasa Indonesia.

Silakan diunduh contoh atau template curriculum vitae online gratis berupa template curriculum vitae pada tautan di bawah ini. Contoh curriculum vitae word atau curriculum vitae contoh atau template.

Cv online free download

Demikian template curriculum vitae (cv) ini semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda di cocokpedia.

 

Posting Komentar untuk "Template CV Pelamar Kerja untuk Fresh Graduate Docx (Word)"