Suku Sahrawi Sunni di Sahara dan Papan Quran - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suku Sahrawi Sunni di Sahara dan Papan Quran





Suku Sahrawi mengenal Islam sejak abad ke-8. Mereka tinggal di gurun Sahara dengan berpindah-pindah tempat (nomads) atau nomaden. Yang menarik dari suku Sahrawi adalah tentang anak-anak yang berlomba membaca dan menghafal al Quran.

Kitab al Quran yang mereka punya tidak seperti kita di Indonesia atau negeri lainnya. Kalau kita menggunakan al Quran yang sudah dikemas menjadi buku atau kitab. Mereka hanya menggunakan papan kayu. Papan kayu tersebut ditulis oleh para tetua mereka yang hafal tulisan dan bacaan Al Quran.


Anak-anak dan papan Al Quran di Sudan


Para tetua menuliskannya pada papan ayat al Quran tersebut sesuai dengan tingkat pencapaian anak-anak mereka. Pemandangan anak-anak membawa papan Quran atau duduk sambil membaca ayat suci tersebut sudah menjadi keseharian anak-anak di gurun Sahara.

Tetua memberikan apresiasi tinggi terhadap anak yang hafal dengan tingkat pencapaian tertentu bagi anak-anak mereka. Yang pandai membaca dan menghafalkan ayat-ayat suci diberikan hadiah berupa ternak. Bisa kambing atau unta sesuai dengan tingkat pencapaian anak.

Wah, keren. Papan Quran yang mereka buat juga keren. Sungguh, betapa indah pemandangan seperti itu. Di negeri kita, dengan banyak jumlah kitab, tidak terjadi pemandangan seperti pada suku Sahrawi di gurun Sahara ini.

Pemandangan seperti itu juga dapat kita jumpai di Sudan dan Afrika. Mereka sungguh-sungguh berjuang untuk bisa membaca, menghafal, dan memahani alQuran dengan baik. 



Anak-anak dan Papan Quran di Afrika




Sumber gambar:
https://islamic-center.or.id/
https://www.youtube.com/watch?v=XZbph-kBvrI&list=PUetpfrEDE4AgKEu4vYdwMGQ&index=155
https://alif.id/read/nur-hasan/melihat-tradisi-dan-metode-menghafal-alquran-di-sudan-b222428p/

Posting Komentar untuk "Suku Sahrawi Sunni di Sahara dan Papan Quran"

  • Bagikan