Satu dari Lima Makanan Tersehat Dunia adalah Kimci (Kimchi) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satu dari Lima Makanan Tersehat Dunia adalah Kimci (Kimchi)

 


Satu dari Lima Makanan Tersehat Dunia adalah Kimci (Kimchi). Wha t is kimchi? Kimci atau kimchi adalah masakan atau makanan asli tradisional Korea yang berupa asinan sayur hasil fermentasi. Asinan sayur tersebut berbumbu pedas. Sayur yang diasin dicampur dengan bumbu yang terbuat dari olahan dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan juga bubuk cabe merah.

Sayuran yang biasa dibuat sebagi bahan utama kimci atau kimchi adalah sawi putih dan lobak. Kimci diucapkan sebagai chim-chae dalam bahasa Korea yang berarti sayuran yang direndam. Kimci atau kimchi menjadi hidangan wajib setiap kali makan. Selain sebagai sayuran, Kimci berfungsi sebagai bumbu ketika memasak sup kimci (kimchi jjigae), nasi goreng kimci atau kimchi fried rice (kimchi bokkeumbap), dan aneka masakan lain.

Apa manfaat kimchi? Kimci atau kimchi karena dibuat dari berbagai jenis sayuran tentu sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Kimci atau kimchi banyak mengandung kadar serat makanan yang tinggi tapi rendah kalori sehingga sangat cocok untuk perbaikan sistem pencernaan.

Kimci atau kimchi selain mengandung serat yang tinggi, ia juga kaya vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi, dan bakteri asam laktat untuk perbaikan pencernaan. Kimci atau kimchi diunggulkan sebagai salah satu dari lima makanan paling menyehatkan di dunia versia majalah Health Magazine.

Ada kabar kalau Kimci (Kimchi) diklaim oleh Cina. Ah, terserahlah, banyak kok klaim-klaim gitu seperti reog diklaim Malaysia, dll.

 

Sumber gambar:

https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-kimchi-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan


Posting Komentar untuk "Satu dari Lima Makanan Tersehat Dunia adalah Kimci (Kimchi)"

  • Bagikan