Film Kemdikbud: Demi Nama Baik Kampus (Kekerasan Seksual) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Film Kemdikbud: Demi Nama Baik Kampus (Kekerasan Seksual)

  

Pada channel youtube Cerdas Berkarakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI (Kemdibud ristek) sudah menayangkan sebuah film berjudul: Demi Nama Baik Kampus, berdurasi 32.15 menit berjudul . Tayang perdana pada 14 Desember 2021. Film tersebut sebenarnya gambaran atau langkah teknis apa dan bagaimana ketika terjadi kekerasan seksual di kampus.

Film Kemdikbud: Demi Nama Baik Kampus (Kekerasan Seksual). Film yang berdurasi setengah jam tersebut tokoh utama protagonisnya adalah Sinta sedangkan tokoh antagonisnya adalah Arie Santoso (dosen Sinta). Saat pembimbingan skripsi Arie meminta Sinta untuk konsultasi atau bimbingan skripsi Sinta pada malam hari di kampus.

Saat pura-pura membahas skripsi, Arie mengiming-imingi nilai tinggi pada skripsi Sinta. Asal dengan syarat, jika Sinta bisa bersikap ‘baik’ kepada Arie. Baik dalam artian seperti dalam pikiran Arie. Paham kan? Detik-detik terakhir bimbingan ada adegan Arie membelai rambut Sinta bahka usaha mencium pipi Sinta.

Mengetahui gelagat tersebut dan rasa tidak aman yang Sinta rasakan, akhirnya Sinta izin ke kamar kecil (toilet). Arie mengejarnya hingga ke toilet. Arie merasa ketakutan sehingga mengancam Sinta agar tidak membocorkan peristiwa malam itu.

“Kalau kamu memberitahukan kejadian malam ini, habis kamu!”

Dalam film tersebut tokoh korban kekerasan seksual oleh dosen pembimbing skripsi yakni Sinta, hampir saja bunuh diri di kamarnya. Ia tak kuat menanggung beban malu. Di media sosial Arie menerornya.

Sinta dituduh telah memfitnah dosen terbaik kampus Cerdas Unggul. Arie meminta dukungan rektor dengan reputasi baiknya selama ini. Sang rektor tidak percaya apapun yang dikatakan Sinta termasuk kesaksian dari sahabatnya, Abi. Akhirnya mereka, Sinta dan Abi menghadap ke satgas kekerasan seksual kampus yang dipimpin Bu Anisa. Intinya film tersebut memberikan cara kepada pihak korban kekerasan seksual yang terjadi di kampus untuk melaporkan kepada satgas kekerasan seksual tersebut dengan berani.

Berikut Film kemdikbud RI yang berjudul Demi Nama Baik Kampus.


 


Terbitnya peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (permendikbud) nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di kampus (PPKS). Seperti pada postingan sebelum ini, yang berjudul kekerasan seksual terhadap mahasiswa. Dalam artikel tersebut disebutkan beberapa indikator yang termasuk dalam bentuk perilaku kekerasan dan pelecehan seksual di kampus serta cara menanganinya.





Sumber gambar:
https://www.youtube.com/watch?v=Er0Oz0edpLE

Posting Komentar untuk "Film Kemdikbud: Demi Nama Baik Kampus (Kekerasan Seksual)"