Drone Elang Hitam Karya Anak Bangsa, Penjaga Kedaulatan RI - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drone Elang Hitam Karya Anak Bangsa, Penjaga Kedaulatan RI

 

Drone Elang Hitam adalah pesawat tanpa awak buatan anak bangsa Indonesia. Fungsi diciptakannya Drone Elang Hitam ini adalah menjaga kawasan perbatasan dari penyusupan musuh negara. Drone Elang Hitam langsung atas perintah presiden Joko Widodo. Keren?

Pembuatan drone Elang Hitam hasil kolaborasi tujuh institusi yakni PTBI, Kemenhan RI, Balitbang Kemhan RI, BPPT, ITB dan sebagainya. Drone Elang Hitam direncanakan akan dipersenjatai dengan misl serupa yang dipasang di jet tempur F-16. Juga dipersenjatai dengan roket kaliber 70 mm.

Bagaimana spesifikasi lengkap Drone Elang Hitam ini antara lain sebagai berikut. Didesign dengan tipe DRO (design, requipment and objectives) atas sepakat TNI angkatan udara RI. Bermesin 4-tak dengan daya lepas landar 110-150 HP dan dibantu dengan daya dari dua bilah baling-baling.

Berat badan Drone Elang Hitam ini saat lepas landas adalah 1 ton lebih 115 kg sedangkan berat kosong sekitar 575 kg. Daya angkut maksimal 300 kg dengan muatan kapasitas BBM nya sebesar 420 kg.

Bagaimana dengan performa dari Drone Elang Hitam ini? Drone Elang Hitam mempunyai radius operasional atau jangkauan 250 Km. Ketinggian jelajah mencapai 3.000-5.000 M dengan maksimal ketinggian 7.200 m atau 7,2 Km. Durasi terbang Drone Elang Hitam ini dapat ditempuh selama 30 jam dengan kecepatan 235 Km/jam. Jarak lepas landas dan daratnya juga 500-700 m saja.

Drone Elang Hitam mempunyai panjang 8,3 meter. Panjang rentangan sayap 16 meter. Tinggi saat mendarat adalah hanya 1,02 meter. Berbahan air frame berupa komposit serat karbon dan glass. Apa fitur yang dipunyai Drone Elang Hitam?

Drone Elang Hitam memiliki radar yang bisa menembus lapisan tanah setebal 30 cm. Dilengkapi dengan remote control, sistem komunikasi, dan alat perekam data.

Drone Elang Hitam memiliki tugas khusus mengintai perbatasan negara dari udara, menjaga pertahanan dan keamanan wilayah Indonesia dari udara. Indonesia, keren!

Berikut penampakan wujud dari Drone Elang Hitam buatan anak negeri, buatan anak bangsa, buatan Indonesia. Karya anak bangsa. Prestasi!



Sumber gambar: https://grafis.tempo.co/

 

Posting Komentar untuk "Drone Elang Hitam Karya Anak Bangsa, Penjaga Kedaulatan RI"