Diklat Digital Google Entrepreneurship - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diklat Digital Google Entrepreneurship

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyelenggarakan banyak  e diklat digital google entrepreneurship secara daring. Diklat adalah pendidikan dan latihan. E diklat tersebut terselenggara atas kerja sama Kominfo dengan Gojek, Google, dan Facebook. E diklat entrepreneurship meaning adalah diklat daring kewirausahaan.

Persyaratan Umum Calon Peserta Diklat

Siapa yang boleh ikut pendidikan dan pelatihan (e diklatentrepreneurship yang diselenggarakan Kominfo? Persyaratan umum calon peserta adalah warga negara Indonesia (WNI), memiliki identitas diri (KTP atau KK), Memiliki Akun Sosial Media, dan usia minimal 17 tahun.



Pendidikan dan pelatihan (e diklat) yang diselenggarakan Kominfo menjawab tantangan global dan Gerakan Literasi Digital Nasional (kerja sama beberapa kementerian negara) beberapa bulan yang lalu terutama bidang entrepreneurship. Tujuannya membantu masyarakat di era digital saat ini untuk membuka peluang usaha dalam ranah digital.

Jenis Diklat

Adapun jenis pendidikan dan pelatihan (e diklat) entrepreneurship yang diselenggarakan Kominfo antara lain sebagai berikut.

1. Vocational School Graduate Academy (VSGA)
2. Fresh Graduate Academy (FGA)
3. Professional Academy (PROA)
4. Thematic Academy (TA)
5. Goverment Transformation Academy (GTA)
6. Digital Entrepreneurship Academy (DEA)
7. Talent Scouting Academy (TSA)


 

Vocational School Graduate Academy( VSGA)

Program Vocational School Graduate Academy( VSGA) yakni e diklat digital google entrepreneurship program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang ditujukan buat lulusan Sekolah Menengah Kejuruan( Sekolah Menengah Kejuruan(SMK))/ sederajat serta Diploma 3 dan 4 

yang belum bekerja dan memiliki latar balik pendidikan sesuai dengan skema pelatihan entrepreneurship tiap- masing- masing. Program VSGA terdiri dari Bimbingan Teknis dan Sertifikasi yang diselenggarakan secara luring dan Pelatihan Intensif dan Sertifikasi yang diselenggarakan secara daring. 

Bimbingan Teknis dan Sertifikasi( Luring) dan Pelatihan Intensif dan Sertifikasi( Daring) yang bertujuan buat mencetak talenta/ SDM tingkatan teknisi dalam bidang teknologi digital tiap- masing- masing memiliki 10 opsi skema pelatihan. Opsi skema pelatihan dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi( Luring) yakni Junior Network Administrator, Junior Web Pengembang, Junior Mobile Programmer, Junior Graphic Designer, Intermediate Animator( Motion Graphic Artist), Intermediate Multimedia Designer, Drive Tester, Fiber Optic Installation and Activation Technician, Video Editor, dan Data Management Staff. Kebalikannya opsi skema pelatihan dalam penyelenggaraan Pelatihan Intensif dan Sertifikasi( Daring) ialah Junior Network Administrator, Junior Web Pengembang, Junior Mobile Programmer, Junior Graphic Designer, Intermediate Animator( Motion Graphic Artist), Intermediate Multimedia Designer, System Administrator, Aplikasi Quality Control Tester, Cloud Computer Analyst, dan Radio Frequency Engineer. 


Fresh Graduate Academy (FGA)

Program Segar Graduate Academy Digital Talent Scholarship( FGA DTS) ialah e diklat digital google entrepreneurship sebuah program pelatihan kenaikan kompetensi bidang TIK yang bertujuan buat mempersiapkan para lulusan yang belum ataupun tidak lagi bekerja supaya mempunyai kompetensi handal, cocok dengan pertumbuhan ilmu pengetahuan serta teknologi di masa revolusi industri 4. 0 supaya bisa bersaing baik di industri dalam ataupun luar negara.

Pelatihan e diklat digital google entrepreneurship FGA ini diselenggarakan semenjak tahun 2018

dengan bermacam tema pelatihan entrepreneurship. Penyelenggaraan program FGA pada tahun 2021 hendak berlangsung secara daring( online) mencakup pelatihan technical skill serta pengembangan soft skill. Pelatihan FGA berkolaborasi dengan 53 mitra Akademi Besar, Global Technology Company serta Mitra Bimbingan Teknologi. Dimana pada akhir pelatihan partisipan yang penuhi syarat hendak memperoleh peluang menjajaki program sertifikasi cocok dengan tema pelatihan yang diambil.

 

Professional Academy (PROA)

Secara totalitas, penerima khasiat dari entrepreneurship DTS PRO tahun 2021 sebanyak 24. 000 orang partisipan dengan tujuan selaku berikut:

Alih Kompetensi: penuhi kebutuhan sumber energi manusia di bidang TIK serta tingkatkan kompetensi sumber energi manusia Indonesia yang mempunyai kemampuan di bidang profesi tiap- tiap buat mendapatkan kompetensi bonus dan menghasilkan sumber energi manusia yang lebih adaptif serta produktif dengan mengoptimalisasi teknologi;

Tingkatkan Energi Saing: tingkatkan mutu sumber energi manusia di bidang TIK demi memenangkan persaingan di tengah perubahan- perubahan yang berlangsung kilat di multi zona.

 

Thematic Academy (TA)

Program akademik e diklat digital google entrepreneurship dianggap menciptakan tenaga kerja yang terampil dalam TIK (TIK) sehingga Anda dapat meningkatkan produktivitas dan persaingan bangsa di industri 4.0 seperti hari ini. Dalam implementasi, Kementerian Komunikasi dan Informasi mencakup berbagai pihak dari akademisi dan industri, hingga banyak komunitas sesuai dengan setiap masalah. 

 

Goverment Transformation Academy (GTA)

Pelatihan GTA berfokus pada 13 (tiga belas) program pelatihan e diklat digital google entrepreneurship termasuk Get Connected, IT Essentials, Cybersecurity Essentials, WI-lenial, IT Business Analyst, IT Project Management, Digital Public Relations, Social Media Analyst, Business Process Engineer, Manager Network, Young Graphic Designer , Penambangan Data Dasar, Penganalisis Kota Cerdas SNI ISO 37122:2019. GTA juga membuka kelas untuk gaya belajar campuran. Ini merupakan pelajaran khusus bagi K/L/D yang menginginkan pelajaran tersendiri untuk ASN-nya. Syarat yang harus dipenuhi K/L/D adalah penyediaan ruang belajar dengan minimal 4 unit pengajaran dan bila perlu akomodasi bagi peserta. Komitmen Departemen Komunikasi dan Informatika meliputi pendidikan, alat seminar, alat tulis, biaya kuliah, biaya berlangganan, transportasi lokal untuk peserta, biaya kepanitiaan bersama, dan rekening untuk konferensi video.

 

Digital Entrepreneurship Academy (DEA)

e diklat digital google entrepreneurship Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Digital Talent Scholarship Program merupakan program yang dijalankan oleh Badan Litbang Sumber Daya Manusia Departemen Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan mitra dari perusahaan teknologi global, universitas dan startup lokal. Program ini bertujuan untuk menciptakan wirausahawan digital baru (digipreneur) dengan target 22.000 orang guna mempersiapkan top performer di era revolusi industri 4.0.

 

Talent Scouting Academy (TSA)

Talent Academy (TSA) adalah salah satu akademi Digital Talent Scholarship Program (DTS) entrepreneurship 2021. TSA berkomitmen untuk meningkatkan keterampilan dan peluang kelas dunia bagi siswa tahun terakhir terpilih. Program ini untuk siswa kelas 4/Baris 1 senior yang memiliki hasrat, bakat, dan minat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tidak seperti akademi lainnya, TSA juga bekerja sama dengan Kampus Merdeka, yang memiliki sistem kredensial mikro tempat pengajuan divalidasi. Setelah menyelesaikan magang, siswa terpilih dapat menyelesaikan magang dengan perusahaan yang bekerja dengan mitra TSA. Kursus pelatihan Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) yang juga akan diadakan akan mencakup berbagai topik yang relevan dengan kemajuan teknologi TIK dan kebutuhan industri. Topik-topik ini termasuk jaringan, ilmu data, kecerdasan buatan, pemrograman, alat penulisan gamifikasi, dan topik TIK lainnya.


Pendaftaran

 Adapun e diklat digital google entrepreneurship yang saat ini masih dibuka pendaftaran adalah:

1. Google Digital Entrepreneurship 2022 dan terbatas.

Jadwal Pelatihan 08 Feb 22 - 30 Jun 22 dengan Kuota 1000 Peserta.

Tempat Pendaftaran di sini:

 

2. Optimalisasi Media Sosial untuk Pemasaran menggunakan Facebook 

Jadwal Pelatihan e diklat digital google entrepreneurship 11 Feb 22 - 15 Apr 22, Kuota 3000 Peserta. Adapun materinya:

Pelatihan e diklat digital google entrepreneurship Optimasi Media Sosial Facebook merupakan pelatihan bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan pemasaran media sosial. Peserta Pelatihan Kewirausahaan Digital Facebook mempelajari kecerdasan bisnis dan keterampilan digital untuk menerapkan dan meningkatkan teknologi dalam pengembangan bisnis di dunia digital.

Peserta pelatihan akan belajar secara daring/online dalam bentuk Live Session 1 hari bersama trainer dari Facebook Indonesia, dengan materi:

- Intro to Online Marketing

- Intro to FB Business

- Page Content Rules

- Intro to Instagram Business

- Intro to WhatsApp Business

Tempat Pendaftaran di sini:

 

3. GoJek - Literasi Keuangan

Materi pelatihan e diklat digital google entrepreneurship antara lain: Pelatihan pengelolaan keuangan untuk UMKM anak perusahaan Gojek untuk meningkatkan penggunaan sumber daya keuangan dalam pengelolaan usaha.

 

Jadwal Pelatihan 09 Apr 22 - 09 Apr 22 Kuota 1000 Peserta.

Tempat e diklat digital google entrepreneurship Pendaftaran di sini:

 

Buruan daftar. Info selengkapnya dapat mengunjungi url atau web Kominfo https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan-list


Brosur dapat diunduh pada tautan link di bawah ini.

Digital Entrepreneurship Academy (DEA)

 

 

Posting Komentar untuk "Diklat Digital Google Entrepreneurship"