Bongkahan Berlian Nahjul Balaghah pdf - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bongkahan Berlian Nahjul Balaghah pdf

Tepat jika Nahjul Balaghah disebut sebagai bongkahan Berlian mengingat di dalam Nahjul Balaghah pdf  terdapat pidato-pidato dan surat Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah. Di dalamnya terdapat 259 khutbah beliau yang agung. Juga terdapat 79 surat pribadi beliau yang masyhur.

Pada bagian akhir setelah sederetan pidato beliau dan suratnya, di akhiri dengan pesan-pesan beliau tentang: Hikmah dan Nasehat-nasehat Amirul Mukminin Ali as Iman, Kafir, Ragu, dan Dukungannya Tentang Takdir, Tentang Orang-orang yang Menuduh Dunia ini Secara Batil, dan Manusia ada Tiga Jenis, serta Tentang Dakwah.




Berikut cuplikan pidato pertama:

KHOTBAH 1 

Dalam khotbah ini beliau menggambarkan penciptaan bumi serta langit dan kelahiran Adam. 

Seluruh puji untuk Allah yang nilai- Nya tidak bisa dijabarkan, yang nikmat- nikmat- Nya tidak terhitung oleh para penghitung, yang hak- hak- Nya( atas ketaatan) tidak bisa dipadati oleh orang- orang yang berupaya menaati- Nya; orang yang besar keahlian akalnya tidak bisa memperhitungkan, serta penyelam penafsiran tidak bisa mencapai- Nya; la yang buat menggambarkan- Nya tidak terdapat batasan sudah diletakkan, tidak terdapat pujian yang maujud, tidak terdapat waktu diresmikan, serta tidak terdapat jangka waktu didetetapkan. 

la mengadakan ciptaan dengan kodrat- Nya, menebarkan angin dengan rahmat- Nya, serta mengukuhkan bumi yang goyah dengan batu. Pangkal agama yakni makrifat tentang Ia, kesempurnaan makrifat( pengetahuan) tentang Ia yakni membenarkan- Nya, kesempurnaan pembenaran- Nya yakni mempercayai Keesaan- Nya, kesempurnaan iman hendak Keesaan- Nya yakni memandang Ia Suci, serta kesempurnaan Kesucian- Nya yakni menolak sifat- sifatNya, sebab tiap watak ialah fakta kalau( watak) itu berbeda dengan apa yang kepadanya perihal itu disifatkan, serta tiap suatu yang kepadanya suatu disifatkan berbeda dengan watak itu. 

Hingga barangsiapa melekatkan sesuatu watak kepada Allah( berarti) dia mengakui keserupaan- Nya, serta barangsiapa mengakui keserupaan- Nya hingga dia memandang- Nya 2, serta barangsiapa memandang- Nya 2, mengakui 17 bagian- bagian bagi- Nya, serta barangsiapa mengakui bagian- bagian bagi- Nya( berarti) tidak mengenal- Nya, serta barangsiapa tidak mengenal- Nya hingga dia menunjuk- Nya, serta barangsiapa menunjuk- Nya( berarti) dia mengakui batas- batas bagi- Nya, serta barangsiapa mengakui batas- batas bagi- Nya( berarti) dia berkata jumlah- Nya. 

Barangsiapa berkata" dalam apa la terletak",( berarti) dia menganggap kalau la bertempat, serta barangsiapa berkata" di atas apa la terletak" hingga dia berpikiran kalau la tidak terletak di atas suatu yang lain. la Maujud namun tidak lewat fenomena timbul jadi terdapat. la terdapat namun bukan dari suatu yang tidak terdapat. la bersama seluruh suatu namun tidak dalam keakraban raga. la berbeda dari seluruh suatu namun bukan dalam keterpisahan raga. la berbuat namun tanpa konotasi gerakan serta perlengkapan. la memandang sekalipun tidak terdapat dari ciptaan- Nya yang dilihat. la cuma Satu, sedemikian rupa sehingga tidak terdapat suatu yang dengannya la bisa jadi bersekutu ataupun yang bisa jadi la hendak kehabisan sebab ketiadaannya. 




Demikian bongkahan Berlian Nahjul Balaghah pdf  jika anda berminat silakan unduh gratis pada tautan di bawah ini.

Bongkahan Berlian Nahjul Balaghah pdf 



Terima kasih atas kunjungan anda di cocokpedia.net.






Posting Komentar untuk "Bongkahan Berlian Nahjul Balaghah pdf "