Bocoran Bagaimana Mengarang by Habiburrahman Langsung - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bocoran Bagaimana Mengarang by Habiburrahman Langsung

Ada bocoran tentang bagaimana menulis. Bocoran tersebut datangnya dari pengarang AAC atau Ayat-Ayat Cinta yakni Habiburrahman. Panggilan akrabnya Kang Abik. 

Artikel ini saya dedikasikan untuk para pengarang, bukan penulis. Yang bukan pengarang tidak direkomendasikan untuk membaca artikel ini. Minggir!

Setelah anda membaca keseluruhan artikel ini, saya beri hadiah buku e book pdf berjudul Inspirasi - Motivasi Menulis. Bisa diunduh di bagian bawah artikel ini.




Kembali ke bocoran yang disampaikan Kang Abik, berikut bocoran tersebut.

Kang Abik (begitu panggilan Habiburrahman) berkisah bagaimana Kang Abik ikut menangis ketika tokoh yang dikarangnya sedang mendapat cobaan yang berat. Begitu juga dia menjadi geram ketika ada tokoh yang berbuat sewenang-wenang walaupun tokoh yang ia ciptakan dalam karangannya.

Mungkin terdengar aneh atau lucu. Masak yang ngarang cerita yang tau jalan cerita dan tau karakternya ikut sedih atau geram? Tapi, itulah yang benar. Mengarang atau menulis membutuhkan penjiwaan total. Logikanya, bagaimana orang lain mampu teraduk-aduk perasaannya jika penulis atau pengarangnya tidak merasakan?

Penjiwaan yang totalitas berlaku pada semua profesi. Semakin menjiwai seluruh karakter tokoh cerita yang ditulis atau karang, maka semakin hidup cerita yang dikarang, insya Allah.

Apakah juga begitu dengan menulis?

Saya kira, iya!

Ketika seorang penulis atau pengarang berkarya dengan penuh penjiwaan, ia menulis untuk diri kita sendiri, maka yakinlah bahwa orang lain juga bisa merasakan seperti yang penulis aau pengarang rasakan.

Nah, itulah bocoran penting mengenai bagaimana mengarang yang sukses. Terbukti novel AAC laris manis.

Berikut buku e book pdf berjudul Inspirasi - Motivasi Menulis dapat diunduh di bawah ini.

Inspirasi - Motivasi Menulis Habiburrahman




Mengenai bagaimana mengarang atau menulis yang lain dapat anda dapatkan pada tautan di bawah ini, tapi yang utama dari artikel ini adalah yang di atas.

Menulis adalah Buang Hajat


Kiat Menulis Super Merdeka



Baik, terima kasih atas kunjungan anda di cocokpedia.net. Semoga bermanfaat.


Sumber: Hery Mulyo Cahyo

Posting Komentar untuk "Bocoran Bagaimana Mengarang by Habiburrahman Langsung"

  • Bagikan