Survei Capres 2024 Sudah Dimulai Akhir Tahun Ini - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Survei Capres 2024 Sudah Dimulai Akhir Tahun Ini

 


Survei capres 2024 sudah dimulai akhir tahun ini. Beberapa lembaga survey sudah melakukannya dan membagikan hasil pada banyak media berita online. Lembaga survey indikator politik Indonesia telah menemukan wajah-wajah calon presiden bahkan pasangan capres 2024.

Siapa calon presiden 2024 ? Lembaga survey seperti Indonesia Political Opinion (IPO) telah merilis hasil simulasi survei elektabilitas calon presiden 2024. Survey tersebut dilakukan pada 29 November sampai 2 Desember 2021 kepada 1.200 responden. Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling (RMS),sampling error 2,50 persen dengan akurasi 95 persen.

Survei menunjukkan temuan pada tingkat keterpilihan pada 30 dan 15 nama dalam simulasi Pilpres 2024. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pilihan para responden. Faktor tersebut antara lain prestasi, wibawa, kejujuran, ketegasan, religius, dan lainnya. Prestasi menjadi faktor utama dan tertinggi yang mempengaruhi pilihan responden. Dan hasil temuannya diperoleh nama bahwa Gubernur DKI Jakarta saat ini yakni Anies Baswedan ada pada posisi teratas.

Lembaga survei Politika Research & Consulting (PRC) juga menunjukkan hasil temuan capres 2024. PRC mengemukakan hasil temuannya yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menduduki posisi teratas. Secara detil hasil simulasi survey tersebut adalah bahwa elektabilitas Prabowo sebesar 26,9%. Disusul Ganjar Pranowo 23,2%, Anies Baswedan 16,7%, Ridwan Kamil 6,2%, Sandiaga Salahuddin Uno 5,2%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 4,6%, Khofifah Indarparawansa 3,1%, Erick Thohir 2,3%, Puan Maharani 1,1%, dan Airlangga Hartarto 0,5% (sumber https://nasional.sindonews.com/)

Lembaga survei lainnya yakni Development Technology Strategy (DTS) juga tak kalah kerja. DTS menunjukkan hasil simulasi surveynya bahwa Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, elektabilitasnya paling tinggi sebagai capres 2024. Direktur Eksekutif DTS, Ainul Huda: Ganjar menempati urutan pertama dari 21 nama kandidat presiden 2024. Ganjar memiliki elektabilitas 20,4 persen pada simulasi hasil DTS.

Siapakah capres 2024 terkuat ? Tidak bisa dipastikan. Dari hasil simulasi dari 3 lembaga survey besar di atas ketiga-tiganya tidak sama. Menurut lembaga survei capres 2024 bahwa Anies Baswedan (versi IPO) yang teratas, PRC mendudukkan Prabowo Subianto teratas, dan DTS menyebut Ganjar Pranowo yang teratas. Wallahu a’lam. Hanya saja jika Prabowo Subianto tidak menang lagi dalam Pilpres (jika ia dicalonkan lagi) tidak menang telak, maka pukulan batin yang luar biasa baginya telah kalah tiga kali dalam pilpres.

Infografis hasil survey

Sumber https://www.republika.co.id/

Sumber gambar sampul https://zonasurabayaraya.pikiran-rakyat.com/

 

 

 

Posting Komentar untuk "Survei Capres 2024 Sudah Dimulai Akhir Tahun Ini"

  • Bagikan