Sosial Agency Filosofi: Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2021 - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosial Agency Filosofi: Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2021

 


Sosial Agency Filosofi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional diperingati setiap 20 Desember dan bersamaan dengan Hari Solidaris Kemanusiaan Internasional. Sangat cocok. Seperti apa filosofi peringatan tersebut? Sebelumnya sejenak kita bahas sejarah singkat mengapa tercetus Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. Berikut lini masa sejarah tercetusnya Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.


Lini Masa Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

1949 > Kementrian Sosial berupaya memulihan kesejahteran masyarakat dampak dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jadi Hari Sosial.

1976 > Hari Sosial diganti menjadi Hari Kebaktian Sosial oleh Mensos Moeljadi Djojomartono.

1983 > Hari Kebaktian Sosial berubah menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.

Berdasarkan buku panduan pdf yakni pedoman identitas visual yang dibagikan oleh kementerian sosial RI menyebutkan tentang filososi dari Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional atau semacam janji setia atau loyal quote. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

               

Genggaman solidaritas

Genggaman yang solid seperti menjaga rasa saling percaya antar satu dan yang lainnya dengan menjunjung tinggi tujuan bersama. Ini bermakna setia yang mendalam (loyal).


Sinergi dalam perbedaan

Bercermin kepada slogan Bhinneka Tunggal Ika, bahwasannya walaupun berbeda namun tetap satu jua. Seluruh kalangan baik dari yang muda maupun yang tua saling bersinergi di tengah perbedaan hingga dapat menciptakan gelombang semangat persatuan.


Menyongsong satu tujuan

Di antara keberagaman masyarakat Indonesia hanya ada satu tujuan konkret yang hendaknya diwujudkan secara bersama yaitu untuk terus mempertahankan keutuhan dan persatuan Indonesia.


Bersatu

Hendaknya untuk dapat mewujudkan segala cita-cita dan harapan bangsa yaitu dengan bersatu. Memiliki visi, misi, cita, dan asa yang satu dan mengedepankan kepentingan bersama daripada pribadi agar tujuan bersama dapat tercapai.

 

Itulah filosofi atau semacam loyal quotes dari Sosial Agency Filosofi dan dibangun dan disosialisasikan untuk Indonesia lebih setia dan lebih maju secara bersama-sama dalam satu tujuan Indonesia Jaya Bahagia dan Selamat Sentosa.

Buku panduan pdf yakni pedoman identitas visual oleh Kementerian Sosial RI 2021 dapat diunduh di bawah ini.


Download di Sini


 



Sumber gambar logo resmi:
https://kemensos.go.id/logo-dan-panduan-visual-hari-kesetiakawanan-sosial-nasional-hksn-tahun-2021

Posting Komentar untuk "Sosial Agency Filosofi: Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2021"