Soal Berisik atau Bising pun Diatur oleh Negara - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Berisik atau Bising pun Diatur oleh Negara



Iya benar. Soal Berisik atau bising pun diatur oleh negara. Hal ini terjadi di negara-negara Eropa, Amerika, dan Australia. Contoh sederhana mengenai seks. Seksnya boleh bagi mereka, tapi berisik melakukan seks dapat membawa pelakunya ke kepolisian dan pengadilan karena berisik termasuk gangguan sosial. Berisik mengganggu ketentraman tetangga. Mereka yang berisik dapat dikenai sanksi hukum atau denda. Mereka akan digugat dengan pasal mengganggu kenyamanan, pasal mengganggu kenyamanan tetangga, pasal mengganggu kenyamanan rumah tangga orang lain,  tentu dengan undang undang gangguan kebisingan.

Kalau di tanah air, di kampung kita, setiap pagi dan sore ada lomba putar musik kenceng-kenceng. Bebas saja tidak ada yang menuntut. Paling sekedar menggerutu atau misuh. Tengkar pun di tempat kita bikin ribut sampai suaranya sampai ke rumah tetangga beberapa rumah bahkan. Tetangga malah mendengarkan karena mungkin dianggap ada hiburang gratis, atau lomba tidur ngorok kenceng-kenceng, tapi tidak di negara Eropa, Amerika, dan Australia. Tingkat keberisikan dan kebisingan diatur oleh negara.

Begitu pula soal pendirian mesjid di Eropa, Amerika, dan Australia. Negara-negara yang disebutkan ini bukan anti Islam, tapi ketika ada proposal pendirian mesjid, mereka punya pertimbangan khusus. Pertimbangan tersebut pertama, mereka akan mengatakan bahwa boleh mendirikan mesjid, tapi jangan di dekat rumah saya. Mengapa? Alasannya karena mereka tidak mau bising atau berisik. Kedua, karena harga tanah atau rumah yang dekat dengan mesjid akan turun drastis. Itulah dua alasan utama mereka tidak bersedia mesjid didirikan di dekat rumah mereka, tapi sekali lagi bukan tidak boleh.

Nah, beda banget dengan di negara kita. Mesjid berderet dan nyaring-nyaringan mengumandangkan adzan. Jarak mesjid di negara kita sangat berdekatan. Mesjid baru juga berlomba-lomba didirikan. Bahkan, di banyak tempat banyak kotak amal tersedia. Banyak pula orang-orang yang menyetop atau memperlambat laju kendaraan untuk aksi amal mesjid.

Salah satu contoh sulitnya pendirian mesjid karena dua alasan tersebut terjadi di Kota Murfreesboro, Negara Bagian Tennessee. Mereka tidak bisa beribadah selama Ramadan tahun ini karena izin operasi masjid mereka masih dibahas pengadilan. Apalagi mau bangun mesjid di Prancis yang notabene anti Islam, angel angel.

Kembali ke soal berisik atau bising, negara-negara di Eropa, Amerika dan Australia, sangat menjaga dengan aturan hukum mengenai keberisikand dan kebisingan yang bisa mengganggu. Kentut pun jika menggunakan pengeras suara akan dituntut ke pengadilan. Berbeda sekali dengan di tempat kita. Di mana saja boleh kentut keras-kerasan. Knalpot motor pun dibuat seberisik dan sebising mungkin sehingga tetangga bisa mengumpat. Dan satu hal lagi di tempat kita bebas membunyikan klakson bahkan dibuat mainan dipencet berkali-kali sesuka hati.

 

 Sumber foto: https://spek-laptop.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Soal Berisik atau Bising pun Diatur oleh Negara"

  • Bagikan