SE31 Kemenag untuk Perayaan Natal saat Pandemi Covid-19 - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SE31 Kemenag untuk Perayaan Natal saat Pandemi Covid-19

 


Perayaan Natal tahun 2021 diatur khusus oleh Surat Edaran dari Kementerian Agama RI nomor 31 Tahun 2021 (SE31) tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Perayaan Natal Tahun 2021. Dalam surat edaran (SE) tersebut diatur secara lengkap mekanisme perayaan Natal tahun ini.

Beberapa kutipan dari naskah Surat Edaran nomor 31 (SE31) tersebut adalah sebagai berikut. Perayaan Natal Tahun 2021 selama Pandemi Covid-19 diselenggarakan berdasarkan ketentuan berikut:

Melaksanakan pengetatan, pengawasan prokes, di gereja/tempat dengan memberlakukan kebijakan PPKM level 3 tiga.

Terbentuknya Satuan Tugas Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 oleh Gereja dan berkoordinasi dengan satgas Covid-19 Daerah.

Pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal:  dilakukan secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan serta menekankan persekutuan di tengah-tengah keluarga; dilaksanakan pada ruang terbuka; bila diselenggarakan di gereja, laksanakan secara hybrid, jumlah umat yang berkegiatan Perayaan Natal tidak melebihi 50% dari kapasitas ruangan.

Penyelenggaraan perayaan Natal, pengurus dan pengelola gereja berkewajiban menyediakan petugas pelaksanaan Protokol Kesehatan 5M; menyediakan alat pengecek suhu, melakukan pemeriksaan suhu tubuh  (thermogun); menyediakan hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan, melakukan pembersihan dan disinfeksi; menggunakan aplikasi PeduliLindungi;  mengatur arus mobilitas jemaat keluar masuk gereja; dan sebagainya.

 

Itulah cuplikan isi SE31 Kemenag untuk Perayaan Natal saat Pandemi Covid-19. Surat tersebut ditembuskan kepada: 1. Para Menteri; 2. Para Kepala/Ketua Lembaga Pemerintah Non-Kementerian; 3. Panglima Tentara Nasional Indonesia; 4. Kepala Kepolisian Republik Indonesia; 5. Gubernur dan Bupati/Wali Kota; 6. Para Pimpinan Badan Usaha Milik Negara/Daerah, Desa, dan Swasta. 


SE 31 Selengkapnya bisa diunduh pada tautan di bawah ini.

💜 SE31 Perayaan Natal saat Pandemi Covid-19 💜 




Sumber: https://www.kemenag.go.id/
Sumber gambar: https://www.kemenag.go.id/

Posting Komentar untuk "SE31 Kemenag untuk Perayaan Natal saat Pandemi Covid-19"

  • Bagikan