Kiat Menulis Super Merdeka - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Menulis Super Merdeka





Saya menemukan buku bagus, gratis. Buku ini saya bagikan melalui postingan ini. Buku ini hanya diperuntukkan anda-anda yang berniat dan suka menjadi penulis. Dan syarat wajib menjadi penulis harus dipenuhi yakni suka membaca dan berlatih menulis.

Berikut cuplikan dari sejumlah 354 artikel tentang merdeka menulis. Di dalamnya memuat tentang kisah-kisah dan kiat bagaimana memulai menulis hingga benar-benar sukses menulis. Penulis dalam buku yang berjudul Kita Menulis: Merdeka Menulis adalah para dosen dari seluruh universitas se Indonesia. Keren.

Berikut salah satu cuplikan dari sejumlah artikel di dalamnya.


Yuk, Tulis Imajinasimu
Annisa Ilmi Faried Universitas Pembangunan Panca Budi

Semua orang berusaha untuk menjadi kreatif, inovatif serta ingin menjadi original (asli) dalam menulis sesuatu. Kreativitas dapat diungkapkan dalam berbagai cara, tentu saja dapat dipelajari dan dipertajam seperti keterampilan lainnya. Di dunia yang semakin modern, tidak ada ruang untuk terlihat membosankan. Sebuah pikiran pintar dan inovatif membuka pintu kesuksesan. Ada yang mengatakan bahwa orang yang berotak kanan lebih kreatif sementara orang yang berotak kiri lebih analitis. Padahal jika kita menggunakan kedua sisi otak kita tentu saja semua bisa menjadi kreatif hanya tidak diasah dari waktu kita kecil.

Tahukah kamu bahwa sumber daya yang tidak terbatas itu berasal dari imajinasi yang tanpa disadari tidak pernah kita gali, kembangkan maupun diperhatikan. Seorang penulis bukan saja harus memiliki pengetahuan tetapi juga memiliki imajinasi. Tentu saja pengetahuan dapat diperoleh dengan membaca banyak buku, tetapi imajinasi terletak di dalam diri kita melalui buku yang di baca. Dengan memiliki imajinasi kita memiliki bakat mengilustrasikan atau membayangkan dunia kita sendiri dan hidup dalam mimpi kita dengan sesuatu yang sangat menarik dengan hal yang tidak terduga yang akan membuat cerita lebih menarik untuk dibaca, serta dapat menunjukkan pikiran dan ide dalam cerita yang berasal dari imajinasi yang kita bangun.

Kadang banyak pertanyaan yang muncul dari benak saya apakah bisa mengeluarkan imajinasi yang ada di pikiran ini melalui tulisan-tulisan, kenapa mereka bisa saya tidak bisa melakukannya, apakah kalimat yang 26 Kita Menulis: Merdeka Menulis ingin saya sampaikan dapat dipahami oleh orang lain tanpa bermaksud untuk tidak menyinggung, apakah kalimat ini bagus, bagaimana caranya saya bisa menjadi penulis yang bisa menulis, apakah tulisan ini menarik untuk dibaca, inilah yang sering menjadi pertimbangan setiap saya menulis. Tindakan untuk menghindari tulisan menjadi tindakan dasar untuk melindungi diri dari kritikan pedas orang lain. Ketakutan akan menulis coba saya hilangkan dari dalam diri saya sendiri setiap kali saya akan menuliskan sesuatu.

Ternyata persepsi selama ini bisa dipatahkan, di sinilah diperlukan wadah untuk menarik kreativitas keluar, mengasah serta menggunakannya dengan baik. Saya bisa menemukan lebih banyak ide yang saya dapat dengan cara bagaimana saya memandang suatu permasalahan yang ada. Terus menerus menuliskan ide gagasan yang barangkali atau mungkin tidak akan pernah membuatnya menjadi sebuah cerita, tetapi menyakinkan saya bahwa ide itu hanya permulaan dari judul yang ingin dibuat. Peliharalah imajinasi menjadi inspirasi untuk sesuatu yang hanya diri kita rasakan tapi tidak mampu untuk diungkapkan. Tuangkan saja imajinasimu melalui tulisan-tulisan. Jangan pernah bosan, asah terus kemampuan menulismu dengan rajin menulis. Karena kunci untuk menulis adalah gunakan imajinasimu sebagai pendorong kreativitasmu. Tanpa imajinasi kita tidak dapat berfungsi secara emosional, ini yang membedakan kita dengan orang lain.

Catatan hari ini adalah berlatihlah terus dalam menulis dan menulis secara teratur. Jika kita terus melakukannya tulisan kita akan menjadi lebih baik setiap kali akan menulis. Imajinasi akan terbuka dan pikiran akan dipenuhi dengan ide dan gagasan yang baik. Inilah salah satu cara melalui latihan menulis kreatif. Jangan berkecil hati, tidak semua orang akan menghargai dedikasimu, tetapi jika kamu terus berjalan kamu akan menemukan banyak orang yang akan menghargai usaha kamu. Yuk mulai hari ini mari bersama memupuk pikiran yang imajinatif, terbuka untuk semua kemungkinan, seimbang, penuh pengetahuan, maka kreativitas kita akan mulai berkembang.


Ini kalau mau dibaca langsung.


Dan ini kalau mau dimiliki. Download langsung dan gratis. Cukup bilang terima kasih kepada para penulisnya dan kepada saya. Hehehe. Dalam hati juga tidak apa-apa.


Kita Menulis: Merdeka Menulis

Download di Sini



Sumber:

https://kitamenulis.id/unduh-file/ 

 








Posting Komentar untuk "Kiat Menulis Super Merdeka"

  • Bagikan