Kalender Sejarah Dunia Bulan Januari tanggal 1-5 [Eksklusif] - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalender Sejarah Dunia Bulan Januari tanggal 1-5 [Eksklusif]



Kalender sejarah dunia pada postingan ekslusif ini memuat tentang catatan peristiwa sejarah dunia, hari hari besar dunia, hari hari besar internasional, yang terjadi dan tak jarang yang berulang seperti layaknya siklus rantai sejarah. Kalender sejarah ini memuat hari besar bulan Januari, hari besar bulan Februari, hari besar bulan Maret, hari besar bulan April, dan seterusnya. 

Postingan kalender sejarah dunia akan secara bertahap dibagikan sebagai pengetahuan tambahan bahwa sejarah itu sering berulang. Yang eksklusif pada postingan ini adalah salah satunya tentang sejarah pertama kali tahun baru Masehi dirayakan. Tiap postingan mengenai kalender sejarah dunia ini akan dibagikan per 5 tanggal peristiwa sampai bulan Desember. 

Artikel ini juga memuat sejarah kalender masehi dan hijriyah, sejarah kalender hijriyah, sejarah tahun masehi menurut Islam, kalender pertama di dunia, penemu kalender hijriyah, dan sebagainya. kalender sejarah islam


Barang tentu juga postingan artikel yang secara periodik ini akan berisi kalender sejarah indonesia berdasarkan peristiwa sejarah yang telah tertulis. Juga memuat sejarah kalender jawa, sejarah kalender saka, sejarah kalender cina, dan sebagainya. Selamat membaca. Terima kasih atas kunjungannya semoga artikel kalender sejarah dunia ini bermanfaat.


1 Januari

1 Januari Pertama Kali Dirayakan Sebagai Tahun Baru

1 Januari 45 SM 1 Januari diperingati sebagai Hari Tahun Baru untuk pertama kalinya dalam sejarah. Tak lama setelah penobatan Julius Caesar sebagai Kaisar Romawi, ia memutuskan untuk menggunakan kalender Romawi tradisional, yang dimulai pada abad ke-7 SM. Berlaku untuk menggantikan. Dalam merancang kalender baru ini, Julius Caesar membantu astronom Aleksandria Sosigenes, yang menyarankan untuk mengadaptasi kalender baru setelah revolusi matahari, seperti yang dilakukan orang Mesir. Setahun dalam kalender baru adalah 365 perempat, dan Caesar menambahkan 45 SM. 67 hari ditambahkan, sekitar 46 SM. Untuk membuat. Dimulai dari 1 Januari. Caesar juga memerintahkan satu hari ditambahkan ke Februari setiap empat tahun, yang secara teori dapat mencegah penyimpangan dari kalender baru. Sesaat sebelum pembunuhan Caesar pada tahun 44 SM Dia mengubah nama bulan Quintilis menjadi namanya sendiri Julius. Nama Sextilis kemudian diubah menjadi penerus Julius Caesar, Kaisar Agustinus.

Haiti Merdeka

Pada 1 Januari 1804, Haiti menjadi negara Amerika Latin pertama yang mencapai kemerdekaan. Haiti telah dijajah oleh Spanyol sejak abad ke-17 dan kemudian diteruskan ke Prancis. Prancis memiliki banyak budak Afrika di Haiti. Pada 1793, budak Haiti, yang dipimpin oleh L'Ouverture, memberontak melawan pendudukan Prancis. L'Ouverture kemudian menghapus perbudakan di Haiti dan menyusun konstitusi. Namun, ia kemudian ditangkap oleh pasukan Napoleon dan dieksekusi di Prancis. Kemudian Jenderal Desalgen melanjutkan pertarungannya. Haiti memperoleh kemerdekaan pada tahun 1804 dan Desalin dimahkotai sebagai kaisar. Namun, Desalgen dibunuh tak lama setelah itu, dan Haiti telah terlibat dalam beberapa krisis politik sejak saat itu.
Amerika Serikat menguasai Haiti pada tahun 1905-1934, tetapi terpaksa meninggalkan Haiti karena perlawanan rakyat. Namun, Amerika Serikat terus ikut campur dalam urusan internal Haiti. Pada tahun 1994 Amerika Serikat menginvasi Haiti dengan 20.000 tentara dengan dalih membantu militer Haiti menggulingkan Presiden Jean-Bertrand Aristide. Amerika Serikat masih mempertahankan pangkalan militer di Haiti hingga hari ini.


Australia Merdeka

Pada tanggal 1 Januari 1901, imigran Eropa di Australia memperoleh kemerdekaan dari Inggris Raya dan hari ini adalah Hari Kemerdekaan Australia. Para imigran Eropa yang datang ke Australia pada tahun 1606 adalah orang Belanda. Tetapi pada akhir abad ke-18 Inggris menduduki benua itu, mengubahnya menjadi tanah tandus bagi para penjahat. Tambang emas ditemukan di Australia pada pertengahan abad ke-19 hingga benua tersebut dipenuhi oleh pendatang. Para imigran sejak itu berjuang untuk kemerdekaan mereka untuk memerintah Australia secara independen dari kendali Inggris. Meskipun Australia sekarang merupakan negara merdeka, ia tetap menjadi anggota Persemakmuran Inggris.

Sudan Merdeka


Pada 1 Januari 1956 Sudan memperoleh kemerdekaan dari Mesir dan Inggris Raya. Kedua negara bersaing untuk menguasai wilayah Sudan, tetapi pada tahun 1899 Inggris dan Mesir akhirnya menandatangani kesepakatan tentang pengendalian bersama atas Sudan. Berdasarkan perjanjian ini, gubernur Sudan dipilih oleh pemerintah Mesir dengan persetujuan Inggris. Kesepakatan antara Inggris Raya dan Mesir terjadi setahun setelah penindasan terhadap perjuangan rakyat Sudan yang dipimpin oleh Sheikh Mohammed bin Ahmed. Semangat kemerdekaan Sudan kembali pecah pada pertengahan abad ke-20, dan akhirnya pada tahun 1956, Inggris dan Mesir secara resmi mengakui kemerdekaan Sudan.

Daru Quthni Meninggal Dunia

8 Dzulqa’dah 385 Ali bin Umar Daru Quthani, seorang penulis yang mengkhususkan diri dalam hadis dan hukum Islam, meninggal di Bagdad. Setelah menyelesaikan sekolah dasar, Darqatani melakukan perjalanan ke Mesir dan Suriah untuk belajar. Di Qatani ia tidak hanya menguasai hadits dan fiqih, tetapi juga menguasai sastra dan puisi. Di antara karya-karya yang ditinggalkan Dar al-Ghatsani adalah sebuah buku dari kumpulan hadits yang berjudul “Sunan in al-Ghatsani”. Karyanya yang lain berjudul "Al-Mutakalif wa Al-Mutlaf".

2 Januari

Isaac Asimov Lahir

02 Januari 1920 - Isaac Asimov, seorang penulis dan ahli kimia Rusia yang terkenal di dunia, lahir. Asimov sangat tertarik dengan kimia dan menerima gelar PhD di bidang ini. Namun, yang membuat Asimov lebih dikenal daripada ilmuwan lain adalah kemampuannya dalam menjelaskan topik-topik ilmiah dalam bahasa yang sederhana kepada khalayak, terutama kaum muda dan remaja. Asimov telah menulis 280 judul mulai dari fiksi ilmiah, thriller kriminal, matematika, dan banyak lagi.
Karya Asimov adalah fiksi ilmiah, termasuk "An Amazing Journey" dan "Pebble in the Sky". Karya ilmiahnya meliputi "Encyclopedia of Biography of Asimov Science and Technology" dan "Kronologi Asimov Science and Exploration".

Kotak Pos Modern Pertama

161 tahun yang lalu, pada tanggal 2 Januari 1843, sistem pos yang kita kenal pertama kali dioperasikan. Kotak surat pertama di dunia dipasang di Wina, Austria. Di masa lalu, surat dikirim oleh kurir dengan kuda, unta, dan kapal.

Patrice Lumumba Lahir

79 tahun yang lalu, pada 2 Januari 1925, lahirlah Patrice Lumumba, pemimpin perjuangan kemerdekaan Kongo melawan kolonialisme Belgia. Setelah kemerdekaan, orang-orang Kongo mendirikan Republik Demokratik Kongo pada tahun 1960. Lumumba kemudian terpilih sebagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan. Namun, tak lama setelah kemerdekaan, beberapa orang Kongo di wilayah Katanga menyatakan perpisahan mereka sambil memprovokasi negara-negara barat, khususnya Belgia dan Amerika Serikat. Sebagai Perdana Menteri, Lumumba mencoba menstabilkan situasi, tetapi tidak berhasil karena pasukan pemerintah dan tentaranya lebih stabil daripada kuat. Lumumba kemudian meminta PBB untuk mengusir tentara Belgia dan menstabilkan situasi. Namun, PBB tidak berbuat banyak untuk memungkinkan Katanga meninggalkan negara itu. Lumumba akhirnya meminta bantuan Uni Soviet dan mendesak negara-negara Afrika lainnya untuk bersekutu dengannya melawan imperialisme Barat. Langkah Lumumba telah menimbulkan kekhawatiran di antara negara-negara Barat dan Presiden Kongo yang pro-Barat, Kasawobo. Lumumba akhirnya dipecat dan akhirnya dibunuh.

Publius Ovidius Naso Meninggal

Sebelum 1934, pada 2 Januari 1969, Publius Ovid dari Nassau, lebih dikenal sebagai Ovid, penyair Romawi yang terkenal, meninggal. Ia lahir pada 20 Maret 43 SM. Lahir satu tahun setelah kematian Julius Caesar. Ayah Ovid ingin dia menjadi politisi, tapi Ovid lebih suka sastra. Ovid telah membaca puisinya di depan umum sebelum dia berusia 20 tahun. Ketika Ovid berusia tiga puluh tahun, ia menjadi penyair Romawi paling sukses pada masanya. Kesuksesannya berlangsung hingga dia berusia 50 tahun ketika Kaisar Agustinus mengasingkannya untuk alasan yang masih belum diketahui. Selama pengasingannya di kota Laut Hitam Thomas, Ovid menulis puisi tentang keterasingan.
Publius Ovid dari Nassau adalah penyair paling berpengaruh pada Abad Pertengahan, dan banyak penyair besar pada periode selanjutnya, termasuk William Shakespeare dan John Milton, dipengaruhi oleh puisinya.

Nashir Khusrou Qabadian Lahir

1030 tahun yang lalu, pada hari kesembilan Dhi Al-Qaeda pada tahun 394 M, Nasir Khosrow Ghobdian, seorang penyair dan penulis Iran yang terkenal, lahir di kota Balkh, sekarang bagian dari Afghanistan. Nasser Khosrow mempelajari berbagai ilmu sejak kecil dan menghafal Alquran. Selain menguasai sastra Persia, Nasir Khosrow juga menguasai ilmu hitung, teknik sipil, astronomi, kedokteran, farmakologi, dan teologi.
Kehidupan Nashir Khosrow penuh dengan lika-liku. Pertama dia bekerja sebagai sekretaris di pemerintahan Mahmoud dan Massoud Ghaznavi. Namun, setelah Nasser Khosrow berubah pikiran, dia berhenti dari politik dan mulai meneliti agama. Dia juga melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Hasil perjalanannya dicatat dalam kitab "Safarnameh". Masih banyak karya lain yang ditinggalkannya, seperti "Vajeddin" dan "Roshan Nay Nama".


3 Januari


Pietro Metastasio Lahir

306 tahun yang lalu, pada 3 Januari 1698, seniman Italia terkenal Pietro Metastasio lahir di Roma. Ia tumbuh bersama ayah tirinya, seorang hakim yang mengakui bakat seninya. Metastasio lebih tertarik pada teater dan pada usia empat belas tahun Metastasio mampu menulis tragedi pertamanya Justin. Selain itu, Metastasio semakin terlibat dalam dunia seni teater dan menghasilkan setidaknya 1.800 karya selama hidupnya, termasuk skrip untuk opera besar dan balet serta skrip untuk festival dalam bentuk campuran dialog dan musik.

Metastasis terinspirasi oleh mitos atau sejarah dan sering kali menggambarkan kehidupan kuno berbagai bangsa. Pietro Metastasio meninggal pada tahun 1782.


Pesan Imam Khomeini Kepada Gorbachev

Lima belas tahun yang lalu, pada tanggal 3 Desember 1988, Imam Khomeini, pemimpin Revolusi Islam di Iran, mengirim surat kepada Mikhail Gorbachev, presiden terakhir Uni Soviet. Dalam surat ini, Imam Khomeini mendesak Gorbachev untuk menyingkirkan Marxisme dan masuk Islam. Imam Khomeini (ra) menunjukkan keberatan dari sistem sosialis dengan argumen yang jelas dan tepat. "Yang benar harus dikatakan bahwa masalah utama negara Anda bukanlah properti, ekonomi, dan kebebasan, masalah utama Anda adalah ketidakpercayaan kepada Tuhan, yang juga memengaruhi negara-negara barat," tulisnya. Kepercayaan Barat pada Tuhanlah yang telah memimpin atau sekarang akan membawa mereka ke jalan buntu. "Masalah utama Anda adalah perjuangan panjang dan sia-sia dengan Tuhan dan Pencipta semua makhluk."

Imam Khomeini menulis dalam disertasinya: “Jelas bagi semua orang bahwa mulai sekarang komunisme harus dicari di Museum Sejarah Dunia Politik. Saya harap Anda mempelajari Islam dengan serius, ini bukan karena Islam dan Muslim membutuhkan Anda. “Tetapi karena nilai-nilai Islam yang tinggi dan universal, dapat menjadi sarana kemakmuran dan kebebasan bagi semua bangsa.”

Prediksi Imam Khomeini tentang runtuhnya rezim komunis ditegaskan dalam surat ini tiga tahun kemudian, yaitu pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991.

Dinasti Samania Hancur

1035 tahun yang lalu, pada tanggal 10 Dhi Al-Qaeda tahun 389 M, dinasti Samanid, yang berdiri selama 128 tahun di Khorasan, Asia Tengah dan sebagian Iran tengah, dihancurkan oleh Ilik Khan. Ilik Khan adalah salah satu budak Turki yang berhasil melumpuhkan kerajaan dengan mempengaruhi pemerintahan Samanid.
Selama masa pemerintahannya, raja-raja dinasti Samanid melakukan upaya besar untuk menyerang kota-kota di negara mereka. Mereka mengembangkan ilmu pengetahuan dan sastra dan menghargai para sarjana. Banyak pusat ilmiah kemudian dibangun di berbagai kota. Setelah kehancuran dinasti ini, dinasti Ali Buyeh dan dinasti Turki yang disebut Ghaznawi mengambil alih kekuasaan di Iran.

Perjanjian Start II Ditandatangani

Sebelas tahun yang lalu, pada tanggal 3 Januari 1993, Presiden Rusia Boris Yeltsin dan Presiden AS George W. Bush menandatangani perjanjian yang disebut "Second Start". Perjanjian tersebut memberikan pengurangan drastis dalam persenjataan ofensif strategis kedua negara menjadi dua pertiga. Kontrak ini merupakan kelanjutan dari kontrak "First Start" yang ditandatangani pada tahun 1987 oleh Ronald Reagan dan Michael Gorbachev. Dalam perjanjian pertama, kedua negara sepakat untuk menghancurkan rudal jarak pendek mereka.

Sabth Mardini Lahir

598 tahun yang lalu, pada tanggal 10 Zul-Qa'dah tahun 826 M, hari Sabat seorang astronom dan matematikawan Muslim lahir di kota Damaskus. Menurut sejarawan, tulisan Spot Mardini berisi 32 judul, beberapa di antaranya masih dilestarikan dengan tangan. Di antara karya Sabta Mardini adalah sebuah buku berjudul The Accuracy of Truth, sebuah buku tentang matematika.



4 Januari

Isaac Newton Lahir

4 Januari 1642 Fisikawan dan matematikawan Inggris lahir dalam keluarga petani. Pada awalnya, Newton tidak berhasil dengan baik di sekolah. Namun, setelah masuk ke Universitas Cambridge, ia menunjukkan keterampilan luar biasa dalam matematika dan fisika. Pada usia dua puluhan, Newton membuat penemuan pertamanya, teori pembiasan cahaya. Dalam teori ini, Newton menemukan bahwa putih sebenarnya adalah kombinasi dari warna pelangi. Selain itu, Newton membangun teleskop reflektor pertama di dunia. Penemuan menakjubkan Newton ada di mekanika. Ada tiga teori utama yang dikemukakan Newton dalam bidang ini, yang pertama adalah bahwa suatu benda bergerak karena adanya gaya luar. Kedua, teori bahwa setiap gerakan menghasilkan gerakan proporsional dalam arah yang berlawanan. Dan ketiga, teori gravitasi. Semua teori mekanika Newton ini telah digunakan oleh manusia untuk menjawab hampir semua masalah alam.

Myanmar Merdeka

4 Januari 1948 - Myanmar, sebelumnya dikenal sebagai Burma, memperoleh kemerdekaan dari Inggris Raya. Negara-negara Eropa, termasuk Inggris Raya, Belanda, dan Prancis, telah memperjuangkan sumber daya alam Myanmar yang kaya sejak abad ke-16. Setelah dua perang besar antara rakyat Myanmar melawan penjajah, Inggris secara resmi menguasai Myanmar pada pertengahan abad ke-19 dan menyatukan Myanmar dengan India. Selama Perang Dunia Kedua, Jepang menduduki Myanmar. Rakyat Myanmar memanfaatkan masa pendudukan Jepang ini untuk mengorganisir gerakan kemerdekaan dengan dibentuknya Anti-Fascist Union of the Free People (AFPFL) di bawah pimpinan Aung San. Setelah kehilangan Jepang, Inggris kembali ke Myanmar, namun setelah menyadari bahwa militer Filipina sangat berpengaruh terhadap penduduk, Inggris akhirnya setuju untuk menyerahkan kemerdekaan kepada Myanmar. Dalam pemilihan umum pertama di Myanmar pada tahun 1947, anggota AFPFL dipilih oleh mayoritas anggota parlemen. Tapi Aung San segera dibunuh oleh lawan politiknya. Pengganti Aung San adalah Presiden AFPFL U Nu, yang kemudian terpilih sebagai Perdana Menteri pertama Myanmar.

Imam Ridha a.s. Lahir

11 Dzulqa’dah 138 H, Imam Ali bin Musa al-Reza (as), Imam kedelapan umat Islam dan dari generasi Rasulullah, damai dan berkah Allah besertanya, dari generasi ketujuh. Lahir di dunia di Madinah. Sepeninggal ayah Imam Reza, Imam Musa al-Kadhim (as), Imam Reza melanjutkan tugas ayahnya sebagai pemimpin dan guru umat Islam. Khalifah Mamun dari dinasti Abbasiyah yang berkuasa saat itu, prihatin dengan pengaruh Imam Reza di kalangan umat Islam. Khalifah Mamun mengangkat Imam Reza putra mahkota untuk membangkitkan simpati rakyat dan legitimasi pemerintahannya. Imam Reza juga terpaksa meninggalkan kota dan tinggal di Merv di timur laut Iran agar Khalifah Ma'mun dapat dengan mudah mengontrol perilaku Imam Reza. Namun keinginan Mamun untuk menghilangkan pengaruh Imam Reza terhadap umat Islam tidak dikabulkan. Tingginya keimanan, ilmu dan etika Imam Reza menciptakan pengaruh yang besar di kalangan masyarakat Khorasan dan masyarakat mengakui hakikat Ahlul Bayt Rasulullah saw. Untuk menghancurkan popularitas Imam Reza di masyarakat, Mamun mengundang beberapa tokoh agama untuk berdiskusi dengan Imam Reza. Namun puncak ilmu Imam Reza (AS) menyebabkan para pemuka agama menyadari realitas Imam Reza. Akhirnya Mamun memutuskan untuk membunuh Imam Reza pada tahun 203 H dengan meracuninya. Dari hadits Imam Reza AS. Begini: "Orang yang datang kepadaku di hari kiamat adalah orang yang lebih baik akhlaknya di dunia dan lebih dermawan kepada keluarganya."

Syaikh Mufid Lahir

11 Dzulqa’dah 336 AH Muhammad ibn Muhammad, dipanggil "Syekh Mufid", seorang sarjana Muslim dan pengacara besar, lahir di Baghdad. Ia tumbuh dalam keluarga yang sangat mencintai ilmu dasar dan pendidikan Syekh Mofid dari keluarganya. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya dengan mencari ilmu dari para ulama terkemuka saat itu. Salah satu gerakan intelektual Syekh Mofid adalah diskusi dengan ulama berbeda agama. Melalui diskusi ini, Syekh Mofid mengembangkan teologi, hukum, dan perbandingan agama di kalangan umat Islam. Syekh Mofid juga memimpin banyak santri yang kemudian menjadi ulama besar, seperti Syekh Tusi, Seyyed Morteza, dan Seyyed Reza. Sheikh Mofid memiliki 200 volume, termasuk "Al-Arshad", "Al-Arkan" dan "Asl al-Fiqh".


5 Januari

Perang Romawi dan Persia Dimulai

Pada 5 Januari 603, perang 24 tahun antara Roma dan Iran dimulai. Perang tersebut merupakan hasil dari pembunuhan Kaisar Romawi Maurice, yang pada saat itu adalah pengawal dan sekutu dekat Raja Iran Khosrau Parviz. Setelah kematian ayahnya, putra Maurice datang ke Iran untuk mencari bantuan dari Khosrow Parviz. Khosrow Parviz kemudian mengirim pasukannya ke Roma untuk membalas kematian Maurice. Dalam waktu singkat banyak kota Roma ditaklukkan. Kemudian kaisar Romawi baru Phokas Khosrow mengundang Parviz ke pertemuan itu. Namun kemenangan Khosrow Parviz membuatnya merasa kuat dan menolak untuk bernegosiasi. Akibatnya, perang berlangsung selama 24 tahun dengan kemenangan berturut-turut antara Iran dan Roma.


Mata Uang Kertas Pertama di Eropa

Pada tanggal 5 Januari 1691, uang kertas pertama dicetak dan didistribusikan di Eropa. Stockholm Bank mencetak uang kertas pertama di Swedia. Sebelum mencetak uang kertas ini, orang Eropa menggunakan koin ini dalam bentuk logam persegi panjang besar. Beberapa lembar uang kertas pertama masih disimpan di Bank Stockholm.

Sanksi AS Atas Kuba Dikurangi

Pada tanggal 5 Januari 1999, Presiden AS Bill Clinton mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan mengambil langkah-langkah untuk memperluas bantuan kemanusiaan di Kuba. Salah satu tindakan yang dilakukan pemerintah AS adalah menjalin komunikasi langsung antara ilmuwan dan akademisi dari kedua negara.

Selain itu, warga Kuba diizinkan mengirim uang dari Amerika Serikat dan menerima korespondensi langsung antara kedua negara. Tujuan AS dalam kasus ini adalah untuk menyusup ke rakyat Kuba untuk menindak rezim Castro, yang saat itu digambarkan oleh Menteri Luar Negeri Madeleine Albright sebagai "membantu gerakan kemerdekaan Kuba".

Amerika Serikat dan Kuba memutuskan hubungan diplomatik pada tahun 1978 karena rezim Castro menerima rezim komunis dan Castro mulai menentang tekanan AS.

Perjanjian Dardanela Ditandatangani

Pada tanggal 5 Januari 1809, Perjanjian Dardanelles ditandatangani oleh pemerintah Ottoman dan Inggris. Dalam perjanjian itu, Inggris berjanji untuk meninggalkan semua tanah Ottoman, termasuk Mesir, dan mengakhiri pendudukannya. Sebaliknya, pemerintah Ottoman berjanji untuk secara resmi mengakui hak konsuler Inggris di tanah Ottoman. Tujuan dari perjanjian itu adalah untuk melindungi keamanan maritimnya di perairan Mediterania dari kemungkinan ancaman serangan laut Rusia. Inggris mencapai tujuan ini karena Ottoman berjanji dalam Perjanjian Dardanelles bahwa selama ada perdamaian antara Inggris Raya dan Ottoman, tidak ada kapal perang di bawah kendali Ottoman akan diizinkan untuk menyeberangi Bosphorus dan Dardanella.

Adib Naishaburi Meninggal

12 Dhi Qada 1344 H, Adib Al-Nishpouri, penyair terkenal Iran, meninggal dunia. Ia lahir pada tahun 1281 M di kota Neyshapur di timur laut Iran. Sejak kecil ia kehilangan kemampuan untuk melihat dengan satu mata karena penyakit cacar. Namun, Adib al-Nishpuri tetap rajin belajar hingga akhirnya menguasai sastra dan ilmu-ilmu Arab yang berkembang pada zamannya. Ia kemudian mempelajari Adib Al-Nishpouri dan mengarang puisi. Puisi Neyshapouri dicirikan oleh pilihan kata yang bermakna dalam dirinya sendiri. Koleksi Puisi Neyshapouri adalah kumpulan 2000 ayat indah dalam bahasa Arab dan Persia.

Posting Komentar untuk "Kalender Sejarah Dunia Bulan Januari tanggal 1-5 [Eksklusif]"