Ibukota Negara Baru Indonesia di Kutai Kertanegara ing Martapura 2024 - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibukota Negara Baru Indonesia di Kutai Kertanegara ing Martapura 2024

 


 

Rencana pemindahan ibukota negara Indonesia yang saat ini Jakarta, tahun 2024 dinyatakan fix akan pindah ke Kalimatan Timur. Bertepatan dengan lokasi Kerajaan Kutai Kertanegara. Kesultanan Kutai Ing Martapura adalah kerajaan Melayu berawal dari kerajaan Hindu, tahun 1300 di Kutai Lama kemudian menjadi kerajaan Islam pada 1575 dan berakhir 1960. Ibukota kerajaan Kutai Kertanegara berada di wilayah Jaitan Layar lalu pindah ke Tepian Batu, ke Pemarangan-Jembayan dan terakhir di Tepian Pandan.

Berdasarkan telusur langsung Najwa Syihab, menyampaikan beberapa fakta bahwa warga tujuan lokasi ibukota negara merasa takut dan kuatir. Mereka tak ingin disaingi oleh orang-orang berdasi dan pintar-pintar. Mereka tak mau kemudian menjadi korban dari kepintaran eksodus orang-orang pusat. Sungguh mereka sangat ketakutan ketika mereka akhirnya tersingkirkan. Seperti orang-orang Betawi yang terpinggirkan dari Jakarta atau seperti Suku Indian dari Amerikanya. Demikian yang disampaikan ketua ada di wilayah sekitar tujuan relokasi ibukota negara baru Indonesia.

Rencana relokasi ibukota negara baru Indonesia sudah diwacanakan oleh presiden Joko Widodo sejak 2015, kemudian dipertajam 2019, dan terakhir dalam rapat paripurna 7 Desember 2021 kemarin. Inilah gambaran rencana ibukota negara baru Indonesia di Kesultanan Kutai Kertanegara ing Martapura.


Peta wilayah ibukota negara baru Indonesia



Pusat ibukota negara baru Indonesia



Desain istana negara



Di masalalu ibukota negara Indonesia di zaman Belanda bernama Batavia yang merupakan bekas kerajaan Sunda Kelapa dan Jayakarta. Pada zaman perjuangan kemerdekaan RI juga ibukota negara Indonesia pernah pindah ke bekas kerajaan Ngayogyakarta (Yogyakarta) tahun 1946. Pernah pula menjadikan Bukit Tinggi, Sumatra Barat sebagai Pusat Pemerintah Darurat RI tahun 1948. Kemudian pindah ke Aceh sehingga berstatus Daerah Istimewa Aceh, tapi kemudian tahun 1949 kembali ke ibukota negara di Yogyakarta. Pada 26 Agustus 2019 presiden Joko Widodo mengumumkan pemindahan ibukota negara Republik Indonesia ke bekas Kesultanan Kutai Kertanegara ing Martapura, Kutai, Kalimantan Timur saat ini.

Bulan April 2021 lalu telah dimulai peletakan batu pertama pembangunan ibukota negara baru Indonesia yang kabarnya menelan dana lebih dari 400 trilyun rupiah. Dan beberapa berita sejak April 2021 telah banyak menayangkan tentang dimulainya pembangunan tersebut. Berikut berita pembangunan ibukota negara baru Republik Indonesia dari Kompas TV.


  

 

Sumber gambar:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Kutai_Kertanegara_ing_Martapura
https://finance.detik.com/properti/d-4676440/tok-ibu-kota-baru-ri-di-kaltim
https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/
https://www.liputan6.com/tag/ibu-kota-baru



 









Posting Komentar untuk "Ibukota Negara Baru Indonesia di Kutai Kertanegara ing Martapura 2024"

  • Bagikan