Gunung Semeru Meletus Hari Ini, Waspada! - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Semeru Meletus Hari Ini, Waspada!

 

 


Waspada. Gunung Semeru Meletus Hari Ini 2021. Gunung Semeru mengeluarkan erupsi lahar dingin dan kepulan asap pekat hari ini, 4 Desember 2021. Wilayah yang paling dekat dengan pusat gunung Semeru adalah Lumajang dan Malang. Lumajang diguyur hujan abu. Sampai postingan ini ditulis belum ada dampak ke kota Malang, tapi jika meletus (bukan meletup) pasti berdampak tidak baik ke kota Malang.

Sebenarnya letupan gunung Semeru tidak hanya terjadi hari ini, tapi hari dan bulan sebelumnya sering  terjadi. Jika erupsi gunung Semeru besar, maka banyak wilayah yang akan dilalui oleh lahar dingin atau panas terutama desa-desa di sekitarnya. Selain hujan abu juga hujan kerikil. Warga penambang batu yang saat itu berada di lokasi lereng gunung segera mengevakuasikan diri agar selamat dari hujan abu, terjangan lahar, dan juga hujan kerikil.

Arahan dari pemerintah untuk mengikuti arahan dari BMKG atau Pos Semeru. Jangan mempercayai informasi media yang tidak berdasarkan info resmi dari pusat Pos Semeru dan BMKG. Hal ini harus dilakukan agar tidak membuat kepanikan sehingga dapat diatur dengan baik proses antisipasi jika diperlukan evakuasi sewaktu-waktu.

Laporan KOMPAS.TV hasil komunikasi dengan Bupati Lumajang menyebutkan bahwa menurut keterangan warga awan panas terlihat pertama kali sekitar pukul setengah empat sore (15.30) dari atas gunung disertai hujan. Sebelum mengeluarkan awan panas, warga menyebut Gunung Semeru mengeluarkan lahar dingin hingga menyebabkan banjir. Kepanikan sempat terjadi saat Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Warga yang berada dan tinggal dengan jarak yang dekat langsung mengevakusi diri ke tempat yang lebih aman. Aktivitas vulkanik Gunung Semeru sudah terlihat sejak kemarin. Data pos pengamatan Gunung Api Semeru kemarin tercatat telah terjadi gempa letusan dan gempa hembusan puluhan kali. Dilaporkan pula bahwa beberapa malam terjadi lahar pijar sebelum terjadi erupsi hari ini. Dua kecamatan sore ini dalam keadaan gelap karena ditutupi awan abu dan awan panas juga hujan. Dua kecamatan tersebut adalah Kec. Tronojiwo dan  Candi Puro. Jembatan Perak di Kec. Candi Puro ini juga ambrol. Sementara ini, belum ada korban gunung semeru meletus yang luka atau jiwa yang dilaporkan. Semoga semua selamat.


Ini wajah jembatan Perak sebelum gunung Semeru Meletus hari ini 2021




Ada 4 korban menurut warga yang terjebak dalam jembatan Perak ini, tapi tidak ada yang berani masuk ke lokasi tersebut karena terlalu berbahaya. Mengenai hal ini akan dikonfirmasi secepatnya.

Imbauan pemerintah daerah agar masyarakat yang berjarak 5 - 10 km diharapkan melakukan evakuasi baik mandiri atau bersama-sama dengan petugas. Debu vulkanik sudah mencapai jarak 11 km dari pusat gunung Semeru.

Warga atau masyarakat Lumajang dan sekitarnya termasuk Kabupaten Malang serta kota Malang diminta waspada dan terus ikuti informasi terbaru terkait terjadinya letusan gunung Semeru.

Inilah detik-detik awal meletusnya Gunung Semeru yang diambil oleh masyarakat sekitar lereng Semeru yang sedang menambang. Sumber channel youtube Bang iOne. (liputan langsung) Tampak pada hasil liputan di bawah ini dampak erupsi gunung Semeru 2021.


Liputan langsung Bang iOne dari lokasi meletusnya gunung Semeru



Lokasi Gunung Semeru meletus, Lumajang Jawa Timur

 

2 komentar untuk " Gunung Semeru Meletus Hari Ini, Waspada!"

  • Bagikan