E book Mengancam Perusahaan Penerbit - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

E book Mengancam Perusahaan Penerbit



Apa itu e book?

Inilah pengertian e book secara sederhana. E book adalah buku elektronik atau buku digital. File apapun bisa dibuat e book seperti foto, gambar, table, komik, poster, alamat url, dan sebagainya. Intinya bahan mentah e book dari jenis apa saja kecuali gambar bergerak atau video.

 

Bagaimana cara membuat e book?

Cara membuat e book sangat mudah. Kalau mengikuti standar pembuatan e book, maka harus diketahui bahwa bahan baku pembuatan e book berasal dari file teks. File teks bisa dibuat melalui aplikasi apa saja yang terdapat di Microsof Office seperti word, excel, powerpoint, dan sebagainya. Jadi syarat utama pembuatan e book adalah berupa file yang dibuat di MS Office. Setelah file berhasil dibuat di MS Office proses penyimpanannya gunakan SAVE as > pilih format file > Pdf >lalu simpan > selesai. 

 

Bagaimana cara buka e book dan membacanya?

Salah satu yang paling populer aplikasi pembuka e book adalah e book reader. E book reader juga banyak macamnya. Salah satunya adalah acrobat reader (pembaca file pdf). Kalau tidak punya e book reader (acrobat reader) secara otomatis akan bisa dibuka oleh browser google chrome atau mesin telusur yang lain. Bagaimana jika e book ingin dibuka di hape, maka perlu aplikasi tambahan. Tidak bisa secara otomatis terbuka. Salah satu aplikasi apk di playstore adalah WPS Office.

 

Bentuk-bentuk e book

Bentuk-bentuk e book semua berekstensi pdf. Adapula yang berbentuk pdf flip. Secara konten ada beberapa bentuk e book yakni: e book berupa buku paket pelajaran, e book short stories, e book novel, artikel, berita, kaleidoskop,

Dan sebagainya. Dengan demikian begitu mudahnya bagi pengguna untuk download novel e book, e book gratis pdf, dan banyak buku gratis yang bisa diunduh. Bagaimana cara menemukan e book gratis? Ketikkan saja jenis konten buku yang ingin dicari pada browser google chrome > beri tanda koma > akhiri dengan kata pdf. Muncullah berbagai alamat web atau url yang menyediakan e book gratis. Cobalah.

 

E book bisa dijual bisa gratis

Betul. E book bisa dijual. Salah satu penyedia atau toko ebook resmi yang menjual karya buku kita (buku, makalah, artikel, panduan, tutorial dsb) seperti book partner (play book) kepunyaan google, scribd, dan toko-toko online seperti tokopedia, shopee, dan sebagainya. Tapi ingat, jangan jual buku hasil gratisan, dosa! Hahaha.

 

Dampak e book gratis terhadap penerbitan

Banyaknya buku elektronik atau e book atau buku digital di internet menurunkan secara drastis perusahaan percetakan dan penerbitan. Contoh nyata, keberadaan koran manual (cetak) saat ini tidak laku, karena ada versi e-koran atau koran digitalnya. Sehingga banyak penerbitan juga beralir ke jenis pasar ebook. Mereka banyak juga yang menjual buku di playbook dalam bentuk pdf. Dampak positifnya, kita bersyukur berkurangnya versi cetak buku dan koran mengurangi penebangan kayu di hutan-hutan di nusantara. Hemat energi kan?


Sumber gambar:

https://banyumaspunyacerita.blogspot.com/2016/10/pengertian-e-bookbuku.html

  

Posting Komentar untuk "E book Mengancam Perusahaan Penerbit "