Cara Membuat Telur Setengah Matang Rebus Sukses Ala Cocokpedia - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Telur Setengah Matang Rebus Sukses Ala Cocokpedia

Sebagian besar orang menyukai telur setengah matang rebus. Bagaimana cara membuat telur setengah matang rebus sukses ala cocokpedia? Cara ini merupakan cara manual. Artinya bukan menggunakan kompor digital. Kompor gas elpiji biasa saja.




Cara membuat telur rebus setengah matang ala cocokpedia mempunyai syarat khusus. Syarat tersebut adala sebagai berikut. Pertama, harus punya telur yang akan direbus (bisa beli, bisa meminta tetangga, atau ngutang di warung).

Kedua, punya kompor. Kalaut tidak punya kompor tentu tidak akan terjadi apa-apa dengan telur yang sudah ada. Ketiga, kompornya harus ada gasnya. Kalau tidak ada gasnya, kompor tidak akan berfungsi.

Keempat, harus ada air untuk merebus. Kelima, harus hati-hati. Bagaimana cara memasak telur setengah matang dengan air panas  sukses ala cocokpedia? Begini. Siapkan kompor dalam keadaan menyala bagus (syukur-syukur apinya biru). Kemudian letakkan panci yang sudah diisi air setengah panci (atau kira-kira jika telur dicemplungkan akan tenggelam dengan baik).

Setelah itu tunggu air hingga mendidih. Sambil lalu menunggu siapkan arloji atau jam meja (waker) atau alarm pada hape. Disiapkan. Inilah cara memasak telur setengah matang berapa menit. Ketika air sudah mendidih, cemplungkan telur dan set alarm selama 4 menit. Tidak boleh kurang tidak boleh lebih. Ingat harus pas!

Tepat 4 menit, angkat telur yang direbus keluar dari panci. Letakkan telur di atas piring tanpa pendingin. Letakkan begitu saja dalam keadaan piring kering. Telur juga kering. Jangan lupa matikan kompor. Jangan sampai gara-gara merebus telur setengah mateng, kita korbankan rumah karena kebakaran akibat kompor meledak.

Nah, kalau semua sudah aman, siapkan merica dan garam halus. Angkat telur rebus tadi. Bagian ujung telur ketuk agak keras dengan sendok logam, jangan plastik ya. Kupas kulit telur yang retak akibat ketukan sendok logam tadi, perlebar sekira sendok bisa masuk.

Kalau sudah berlubang sekira sendok bisa masuk, taburi telur dengan merica dan garam secukupnya. Kalau punya riwayat tekanan darah tinggi, tidak perlu garam. Nah, saatnya mencongkel isi telur setengah matang dan melahapnya. Hmmm, lumer di mulut dan fix setengah matang.

Ingat, usahakan telur ayam kampung ya. Jangan ayam kampus. Karena gizi ayam kampung dan ayam luar negeri beda. Masih lebih baik ayam kampung. Itu saja cara membuat telur setengah matang untuk stamina sukses ala cocokpedia. Semoga cara memasak telur rebus ini manfaat untuk Indonesia. Terima kasih.

 

Sumber gambar telur rebus setengah matanghttps://www.grid.id/


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Telur Setengah Matang Rebus Sukses Ala Cocokpedia"