Benda Pusaka (Heirloom) Yang Tidak Dimiliki Dunia, Limited Edition - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benda Pusaka (Heirloom) Yang Tidak Dimiliki Dunia, Limited Edition

 

Pusaka (Heirloom) yang Tidak Dimiliki Dunia. Pusaka (Heirloom) adalah warisan (heritage) diserahakn atau dimiliki secara turun temurun dari beberapa generasi. Ada yang berbentuk surat, buku kuno, perhiasan, jam kuno, senjata kuno, furniture (meubel), foto, barang-barang rumah tangga (vintage textile and quilts), musical instruments, crystal and glassware, sterling silver, dan sebagainya. Hanya jenis itu.

Apa yang tidak dimiliki negara dunia yang lain? Yang tidak dimiliki negara lain di dunia adalah benda pusaka. Apa itu benda pusaka? Sama dengan pengertian di atas bahwa benda pusakan (heirloom) atau pusaka artinya adalah warisan (heritage) diserahakn atau dimiliki secara turun temurun dari beberapa generasi.



Benda pusaka atau pusaka bisa dimiliki oleh negara bisa juga dimiliki oleh perorangan yang memang asli keturunan si pemilik benda pusaka sebelumnya. Benda pusaka tersebut kemudian jadi pusaka nusantara atau benda pusaka Indonesia yang dirawat dengan baik bahkan ada yang dibuatkan museum di beberapa tempat di Indonesia.

Sinonim pusaka bisa disederhanakan sebagai warisan benda atau tak benda. Seperti yang diistilahkan oleh badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yakni Unesco. Benda pusaka apa saja yang dimiliki Indonesia? Dalam artikel ini, benda pusaka dikhususkan yang berupa benda saja.

Benda pusaka yang dimiliki Indonesia baik yang perorangan, kelompok, atau dikelola pemerintah antara lain: perhiasan, senjata, baju, mahkota, dan sebagainya. Perhiasan dapat berupa berlian, emas, intan dan sebagainya. Sedangkan yang berupa senjata, inilah yang paling banyak dikelola dan dikoleksi. Beberapa koleksi pusaka yang berupa senjata ini juga masih banyak yang dicuri negara lain khususnya yang pernah menjajah Indonesia.

Pusaka (Heirloom) yang Tidak Dimiliki Dunia yang berupa senjata ada yang sudah berumur ratusan bahkan ribuan tahun hingga saat ini masih dilestarikan. Beberapa senjata pusaka disalahgunakan oleh tukang sihir untuk alat menyihir (mengenai hal ini akan dibuatkan artikel lain mendatang).

Apa saja benda pusaka yang Indonesia atau nusantara miliki? Berikut beberapa benda pusaka (heirloom) yang nusantara miliki. Daftar pustaka di bawah ini hanya dipilihkan yang khusus dan limited edition.

1. Benda pusaka walisongo atau tokoh ulama seperi Keris Sunan, tasbih, tongkat, dan sebagainya.

2. Benda pusaka Soekarno seperti keris, tongkat, pen, papan nama, dan sebagainya.

3. Benda pusaka Laut Selatan seperti Selendang Ratu Kidul, Cincin Merah Delima, Kereta Kencana, dan sebagainya.

4. Benda pusaka warisan kerajaan antara lain: keris Nogo Sosro, keris Ki Ageng Mangir, keris Ken Angrok, Brongos Setan Kober, Pleret, dan sebagainya.

5. Benda pusaka mistik seperti boneka logam atau emas: babi, tuyul, bayi bajang, Budha, Semar, ketok putut (Merapi), dan sebagainya.

6. Benda yang digunakan sebagai alat santet: buntel mayit, Buntut meme, Panimbal, gubet, dan  koro welang.




Itulah benda pusaka Nusantara atau Indonesia berdasarkan kategorinya. Jenis benda pusaka tersebut lebih banyak dikuasai atau dimiliki oleh perorangan dan kelompok. Dari kategori kelompok biasanya dimiliki oleh tim kolektor dan kemudian dimuseumkan. Ada pula kolektor yang berbentuk perorangan.




Kolektor pusaka perorangan yang paling banyak mengoleksi benda pusaka hebat tersebut adalah Gos A (Mas Hadi) dari Sidoarjo Jawa Timur. Koleksi benda pusaka yang dimilikinya rata-rata berdasarkan keturunan. Menurut keterangan Gos A, ia dari keturunan Prabu Siliwangi sehingga tidak heran kalau benda pusaka yang dimilikinya salah satunya adalah mahkota kerajaan.



Dari 6 jenis pusaka yang telah disebutkan di atas, rata-rata telah dimiliki oleh Gos A. Gos A memiliki koleksi benda pusaka sekitar 2000an dari berbagai bentuk. Semua ia kumpulkan dan rawat untuk melestarikan pusaka nusantara agar tidak disalahgunakan.

Dari beberapa pusaka di atas, ada yang datang sendiri, ada yang melalui perantara orang (bisa nyata atau gaib), bisa pula dengan cara penarikan. Ada cara mengambil benda pusaka lewat mimpi, ada yang ditarik dari tempat tertentu, ada yang secara astral, dan sebagainya.

Gos A atau Mas Hadi juga bisa mengobati kena santet. Langsung kunjungi alamat pada peta berikut.


Jalan Bebekan Timur No. 10, Taman Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur. (Warung Kopi Giras), No tlp / wa 081313815599



Sumber gambar:

https://www.youtube.com/channel/UCZPqcs86EojVtRXVV7KZ08w

https://www.youtube.com/watch?v=jyaDyeXvoes


Posting Komentar untuk "Benda Pusaka (Heirloom) Yang Tidak Dimiliki Dunia, Limited Edition "