Subur, Subur, Suburlah PKI (Pidato Sukarno, pdf) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Subur, Subur, Suburlah PKI (Pidato Sukarno, pdf)

Subur, Subur, Suburlah PKI (Pidato Sukarno, pdf) adalah judul dari satu pidato Bung Karno pada peringatan Hari Ulang Tahun PKI yang ke-45 tahun 1965 sebelum terjadi pemberontan G-30 PKI. Pidato Subur Suburlah PKI inilah yang menjadi pidato terakhir Soekarno.


DOWNLOAD PIDATO SOEKARNO SAAT ACARA HUT PKI KE-45


Sumber Channel: Zanuar Ridho Pinaring



Berikut cuplikan pidato Subur, Subur, Suburlah PKI 

Saudara-saudara sekalian,  Sudah jam sebelas, kawan yang di lapangan tengah sudah tele-tele. Tapi saya hendak memberi amanat tidak terlaiu panjang, lebih dulu saya menyarnpaikan kepada hadirin dan hadirat yang beragama Islam: Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh! (massa menjambut: waalaikum salam!) Kernudian pada semua saudara pekik  merdeka": Merdeka! (massa menyambut Merdeka).

Saudara sekalian, apa jang dikatakan oleh Saudara D.N. Aidit tadi adalah benar. D.N. Aidit, Dipa Nusanrara Aidit, adalah benar. Kawan Aidit itu namanya hebat, DN-Dipa  Nusantara. Tahu artinya Dipa? Nah, plonga-plongo tak tahu artil) Dipa, saya sendiri juga tak tahu (tawa gem bira).

Coba Dit (memanggil Bung Aiclit. Bung Aidit menghampiri Bung Karno). Coba katakan apa arti itu Dipa.

(mendjawab Bung Aidit: rnenurut saya, Dipa artinya benteng, jadi Dipa Nusantara  artinja benteng Nusantara! (Bung Karno tertawa dengan gernbira)."

Ya, saudara-saudara saya itu tadi pura-pura tidak tahu. Sebetulnya saya talu, tetapi baiklah Saudara Aidit sendiri mengatakan kepada saudara bahwa Dipa berarti benteng. Benteng atau pulau atau karang. Nusantara adalah Indonesia. Jadi Benteng Indonesia: Aidit (tepuk tangan riuh). Benteng Indonesia dan Banteng Idonesia Aidit (tepuk tangan pandjang).

 Apa yang dikatakan oleh saudara Benteng Indonesia Aidit tadi adalah benar yaitu bahwa pihak imperialis geger, sudah beberapa minggu ini, pertama oleh karena PKI hendak mengadakan Hari Ulang Tahun yang ke 45 nya dengan cara besar-besaran; keuda bahwa pada rapat raksasa Hari Ulang Tahun PKI ini Presiden Republik Indonesia Sukarno akan hadir dan berpidato (tepuk tangan panjang).

Pihak imperialis di luar geger, di dalam geger, bahkan mengirimkan beberapa cecunguk, ‘cecunguk’ mengerti saudara? Untuk mengintai-intai apa gerangan yang akan diperbuat oleh Sukarno dalam rapat raksasa PKI itu.

Saya berkata kepada mereka itu, cecunguk-cecunguk itu tidak perlu mengintai-intai, ini lho, terang-terangan tanpa tedeng aling-aling, Sukarno ada di sini (tepuk tangan panjang). Terang-terangan tanpa tedeng aling-aling, Dit sini, ayo terang-terangan tanpa tedeng aling-aling, ayo kita minta dipotret bersama-sama (tepuk tangan gemuruh) (Presiden bergandengan tangan dengan Bung Aidit menghampiri para juru potret sambil melambai-lambaikan tangan kepada massa. .............dan seterusnya. Selengkapnya dapat anda baca pada buku aslinya berjudul: Subur, Subur, Suburlah PKI (Pidato Presiden Sukarno pada rapat raksasa Ulang Tahun ke-45 PKI).

 

Subur, Subur, Suburlah PKI

DONWLOAD PIDATO SOEKARNO DI SINI

Posting Komentar untuk "Subur, Subur, Suburlah PKI (Pidato Sukarno, pdf)"

  • Bagikan