Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPKM Seri 2: Kebijakan Antisipatif Libur Tahunan Fix




Cocokpedia.net, PPKM Seri 2: Kebijakan Antisipatif Libur Tahunan Fix atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 (Seri 2) akan diberlakukan pada Desember tahun ini. Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri , sebagai langkah antisipatif menekan potensi peningkatan kasus COVID-19. Pemerintah merasa perlu menetapkan kebijakan tersebut untuk mengantisipasi liburan anak sekolah seusai Penilaian Akhir Semester sekaligus antisipasi libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru Masehi menjelang 2022 nanti.

PPKM Seri 2 (level 3): Kebijakan Antisipatif bukan tidak ada dasarnya. Berdasarkan pengalaman tahun kemarin, di akhir tahun 2020, PPKM kurang ketat sehingga meningkatkan jumlah kasus paparan virus COVID-19. Tahun ini tidak boleh kecolongan lagi. Semua pihak harus mendukung, harus berdisiplin menerapkan PPKM seri 2 ini dengan penuh tanggung jawab.


Sumber: SindoNews


"Selama libur Nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM seri 2 atau level 3," ujar Muhadjir dikutip dari siaran pers, Rabu (17/11/2021). Selanjutnya Muhadjir mengatakan, kebijakan tersebut guna memperketat mobilisasi orang dari dan ke luar kota secara berama-ramai. Libur Natal-Tahun Baru (Nataru) diprediksi akan meningkatkan mobilitas masyarakat di seluruh wilayah Indonesia menuju ke area-area wisata.

"Salah satu arahan Presiden Joko Widodo yakni selama libur Nataru yang biasanya diikuti dengan pergerakan orang besar-besaran akan diperketat," tutur Muhadjir.

Pelaksanaan aturan PPKM Level 3 (Seri 2) secara khusus akan diatur oleh Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri).  "Mengenai penanganan Nataru itu tidak ada yang khusus. Jadi kita mengikuti PPKM yang sudah ada. Karena itu regulasinya, pedomannya itu seperti PPKM juga, yakni nanti akan berpatokan pada SE Mendagri," ujarnya.

Yang menyejukkan dari penyampaian Muhajir, nanti saat PPKM level 3 diberlakukan tidak ada penyekatan, namun masyarakat diminta untuk tidak bepergian kecuali untuk alasan yang primer atau sangat mendesak.

Mengenai kapan PPKM Seri 2: Kebijakan Antisipatif Libur Tahunan Fix akan mulai digelar, Muhajir Efendi menjelaskan bahwa pelaksanaannya direncanakan dimulai pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 serentak di seluruh Indonesia. Waspada, saling jaga, jaga kesehatan, patuhi protokol kesehatan, tentu wajib vaksin.


Dapat dibaca juga di: GOOGLE NEWS

 


1 komentar untuk "PPKM Seri 2: Kebijakan Antisipatif Libur Tahunan Fix"