[Kitab Pencarian] Apakah Manusia yang Benar-Benar Ada? - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Kitab Pencarian] Apakah Manusia yang Benar-Benar Ada?

 

Apakah Manusia Benar-Benar? Aku mengetuk berkali-kali kesadaranku menanyakan apakah aku benar-benar ada. Bukankah sebenarnya dunia ini dan hidup ini sejatinya adalah pertarungan antara malaikat dan iblis yang memperalat manusia? Atau apakah sebenarnya manusia memang tidak ada karena yang ada adalah kewenangan Tuhan semata?

Rumit juga isi pikiran ini. Setiap hari kita hidup di antara melakukan kebaikan dan keburukan. Kedermaan dan ketegaan. Peduli dan tak ambil pusing. Seperti dewa kadang seperti monster. Bukankah itu ejawantah perilaku malaikat dan iblis yang saling berebut tempat di tahta manusia? Bukankah manusia hanya menikmati hasil perbuatan malaikat dan iblis dalam waktu dan tempat yang sama yakni badan manusia? 

Memang benar ada urutan kejadian seperti kelahiran dan kematian serta hukum-hukum tertulis dan tak tertulis tentang sebelum kehidupan, saat kehidupan, dan setelah kehidupan. Tapi, menurutku sepertinya manusia hanya terminal dari dua makhluk Tuhan. Mereka berebut kekuasaan untuk saling menunjukkan kuasa mereka. Mereka pamer kepada Tuhan atas pekerjaan utama mereka masing-masing. Manusia, tetap saja jadi alat mereka untuk kepentingan mereka. 

Apakah mereka ada yang bertanggung jawab kepada manusia? Tentu tidak mereka berdalih bahwa apa yang mereka lakukan adalah perintah Tuhan. Mereka bebas dan merdeka dengan dalih tersebut. Manusia yang menjadi tempat mereka bertanding kekuasaan, menerima kemalangannya sendirian. Oh, manusia, oh diriku, semoga Tuhan menempatkan diriku dalam keberuntungan dunia akhirat. Tentu yang baca ini juga. Aamiin.


  • Disobek dari buku karya sendiri berjudul: Kitab Pencarian

Posting Komentar untuk "[Kitab Pencarian] Apakah Manusia yang Benar-Benar Ada?"

  • Bagikan