GARWA - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GARWA



 

Hanya isterilah yang paling peduli dan perhatian kepada suami. Dia mengempati apapun hingga hal terkecil pada suaminya. Dia mampu merasakan apa yang dirasakan suami. Ia paham betul bahasa suami bahkan kebohongannya. Ia mengerti dengan jelas bahasa tubuh suami. Ia sangat ngeh dengan pikiran dan kegelisahan yang disembunyikan suami bahkan ia tahu apa yang suami inginkan dalam diamnya. Maka dalam bahasa Jawa ia disebut sebagai GARWA, sigarane nyawa (irisan nyawa suami, separuh nyawa). Ia tak tergantikan.


Seorang suami yang mencoba nakal menjadi bagian dari kehidupan seorang wanita lain, kemudian keduanya berkomitmen dengan dalih cinta dan dalam keadaan tersembunyikan dari isteri, maka sepandai apapun tertutupi akan ketahuan juga oleh sang isteri. Yakin. Suami dan wanita lain kemudian merasakan kebahagiaan semu yang mereka yakini sebagai kebahagiaan sejati. Berbagai kemesraan digelar seolah-olah mereka saling cinta dan sayang dengan sebenarnya. Perhatian-perhatian kecil seperti menanyakan kabar, sudah makan apa belum, saling menyemangati dan sebagainya, menjadi pernak-pernik kehidupan lain di lingkaran luar kehidupan suami. Seolah-olah mereka sanggup menghadapi suka-duka bersama. Sanggup berjuang berdarah-darah. Oh, tidak.


ketika terjadi sesuatu kepada suami, wanita lain itu tak benar-benar peduli. Ketika sang suami terpuruk lahir batin, tak ada yang diperbuatnya selain terganggu kehagiaannya. Yang mampu menolong dan menangis bersama hanya seorang isteri, bukan wanita lain itu. Wanita lain tersebut, takkan mampu hadir sebagaimana utuhnya kehadiran isteri. Wanita lain sebenarnya tak ingin terlibat jauh dalam keadaan apapun si suami. Wanita lain itu hanya butuh hal-hal yang menyenangkan dari seorang suami orang lain. Di sinilah tampak bahwa kedudukan isteri benar-benar tak tergantikan.


Hanya isteri yang tahu betul wajah terjelek suami, aroma terbau suami, dan kekonyolan suami sementara wanita lain itu hanya paham dan menerima keadaan bersih, harum, dan sikap matang yang bisa jadi menyembunyikan kesejatian suami.


Pahamilah bahwa Wanita lain itu hanya butuh mengisi kekosongan dirinya,  tidak benar-benar membutuhkan suami orang lain dan terlibat jauh menjadi bagian hidup suami secara suka rela. Percayalah!


Garwa adalah sigarane nyowo lahir batin dalam bahasa Jawa. Istilah bahasa Jawa yang lain dapat ditemukan di Glosarium Istilah Bahasa Jawa.


Posting Komentar untuk "GARWA"