Cara Berbelanja Ke Pasar Untuk Pengantin Baru Pertama Kalinya - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berbelanja Ke Pasar Untuk Pengantin Baru Pertama Kalinya


Sumber OkeZone


Cocokpedia.net. Cara Berbelanja Ke Pasar Untuk Pengantin Baru Pertama Kalinya. Berbelanja ke pasar, tidak mudah bagi pengantin baru khususnya isteri, untuk pergi ke pasar tradisional dan berbelanja. Kebanyakan dari mereka malu dan kurang berani berbelanja sendirian ke pasar. Biasanya isteri mengajak suami untuk menemani sekaligus jalan-jalan pagi. 

Berikut ini akan disampaikan beberapa langkah Cara Berbelanja Ke Pasar yang harus dipersiaplan dan dilakukan sebelum berangkat berbelanja ke pasar.


1 Persiapan

Pada tahap ini yang harus dipersiapkan adalah mandi dan dandan seperlunya karena kita tidak sedang ingin menggoda siapa pun, dandan khusus hanya untuk suami. Fokusnya adalah pergi belanja dan sampai di rumah dengan selamat. Hal yang perlu dipersiapkan juga adalah keranjang, uang, dan daftar menu belanja. Agar profesional dari 3 syarat utama ini jangan sampai ketinggalan.


2. Penerapan

  • Agar pelaksanaan belanja di pasar sukses, jangan sekali-kali membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanja. Selain sikap tidak hemat, itu melanggar kontrak pada daftar belanja yang dibuat. Ketika berbelanja di pasar tradisional, berlagaklah seolah-olah memang terbiasa dan sering ke pasar. Jangan terlihat gugup atau kaku. Jika terlihat gugup, penjual akan menaikkan harga barang dagangannya bagi orang baru. Tentu mereka lakukan seolah-olah menjual dengan harga murah dan memberi hadiah. Sekali lagi hati-hati.

  • Tawarlah barang minimal separuh harga yang diberikan penjual. Misal harganya 10 ribu, tawar 5 ribu. Paling besar harga tawar adalah 7.5 ribu. Jika penjual tidak ingin turun di bawah 8 ribu jangan dibeli. Ada banyak tempat yang menjual barang yang sama dalam satu pasar. Pergilah seolah-olah tidak begitu butuh. Percayalah nanti anda akan dipanggil oleh penjual dan memberikan dengan harga tawar anda.

  • Ada hal yang tidak boleh dilakukan ketika anda berbelanja di pasar tradisional. Pertama, jangan terpancing aksi si penjual. Kadang penjual mengejek anda tidak mampu. Cuek saja jangan dilayani, itu hanya aksi memanas-manasi anda untuk membeli. Kedua, jangan pernah membanting-banting barang dagangan penjual jika tidak berniat membelinya. Mereka akan marah. Jangan menumpangkan tas belanja ke barang dagangan, nanti anda dikira copet.

  • Jangan memberikan uang 100 ribu untuk membeli barang seharga 2 ribu. Itu akan merepotkan dan melukai si penjual. Biasa saja jangan pamer.

  • Jangan beramah tamah dengan penjual seperti mengucapkan selamat pagi siang atau sore kemudian bersalaman. Tidak perlu. Yang penjual perlukan hanya dagangannya laris.

  • Jika penjual tidak senyum, jangan dibeli barang dagangannya. Lewat saja.



3. Memeriksa Barang Belanjaan

Sebelum benar-benar meninggalkan pasar, periksa kembali item barang dagangan anda. Periksa sesuai daftar belanja yang dibuat. Tidak ada salahnya anda membawa alat tulis, untuk mencoret barang belanjaan yang sudah dibeli.

Ada hal penting mengenai keuangan belanja di pasar tradisional. Jika anda termasuk orang yang bertipe pandai menawar, maka ada mendapatkan keuntungan di luar belanja suami. Itu dapat anda tabung untuk shopping ke Mall. Lumayan.

Jika anda ke pasar membawa sepeda motor atau mobil, sebaiknya punya teman yang tukang parkir. Jadi anda bisa hemat dan menabung uang parkir. Tapi, bila anda berkendara online, seperti gojek misalnya, jangan sok kaya memberi tips. Bawa dan berikan uang pas saja. Lebihnya bisa anda tabung. Ingat, buat ke Mall.

Baik itu saja sementara petunjuk dan langkah-langkah Cara Berbelanja Ke Pasar Untuk Pengantin Baru Pertama Kalinya. Semoga bermanfaat, tapi bukan berarti artikel ini hanya khsusus buat pengantin baru, ibu-ibu muda atau ibu atau gadis yang jarang belanja mandiri ke pasar tradisional bisa menggunakan cara dan langkah ini.

 

  

Posting Komentar untuk "Cara Berbelanja Ke Pasar Untuk Pengantin Baru Pertama Kalinya"