Susah Dapat Pekerjaan? Mulailah Menulis - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susah Dapat Pekerjaan? Mulailah Menulis



Oleh Liza Ulfa Maesura

Tahun 2021, menjadi puncak wabah Covid 19 di Indonesia. Kematian meningkat, jumlah warga yang positif juga meningkat. Tidak hanya itu, wabah ini juga memberi dampak yang sangat besar di banyak bidang. Mulai dari sosial, pendidikan, bahkan yang paling kita rasakan adalah dalam sektor ekonomi. 

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa sektor ekonomi menjadi bidang yang paling terpengaruh di dalam kehidupan masyarakat. Kewajiban untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti diam di rumah. Menurunkan angka pendapatan serta meningkatkan jumlah warga yang kesulitan pekerjaan. Banyak tempat perdagangan, bahkan perusahaan yang terancam bangkrut sehingga mereka harus melakukan PHK terhadap karyawan mereka. Sehingga untuk bertahan hidup, secara naluriah masyarakat harus tetap mencari nafkah dan mencari pekerjaan lain. Termasuk memanfaatkan teknologi di masa ini. Bagaimana tetap bisa bekerja, mendapatkan uang tanpa harus keluar rumah.

Tak heran, banyak vlogger atau youtuber, blogger, bahkan pengguna beberapa aplikasi yang menghasilkan uang seperti Snack video menjadi meningkat. Hal ini menjadi fenomena baru di dunia pekerjaan. Karena dampak dari pekerjaan baru yang menuntut kreativitas ini, tidak hanya menghasilkan uang, mereka juga bisa memiliki pengikut atau penggemar dan bisa mengembangkan bakat, hobi dan tentunya kreativitas. 

Demikian juga bagi mereka yang tidak memiliki bakat membuat konten atau kurang percaya diri, tetapi memiliki hobi atau bakat untuk membaca buku atau menulis cerita di beberapa aplikasi atau platform menulis. Dewasa ini, beberapa aplikasi menulis atau membaca buku telah membayar penulis cerita tersebut. Bahkan yang tidak bisa menulis tetapi suka membaca juga mendapat bayaran. 

Beberapa platform menulis yang membayar penulis di aplikasi mereka diantaranya adalah Dreame, Novelme, HiNovel dan lain sebagainya. Sedangkan aplikasi yang bisa membayar pembacanya diantaranya adalah GoNovel, Bacaplus dan lain sebagainya. Bayaran yang mereka tawarkan juga tidak main-main mulai dari bermata uang dolar hingga rupiah. Bahkan beberapa penulis mengaku sudah pernah mendapat pembayaran dari salah satu platform menulis sebesar $1.500 atau sekitar 21 juta jika dirupiahkan. Dan sebagian penulis pemula mengaku minimal bisa mendapat 700 ribu per bulan. 

Bekerja dari rumah hanya dengan mengandalkan gadget mereka. Mendapatkan uang, kesenangan bahkan pengikut atau penggemar dari cerita mereka menjadi pengalaman baru yang tidak terlupakan. Jadi, tunggu apa lagi. Bacalah atau menuliskan dari sekarang. (LM)

4 komentar untuk "Susah Dapat Pekerjaan? Mulailah Menulis"

  1. Menulis adalah pekerjaan disertai hobi. Sangat sulit menulis. Mohon arahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis tidak sulit. Yang sulit adalah pemikiran bahwa menulis itu harus bagus, wah, best seller dan sebagainya. Jika diawali dengan pemikiran seperti ini maka akan membuat mental kita tidak bebas dan tertekan, akibatnya otak kita akan mengalami kebuntuan. Jadi, menulis itu harus bagaimana? Ya menulis saja tanpa beban. Seperti saat kau bercerita dengan seorang kawan atau sahabat.

      Hapus
  • Bagikan