Mainan Baru Untuk Pembelajaran - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mainan Baru Untuk Pembelajaran

 



Beberapa hari lalu aku memesan produk di toko online. Namanya Space 4D+. Augmented Reality Flashcard. Kartu Augmented Reality (AR). Beberapa hari kemudian datanglah produk itu sesuai pesanan. Kemasannya rapi, produknya juga bagus.

Secara umum, AR adalah gabungan objek virtual dengan objek nyata. AR adalah menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif dan real time. Ia juga merupakan animasi 3D. Penemuan AR ini dimulai dari tahun 1957-1962, ketika Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan memapatenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran, dan bau. Pada tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah jendela ke dunia virtual. Dilanjutkan pada tahun 1975, Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya. Tahun 1989, Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality (VR) dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya, dan seterusnya. Silakan googling sendiri ya.

Sampailah kejayaan penemuan tersebut di masakini. Salah satu pemanfaatannya adalah sebagai sumber dan media pembelajaran. Produk yang kubeli diproduksi oleh Soyuz Mission, Soviet Union, tahun 1967 dan resmi dipasarkan oleh Octagon dengan alamat webnya:

www.octagonstudio.com

Harganya murah, per produk hanya sekitaran 55-150 ribu saja, bergantung jumlah kartu dan desain artistiknya. Produk tersebut sangat menarik bagi anak-anak sekolah, terutama pada jenjang pendidikan dasar. Sederhananya, kita hanya memindai masing-masing kartu tersebut sehingga muncul objek virtual sesuai gambar pada kartu. Perhatikan tautan videonya.


Bagaimana keren kan? Nah, produk tersebut sangat cocok dijadikan media dan sumber belajar di kelas para guru. Tentu anak-anak akan merasa senang dapat mainan baru. Ketika mereka tertarik, maka dapat dipastikan bahwa ia akan mengingatnya dengan baik. Produk tersebut dapat jadi materi pada Tema 9 kelas tinggi sekolah dasar, tapi juga dapat dikaitkan dengan tematik yang membahas topik teknologi masakini.

 

 

 


Posting Komentar untuk "Mainan Baru Untuk Pembelajaran"