Menulis Buku Biografi - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Buku Biografi

 



Apa itu buku biografi? Ia adalah buku yang menceritakan tentang perjalanan waktu seseorang dalam memberdayakan pemikiran, perasaan, dan perjuangan hidupnya secara lengkap. Ia adalah buku tentang bagaimana keterlibatan tokoh terhadap kehidupan. Seberapa besar dirinya menjadi bermakna bagi kehidupan, baik lokal, nasional atau pun global.

Penulisan buku biografi terkategori atas dua motif. Pertama, ada permintaan dari sang tokoh. Kedua, ada permintaan dari penulis yang disetujui sang tokoh. Buku biografi biasanya kemudian bermanfaat sebagai warisan pengalaman hidup dan kesuksesan seseorang untuk generasi berikutnya. Atau pula ada yang secara personal untuk pencitraan publik (personal branding). Ada juga yang bertujuan lebih lanjut untuk menaikkan popularitas untuk mengeruk suara publik demi kepentingan politik.

Menulis tentang kehidupan seseorang secara paripurna sangatlah tidak masuk akal. Yang bisa ditulis hanyalah sekedar apa yang diingat dan momennya kuat dalam perjalanan hidup seseorang. Ada banyak filter yang diperlukan untuk dilakukan agar hasil tulis buku biografi tersebut dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan alternatif bagi pembacanya. Terbuka, tapi tidak vulgar. Beberapa momen mungkin tidak perlu diceritakan dan ditulis. Ada yang perlu diceritakan, tapi tidak harus ditulis. Tidak semua kehidupan pribadi menjadi konsumsi publik. Tidak ada halaman buku yang mampu menampung keseluruhan hidup seseorang dari seluruh sisi. Yang ada hanya beberapa cuplikan yang dianggap penting dibagikan kepada publik dan setidaknya memberikan nilai manfaat yang besar. Begitulah kira-kira frame global dari penulisan buku biografi.

Kemudian, dari mana memulainya? Beberapa buku ada yang memulainya dengan qoutes penting dari tokoh atau penulis atas persetujuan tokoh. Ada yang memulai dari paragraf tentang masa kecil tokoh. Ada pula yang memulai dari titik awal kebermaknaannya bagi kehidupan. Tentu, ada banyak trik khusus yang menjadi kredo sang penulis biografi. Tinggal seberapa berkesan dan cocok dengan keinginan tokoh yang ditulis.

Menulis biografi menjadi peluang bagus bagi penulis dari sisi ekonomi. Sekali menulis buku biografi merupakan anugerah besar. Tentu dari sisi ekonomi sangat menguntungkan. Penulis dan tokoh yang ditulis secara mutualisme sama-sama diuntungkan.

Beberapa tantangan yang harus dilalui selama penulisan buku biografi antara lain waktu yang cukup untuk melakukan riset, waktu pengumpulan dan penataan informasi, waktu penulisan dan penyuntingan, dan sebagainya. Tantangan kedua adalah divorsirnya tenaga dan pikiran serta pengujian hasil penulisan. Penyatuan pemahaman dan pemaknaan antara penulis dan tokoh juga memerlukan pemikiran mendalam. Begitu pula pengambilan keputusan dalam menentukan gambar, judul, subjudul, dan alur dari keseluruhan isi benar-benar butuh perhitungan serius. Perjuangan berat yang akan terbayar setimpal mestinya, baik secara popularitas atau komersialitas keduanya.

 

Posting Komentar untuk "Menulis Buku Biografi "

  • Bagikan