Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangko Indonesia untuk Palestina

 


Tahukah anda, bahwa Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Lebih tepatnya jika dikatakan bahwa tokoh besar pertama yang memberikan ucapan selamat dan dukungan kepada Indonesia untuk kemerdekaannya adalah orang Palestina. Merujuk pada buku Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri yang ditulis Zein Hassan, seorang tokoh nasionalis Palestina, sekaligus Mufti Agung Yerusalem, Amin Al-Husseini, dialah yang menyatakan pengakuannya terhadap kemerdekaan negara Indonesia.

Pengakuan tersebut disampaikan lewat siaran radio berbahasa Arab selama dua hari berturut-turut dari Berlin, Jerman, pada 1944. Ucapan selamat dari Syekh Muhammad Amin Al-Husseini pada saat itu bukan pengakuan kedaulatan Indonesia secara sah, melainkan sebatas dukungan kepada Indonesia karena pada tahun itu Indonesia juga belum merdeka. Selain itu pada tahun 1944, wilayah Palestina masih di bawah pemerintahan Britania Raya (1920-1948) dan belum menjadi sebuah negara yang berdaulat.

Sebagai bentuk penghargaan Indonesia kepada Palestina dibuatlah perangko Indonesia tahun 1978 bernilai 100 Rupiah, bergambar Qubbatus Sakhra' sebagai ikon Masjid Al-Aqsha dan bertuliskan kalimat dukungan untuk Palestina, "Untuk kesejahteraan keluarga para syuhada' dan pejuang kemerdekaan Palestina". Hingga hari ini, Indonesia dan Palestina bertali kasih dalam hubungan dan gerakan kemanusiaan.

Posting Komentar untuk "Perangko Indonesia untuk Palestina"