Niken Salindry (Nguri-nguri Budaya Jawa) - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niken Salindry (Nguri-nguri Budaya Jawa)

 


Niken Salindry bernama asli Dimas Niken Salindri (DNS).  Lahir di Kediri, 29 Juni 2008. Sejak kecil sudah memulai karirnya sebagai penyanyi. Lebih tepatnya sebagai penyinden. Di masa kecilnya yang gendut mungil itu sudah cinta dengan khasanah budaya nusantara, khususnya kidung, campur sari, kerawitan, dan tembang Jawa. Menggeluti dunia persindenan ini ia mulai sejak usia empat tahun. Ia memilih seni tradisional sebagai hobi. Semua dipelajarinya secara otodidak.

DNS saat ini tinggal di di Jalan Cendana gang 2 RT 15 RW 03, Pakunden, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Ia sekolah di SDN Burengan 2, Kediri. Benar-benar kecil-kecil pinter cari duit.

Di dunia entertainment, DNS pernah tampil di acara Hitam Putih dan OVJ. Ia juga pernah tampil bareng dengan tokoh-tokoh dalang seperti Ki Siswantoro, Ki Purbo Asmoro, Ki Degleng, Ki Anom Dwijo Kangko, Eko Prisdianto, Minto Darsono, Bayu Aji, Sigit Ariyanto, dan Warseno Slank.

Menurut sang ayah, Erick Kadharisman, DNS sangat cepat mempelajari sesuatu. Kemampuan vokalnya tanpa campur tangan orang lain. Semua murni dari dirinya sendiri. Sedangkan hobi lainnya adalah renang. Menyoal tentang cita-cita, DNS ingin seperti idolanya yaitu Tompi, Soimah, dah Syahrini. Memiliki suara merdu dan rasa percaya diri yang hebat.

Menurut penulis blog ini, DNS adalah salah seorang yang nguri-uri budaya Jawa. Dia adalah sang penghidup, perawat, dan pelestari budaya nusantara, khusunya budaya Jawa. Beberapa tembang yang viral di youtube antara lain: Segoro Ngayogjokarto, Kidung Tulodho, Gatotkoco Mabur, dan sebagainya. Selamat Cah Cilik, teruskan perjuanganmu!

Salah satu videonya:



Posting Komentar untuk "Niken Salindry (Nguri-nguri Budaya Jawa)"