CLASSDOJO Aplikasi Pembelajaran Daring Recommended - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CLASSDOJO Aplikasi Pembelajaran Daring Recommended

 




ClassDojo adalah platform edukasi gratis didirikan oleh perusahaan teknologi pendidikan. Sang penggagas: Chaudhary dan Liam Don kemudian merilis versi pertama ClassDojo pada Juli 2011. Pada tahun tersebut juga ClassDojo memperoleh penghargaan Inovasi Pendidikan Today Show, Forbes, Fast Company, Inc., dan mendapat anugerah TechCrunch 's Crunchie Award untuk Best Education Startup. ClassDojo sudah dapat digunakan dan diterjemahkan dalam 35 bahasa di dunia termasuk Bahasa Indonesia. Pusat server ClassDojo beralamat di 735 Tehama Street, San Francisco, California, 94103, United States of America.

ClassDojo dapat diakses pada desktop (komputer atau laptop) atau juga Hp android. Sebagai aplikasi gratis yang memfasilitasi pembelajaran, ClassDojo dapat memuat beranda layaknya Facebook. Melalui ClassDojo guru atau siswa dapat saling berbagi informasi pada beranda. Guru dapat memberi tugas sebaliknya siswa juga dapat mengakses tugas dan kemudian menyetorkannya. Bentuk tugas yang disetor dapat berupa gambar, tulisan tangan pada layar android, suara, dan bahkan video.

Penggunaan aplikasi tersebut sangat membantu para guru dan siswa lebih-lebih ketika pembelajaran Dalam Jaringan atau online. Guru juga dapat menata rapi seluruh administrasi kelas yang berhubungan dengan tugas-tugas yang siswa kumpulkan. Dengan demikian guru juga akan lebih mudah memberikan penilaian otentik. Kelebihan lain, selain guru dan siswa yang terkoneksi, orang tua siswa juga dapat bergabung dan memberikan saran dan apresiasi terhadap pembelajaran yang dilakukan.

Bagaimana cara membuat akun pada ClassDojo? Sebaiknya akun dibuat oleh guru. Pertama yang harus dilakukan guru adalah mendaftar akun pada laman ClassDojo dengan mengisikan email dan password. Ketika proses pendaftaran ClassDojo akan menawarkan pilihan, guru tinggal menekan kotak I’m teacher seperti pada gambar berikut.


Berikutnya guru juga diminta mengisi nama sekolah dan jenjang kelas. Proses berikutnya guru memasukkan nama-nama siswa dalam satu kelas sehingga nantinya siswa tinggal mengunduh aplikasinya melalui playstore dan meminta kode masuk kepada guru. Setelah diberikan kode, siswa mencari nama yang bersangkutan dan mengkliknya sehingga terhubung.

Untuk memudahkan secara mobile, guru dapat mengunduh aplikasinya di playstore seperti gambar di atas. Aplikasi tersebut ringan dijalankan dan termasuk aplikasi yang file masternya berukuran kecil.

Nah inilah contoh kelas yang berhasil dibuat oleh guru. Guru tinggal mengklik kelas yang telah dibuatnya, maka akan masuk ke halaman berikutnya.



Inilah halaman berikutnya. Di dalamnya sudah terhubung nama siswa dalam sekelas. Pada halaman tersebut terdapat 4 tab kiri atas dan 3 tab kanan atas.

Tab pada kanan atas adalah Ruang Kelas, Portofolio, Class Story, dan Pesan. Perhatikan gambar berikut.



Adapun fungsi bagian tersebut sebagai berikut. Ruang Kelas berfungsi memberikan poin kehadiran, keaktifan, kerajinan, dan sebagainya. Portofolio adalah bagian di mana guru dapat memberikan tugas dan siswa dapat menyerahkan tugas. Portofolio adalah tempat penting yang berisi rekaman aktifitas pembelajaran keseluruhan siswa.

Inilah tampilan tab Portofolio.



Ketika guru mengklik salah satu tugas, seperti gambar di bawah ini, maka guru dapat memberikan like dan komentar.



Tab berikutnya adalah Class Story. Bagian inilah yang saya maksud mirip dengan berada Facebook. Coba perhatikan gambar di bawah ini.


Guru dan siswa dapat memosting berbagai bentuk file selain tugas. Guru dan siswa juga dapat saling mengomentari atau memberikan like. Tampilan tersebut merupakan tampilan desktop sedangkan tampilan mobile (Hp) seperti berikut.


Bagian terakhir 4 tab kiri atas adalah Pesan. Bagian ini sesuai namanya adalah tempat berkirim  pesan secara pribadi baik dari guru ke siswa atau sebaliknya.

Selanjutnya adalah 3 tab kanan atas sebagaimana gambar di bawah ini.

Tab pertama adalah Student Login. Ketika diklik, maka muncul tampilan berikut.




Bagian ini berisi tentang info sekolah, nama-nama siswa, nama-nama orang tua, Skills (pengaturan reward poin yang akan diberikan kepada siswa), Teacher adalah daftar guru yang mengampu kelas, dan Setting untuk pengaturan akses kelas. Nah, pada bagian Class login, guru minta mendapat kode akses yang bisa dibagikan ke siswa ketika siswa menjadi bagian kelas.

Bagian akhir dari tab di kanan atas adalah Option. Ketika guru mengklik Option ini akan mendapatkan view report dari masing-masing seperti gambar berikut.



Proses berikutnya, siswa juga diminta juga mengunduh aplikasi ClassDojo. Ketika unduhan selesai dan mengklik aplikasinya, siswa diminta memilih I’m a student, kemudian muncul layar seperti ini. Pilih I don’t have a QR Code. Masukkan kode yang diberikan guru. Yang harus diketahui, bahwa kode hanya berlaku sehari. Ketika siswa logout, maka mereka harus memasukkan kode baru yang dimintanya kepada guru. Apabila siswa tidak logout dari aplikasi tersebut, maka tidak perlu memperbarui kode.


Setelah siswa memasukkan kode ClassDojo seperti gambar di atas pada siswa selanjutnya tinggal memilih namanya di dalam kelas tersebut dan mengkliknya. Setelah selesai, maka siswa sudah tergabung di Classdojo. Untuk melihat aktivitas kelas, gulir ke bawah akan ada aktivitas dan petunjuk kegiatan kelas setiap hari. Untuk melihat tugas siswa tinggal mengecek pada halaman protofolio, atau notifikasi yang masuk.

Demikian secara singkat cara membuat akun dan bergabung di ClassDojo. Semoga bermanfaat dan menambah ghirah guru dan siswa untuk belajar sepanjang hayat.


Artikel terkait adalah: Aplikasi Kelas Daring Mudah dan Menyenangkan (Paling Direkomendasikan)

Posting Komentar untuk "CLASSDOJO Aplikasi Pembelajaran Daring Recommended"