Hati-Hati Jadi Korban Gaslighting - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati Jadi Korban Gaslighting


Gaslighting secara harfiah dimaknai sebagai bentuk manipulasi baik secara lisan atau perilaku yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain. Pelaku gaslighting bertujuan untuk mengontrol orang lain. Orang yang dikontrol atau korban dapat dihipnotis sehingga tidak lagi meyakini sesuatu yang dimilikinya. Dampaknya orang yang dikendalikan dapat dengan mudah patuh dengan sukarela bahkan siap membela secara fisik dan nonfisik untuk mencapai tujuan orang yang mengontrolnya. 

Sungguh luar biasa gerakan ini. Orang yang awalnya bertuhan esa dapat dapat dibelokkan. Korban dpaat berubah secara drastis secara mental. 

Inilah yang zaman ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan gaslighting ini. Kemampuan ini dapat dengan mudah diwadahi oleh organisasi atau kelompok. Dapat pula dilakukan melalui media. Media secara efektif mampu meningkatkan kekuatan gerakan ini.

Perilaku dan gerakan tersebut sangat berbahaya jika dilakukan oleh pejabat negara atau dalam dunia politik. Fakta dapat saja berupa menjadi fiksi. Teknisnya cukup sederhana yaitu dengan membuat kebohongan beribu kali setiap saat. Kebohongan yang dilakukan berkali-kali dapat menjadi sebuah kebenaran yang dipercaya publik.

Apakah gaslighting ada obatnya? Obatnya sederhana. Hanya berpikir sehat dan berperilaku waras. Itu saja. Pasti terhindar menjadi korban gerakan ini.

Posting Komentar untuk "Hati-Hati Jadi Korban Gaslighting"

  • Bagikan