Detektor Logam Merekonstruksi Kejayaan Masa Lalu - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Detektor Logam Merekonstruksi Kejayaan Masa Lalu

 


 

Ada dua kelompok masyarakat yang memiliki andil terkuaknya kejayaan masa lalu. Kelompok pertama, bertujuan menemukan benda-benda peninggalan kejayaan  masa lalu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Kelompok kedua, bertujuan mengungkan sejarah masa silam sebagai bukti kecintaan terhadap leluhur nusantara. Kelompok pertama dan kedua kemudian berkolaborasi membuat sketsa kejayaan masa lalu dengan cara merestorasi benda-benda peninggalan tersebut.

Kelompok pertama yang melakukan penggalian sejarah menggunakan alat detektor logam. Beberapa benda yang ditemukan antara lain koin perak, perunggu, dan emas. Ada pula yang berbentuk pusaka seperti keris, pedang, dan bentuk senjata dan pusaka yang berjenis loga. Ada ditemukan pula butiran dan serbuk emas. Ada pula lembaran surat yang terbuat dari loga berlapis emas, bahkan topeng yang terbuat dari emas. Kelompok kedua, banyak berstatus sebagai kolektor. Hasil temuan kelompok pertama kemudian diterima dengan jumlah mahar tertentu untuk dimilikinya.

Beberapa kelompok pertama yang bermunculan dalam media digital antara lain: MD Majeni, GM 1000 Sulawesi, Rony Prasetia, dan sebagainya yang dapat ditemukan di youtube channel. Kelompok kedua dapat ditemukan di tempat yang sama dengan nama akun: Ethnic Indonesia Channel, kopiganes, Majapahit Collection, Indonesia Majapahit Channel, dan sebagainya. Kelompok ini bisa disebut sebagai kelompok yang berjenis kolektor.

Pada kelompok yang sama, ada jenis lain seperti pemerhati dan pecinta budaya. Nama-nama yang dapat disebutkan antara lain Herry Saptono (Surabaya). Benda-benda sejarah yang milikinya kemudian dijadikan museum pribadi yang sekaligus dibuat kafe sehingga dapat dikunjungi siapa saja. Nama pihak lain berupa tim pada  Indonesia Majapahit Channel yang berjelajah nusantara khusus menemukan situs-situs Kerajaan Majapahit. Entah sebagai catatan sejarah atau budaya atau sekedar melirik monetize dari youtube.

Beberapa benda peninggalan yang bersejarah sangat banyak dikoleksi oleh orang-orang tertentu. Tentu dengan pembiayaan yang sangat besar, baik dari segi pemaharan benda tersebut atau pun dari sisi perawatan. Pihak ini antara lain Rovi Cahyono (Surabaya). Ia memiliki koleksi keris, pedang, dan senjata lain dari jenis yang kuno dan langka. Bahkan ia berniat membangun museum yang dapat dinikmati oleh masyarakat milenial.

Pihak kedua adalah pemilik channel Majapahit Collection. Ia memiliki koleksi berbahan emas mulai dari pusaka, cindera mata, perhiasan, bahkan topeng. Semua koleksi tersebut adalah miliknya secara pribadi.

Dua kelompok tersebut yang banyak bermunculan di media terutama youtube channel. Pasti banyak kelompok dan pihak yang tak terpublikasi ke media. Itu artinya sangat banyak temuan yang dimiliki pribadi masyarakat Indonesia bahkan para kolektor tersebut berdarah keturunan tertentu.

Banyaknya temuan benda-benda peninggalan kejayaan masa lalu yang bermunculan apakah hal tersebut menjadi tanda lahirnya kembali kejayaan nusantara sehebat masa lalu? Ataukah itu sebuah tanda bahwa masyarakat milenial kini telah banyak yang melupakan sejarah? Ini tampak harus kembali pada diri kita masing-masing sebagai bentuk instrospeksi. Yang jelas sejarah dipastikan perlu direkontruksi ulang sehingga muatan pelajaran sejarah bangsa menjadi lurus dan benar.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Detektor Logam Merekonstruksi Kejayaan Masa Lalu"

  • Bagikan